manfaat makanan organik

Kamu sudah tahu belum manfaat makanan organik bagi kesehatan? yuk cari tahu di artikel kita kali ini, PTD akan menjelaskannya secara ringkas.

Mengkonsumsi makanan yang serba organik belakangan ini menjadi pilihan orang-orang dalam menjaga kesehatan. Makanan organik dianggap lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida, atau pupuk yang berbahan kimia.

Sebagian orang memilih untuk mengkonsumsi makanan organik, karena menganggap bahwa produk yang ada saat ini bisa membuat kesehatan dalam tubuh terganggu akibat bahan kimia yang menempel pada tanaman. Jika hal itu, berlanjut mereka yang mengkonsumsi makanan yang non-organik akan berefek dikemudian hari.

Tetapi hal ini belum banyak yang melakukan, sebab sedikitnya makanan organik atau terbilang sangat langka, menjadikan harga tanaman organik menjadi mahal. Sebagian orang menanam sayuran yang bersifat organik dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Manfaat Makanan Organik

Berikut ini merupakan manfaat dari mengkonsumsi makanan organik bagi kesehatan yang harus kamu ketahui, yaitu:

Baca Juga: Ingin Membuat Media Tanam Organik? Ini Caranya

Kaya akan Nutrisi

Kandungan yang ada pada tanaman yang tanpa bahan kimia lebih sehat dan kuat karena mengandung banyak antioksidan dan vitamin.

Buah dan sayuran organik memiliki 27% vitamin C, mengandung zat besi 21,1%, mengandung banyak magnesium 29,3%, serta lebih banyak kandungan fosfor 13,6%, dan banyak mengandung 18% polyphenol.

Hal ini membuat buah-buahan dan sayuran yang organik menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh setiap harinya.

Dari penggunaan bahan pestisida yang selama ini di konsumsi oleh tubuh dianggap dapat menimbulkan efek berupa cacat lahir, kanker, sakit kepala, serta sebagainya.

tanaman organik
www.99.co

Ramah akan Lingkungan

Selain berbahaya bagi tubuh, nyatanya pestisida dan pupuk kimia juga berefek buruk pada lingkungan dan tanah. Maka hal itu, dengan adanya tren makanan organik dapat megurangi polusi menyebabkan kerusakan lingkungan hidup.

Baca Juga: Tantangan Pertanian Organik di Indonesia

Lebih Bertahan lama dan Segar

Makanan yang pembudidayaannya dengan cara organik lebih segar juga lebih nikmat saat dikonsumsi. Karena pembudidayaannya yang lebih alami serta bertahan lebih lama, sehingga bahan pengawet lebih minim penggunaannya.

tanaman segar

Tidak Ada Kandungan Antibiotiknya

Biasanya hewan organik tidak diberikan antibiotik, makanan buatan dari sampingan atau limbah, juga pemberian hormon pertumbuhan.

Dalam memproduksi hewan ternak pedaging yang menggunakan antibiotik akan menciptakan bakteri baru yang lebih tahan dengan antibiotik yang diberikan.

Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil juga Bayi dalam Kandungan

Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi makanan organik selama mengandung sangat baik untuk kesehatan si jabang bayi, karena akan terhindar dari zat kimia yang berbahaya yang ada pada tanaman.

Oleh karena itu, mengkonsumsi makan organik sangat baik untuk bayi agar lahir dengan sehat. Ibu juga tetap dapat melanjutkan untuk mengkonsumsi makanan organik saat sedang menyusui, juga sebagai MPASI bagi bayi kedepannya.


Setelah mengetahui manfaat makanan organik, bagaimana sobat PTD tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Perbedaan Organik dan Anorganik, Mana Yang Lebih Baik?

Penulis: Donda Sari

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://www.halodoc.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.