Ingin Menanam Jeruk Dekopon? Ikuti Langkah Berikut Ini

Jeruk dekopon merupakan jeruk yang berasal dari Jepang dan memiliki rasa manis serta tidak memiliki biji. Kelebihan lainnya adalah ukurannya yang besar. Jeruk dekopon juga merupakan tanaman yang cepat berbuah. Baik ditanam di dataran rendah atau di dataran tinggi, namun karena sebenarnya buah ini sebaiknya ditanam di dataran tinggi, ukuran buahnya tidak akan sebesar jika ditanam di dataran tinggi.

Sumber gambar: Bibit Online

Jika sobat PTD ingin menanam jeruk dekopon, simak langkah berikut:

Siapkan Bibit

Bibit merupakan salah satu faktor yang penting dalam membudidayakan semua tanaman. Jika ingin mendapatkan hasil panen yang baik, tentunya sobat juga harus memulai dengan bibit yang baik. Oleh sebab itu, pilihlah bibit dengan kualitas yang baik. Gunakan bibit vegetatif seperti dari okulasi dan cangkok agar mendapatkan hasil yang sama dengan induknya. Sehingga hasilnya dapat diprediksi, selain itu dengan bibit vegetatif tanaman juga lebih cepat berbuah. 

Siapkan Lubang Tanam

Lubang tanam merupakan salah satu faktor terpenting dalam budidaya jeruk dekopon, lubang tanam sangat berpengaruh dalam perkembangan awal bibit dekopon. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm. Semakin besar lubang tanam, akan semakin baik karena semakin besar lubang tanam, cadangan makanan juga semakin banyak. Sangat penggalian, pisahkan ¾ bagian atas tanah dan ¼ bagian di bagian bawahnya. Campur ¾ tahan galian bagian atas dengan kotoran kambing yang sudah difermentasi dengan perbandingan 1:1.  Setelah dicampur dengan rata, biarkan selama sekitar 1 bulan dan lubang tanam siap ditanami.  Sementara sisa tanah di ¼ bagian bawah akan digunakan untuk penutup atas setelah penanaman. 

Sumber gambar: Upworthy

Penanaman

Letakkan bibit di tengah-tengah lubang tanam, lakukanlah dengan hati-hati agar tidak rusak serta tanaman tidak stres. Aturlah peletakan sedemikian rupa agar tanaman tidak miring, setelah dimasukkan, timbunlah dengan media tanam yang tersisa sampai pangkal batang. Kemudian buat gundukan pada pangkal batang tanaman agar lebih tinggi dari permukaan tanah agar saat musim hujan tidak mudah tergenang. Hindari air yang menggenang untuk mencegah pembusukan akar.  

Kemudian padatkan tanah dan pastikan tertopang dengan kuat. Kemudian siramlah dengan air untuk mempertahankan kelembaban. Mengenai waktu penanaman, sebaiknya lakukan pada pagi atau sore hari. 

Nah sobat PTD, itu tadi langkah-langkah bagaimana menanam jeruk dekopon. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga berhasil!

 

Sumber:

https://www.kampustani.com/cara-menanam-jeruk-dekopon/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.