sayur organik

Mau tau jenis-jenis sayuran organik? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Tanaman Sayuran Organik

Banyak penduduk di dunia sudah sadar akan pentingnya menjaga kesehatan yang dimulai dari makanan yang dikonsumsi.

Kesadaran akan kesehatan menjadi hal utama supaya terhindar dari berbagai penyakit sehingga tidak heran lagi jika angka konsumsi sayur semakin lama semakin tinggi.

Apalagi saat ini banyak supermarket atau pedagang yang membedakan label sayur organik dan non organik, padahal bentuknya nyaris tidak ada bedanya. Sebenarnya, apa yang membedakan kedua jenis sayuran tersebut?

Baca juga: Ingin Membuat Media Tanam Organik? Ini Caranya

Sayuran organik adalah sayuran hasil dari budidaya pertanian organik tanpa menggunakan bahan atau zat kimia. Sayur organik hampir sama dengan sayur non organik tapi perbedaan nya terletak pada pemberian pupuk.

Karena bahan dasar sayuran organik memiliki sifat yang aman dan tak merusak lingkungan. Dengan demikian, dapat menghasilkan bahan pangan yang sehat dan bergizi tinggi.

Sebagian orang mengatakan bahwa rasa sayur organik lebih enak. Selain itu memiliki kadar antioksidan, zat besi, vitamin C, dan seng yang lebih tinggi.

Untuk jenis sayuran organik seperti brokoli, kubis, bayam, selada, seledri dan kentan dinilai lebih sehat, karena non organik dari sayuran tersebut dapat menyerap pestisida lebih banyak.

Dengan melihat banyaknya keuntungan mengkonsumsi sayur organik, berikut beberapa jenis sayuran organik yang dapat ditanam sendiri.

Selain itu ini sayuran ini dapat menjadi peluang usaha untuk meninngkatkan pendapatan dan nilai ekonomi dari sayur tersebut.

Jenis-Jenis Sayuran Organik

Bayam

sayur organik
pixabay.com

Bayam mengandung zat besi, protein, kalium, kalsiu, amarantin, rutin, purin, klorofil, fithohormon, serta vitamin A, B,C.

Manfaat dari mengkonsumsi bayam adalah melancarkan pencernaan, mengatasi tekanan darah, memperkuat akar rambut, mencegah keroposan tulang serta meningkatkan kinerja ginjal.

Bayam cukup mudah ditanam didalam pot atau lahan kecil sehingga tidak memerlukan lahan yang besar untuk bisa cepat dipanen

Sawi

sayur organik
dreamco.id

Sawi mengandung banyak serat, vitamin A, B, B2, B6 dan C, kalsium, fospor, tembaga, magnesium, protein dan zat besi.

Manfaat dari tanaman ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh seperti hipertensi, mampu mencegah kanker, mencegah penyakit jantung serta mampu mencegah anemia bagi para ibu yang sedang hamil.

Sama halnya dengan bayam, sawi juga tidak emmerlukan lahan yang luas untuk cepat dipanen, perawatan sawi juga tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan.

Cabai

sayur organik
pixabay.com

Ciri khas dari masakan Indonesia banyak memanfaatkan cabai sebagai penikmat rasa pada makanan.

Cabai mengandung kapsaisin, vitamin A dan C, kapsarubin, karoten, zeasantin, kriptosantin, mineral dan lutein. Kandungan yang terdapat dalam cabai mampu membantu mengatasi gejala sakit perut, sakit gigi, influenza serta meningkatkn nafsu makan.

Dengan melihat banyaknya manfaat yang terdapat pada cabai  tidak salahnya mencoba menananm cabai sendiri dengan sitem organik. Cabai bisa ditanam didalam pot sehingga tidak memerlukan biaya yang besar dalam penanamannya.

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah Membuat Pupuk Organik dari Daun

Kangkung

sayur organik
jitunews.com

Tanaman kangkung masih erat dengan isu lintah yang dapat hidup didalam batang kangkung, sehingga banyak orang beralih menanam kangkung sendiri secara organik sehingga kesehatannya lebih terjaga.

Kangkung mengandung vitamin A, B1 dan C, fospor, kalsium, hentriakontan, besi, karoten dan sitosterol yang sangat baik sebagai penawar racun.

Kangkung sangat cocok untuk menu makan malam. Biasanya disajikan dalam bentuk cah kangkung yang dimasak dengan udang. Enak, Tumbuhan ini ada yang bisa ditanam di darat ada pula yang bisa tumbuh di air.

Kangkung yang mengandung vitamin A dan B1 dan C, protein, kalsium, fospor, besi, karoten, hentriakontan dan sitosterol ini ternyata sangat baik sebagai penawar racun. Dan tentu saja kangkung bisa ditanam di dalam pot.

Kangkung merupakan tanaman yang sangat mudah tumbuh di air maupun daratan sehingga untuk perawatan kangkung tidaklah sulit.

Kangkung hanya memerlukan pupuk dan air untuk bertahan hidup, selain itu kangkung merupakan salah satu sayur yang masa panennya sangat cepat.

Selada

sayur organik
pxhere.com

Selada dapat tumbuh di daerah dengan iklim sedang maupun tropis. Selada sering digukan untuk salah satu bahan pada salad atau pun makanan lainnnya.

Selada dapat dikonsumsi langsung tanpa harus memalui proses pengolahan seperti direbus atau digoreng. Selada memiliki kandungan vitamin A, C, K, dan kaya mineral.

Serta memiliki beberpa manfaat seperti meningkatkan kesehatan fungsi penglihatan, mencegah penuaan, meningkatkan kesehatan kulit, membantu produksi sel darah merah serta menjaga kesehatan tulang dan janin saat kehamilan.

Selada sangat mudah untuk ditanam di pot atau perkarangan rumah, selain itu sekarang banyak sekali sistem penanaman selada seperti halnya menanam mengunakan sistem hidroponik yang dapat mempermudah penanaman tanpa menghilangkan kandungan nutrisi pada selada.


Itulah beberapa jenis tanaman organik yang dapat ditanam. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: Yuk, Ketahui Manfaat Makanan Organik Bagi Kesehatan

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber https://life.trubus.id/baca/3223/5-sayuran-organik-yang-bisa-ditanam-dalam-pot

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.