Buku 600 Teknologi Inovatif Pertanian

Balitbangtan sudah menerbitkan buku 600 teknologi inovatif pertanian.

Perkembangan teknologi sudah merambah ke sela-sela kehidupan manusia, termasuk sektor pertanian di Indonesia. Sektor pertanian masih menjadi prioritas untuk mencapai ketahanan pangan nasional, bahkan menjadi Lumbung Pangan Dunia pada tahun 2045.

Di samping itu, terdapat berbagai tantangan pertanian di Indonesia seperti terbatasnya sumber daya dan perubahan iklim global. Oleh karena itu, diperlukan penguasaan IPTEK atau teknologi pertanian untuk melaksanakan aktivitas pertanian yang efisien dan berdaya saing.

Inovasi teknologi pertanian menjadi sangat diperlukan untuk bertransformasi ke pertanian modern. Teknologi pertanian digunakan untuk mengolah bahan mentah, setengah jadi, dan siap pakai menjadi produk yang lebih bernilai tinggi. Hal ini diperlukan terutama untuk para pelaku agribisnis.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) merupakan institusi di bawah Kementerian Pertanian yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan pertanian di Indonesia. Balitbangtan sudah menghasilkan berbagai invensi di bidang pertanian dimana pada tahun 2017, sudah tercatat ada 600 jenis teknologi pertanian yang dihasilkan.

Untuk mendorong penguasaan inovasi teknologi pertanian, Balitbangtan sudah menerbitkan Buku 600 Teknologi Inovatif Pertanian.

“Buku 600 Teknologi Inovatif Pertanian ini, merupakan rangkuman representasi dari invensi-invensi unggulan yang telah dihasilkan oleh inventor Balitbangtan”, ungkap Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian.

“Informasinya dikemas dalam bentuk ringkas terkait spesifikasi dan keunggulan invensi serta
nama inventor dan institusi penghasil invensi tersebut, sehingga memudahkan pengguna apabila
bermaksud untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.”, ungkap Muhammad Syakir, Kepala Balitbangtan.

Ingin Download Buku 600 Teknologi Inovatif Pertanian?

Langsung saja isi form di bawah ini.

Baca Artikel: Mengenal Teknologi Agrikultur Modern yang Bermanfaat Bagi Petani


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.