Saat panen raya, petani selalu bersukaria akan suksesnya padi yang mereka tanam. Padi-padi yang dipanen pun pastinya akan menyisakan residu yang tidak terpakai lewat jerami padi.

Namun ada yang unik dengan para petani di Desa Jenggawur, Banjarnegara, Jawa Tengah ini. Tidak dibuang, ternyata jerami padi dijadikan karya seni loh sobat PTD!

Kreatifitas para petani setelah panen raya ini ditunjukkan lewat karya seni dari jerami padi. Lewat karya seni jerami padi mereka,  sisa-sisa jerami disulap menjadi tempat eksotis untuk berfoto loh.

Baca Juga : 3 Inspirasi Cantik dari Produk Pertanian

Mereka membangun berbagai jenis dari jerami padi seperti miniatur istana, burung kiwi, ayunan hingga beberapa rumah kecil untuk bersantai.

Tidak hanya menciptakan tempat untuk berswa foto, ada juga loh terowongan jerami serta stan jajanan makanan tradisional disini!

Karya seni jerami padi membentuk miniatur bangunan. (Foto : Uje Hartono – Detik)

Binangun Jerami Fest, Ajang Karya Seni Jerami Padi

Kamu yang hendak ingin melihat langsung ajang pameran ini, dapat langsung mengunjungi Binangun Jerami Fest di Desa Jenggawur di Banjarnegara, Jawa Tengah selama 10 hari.

Panitia Festival Jerami Binangun Rach Ageng Ryadi mengatakan, pembuatan festival ini untuk memanfaatkan jerami hasil panen. Jerami ini diambil dari petani padi di Desa Jenggawur.

Baca Juga : Pentingnya Pembukuan Akuntansi untuk Petani

“Jumlahnya sekitar 10 ton jerami dari petani padi di Desa Jenggawur. Daripada jerami ini tidak dimanfaatkan. Selain itu bahan lainnya adalah bambu sekitar 400 batang,” jelasnya saat ditemui di festival jerami, Minggu (3/11/2019).

Dalam persiapannya, festival ini membutuhkan setidaknya selama 2 bulan oleh warga Dusun Binangun. Pengadaan festival ini dibuat untuk menunggu masa tanam berikutnya kembali.

Karya Seni Jerami Padi
Karya Seni Jerami padi membentuk seekor hewan. (Foto : Uje Hartono – Detik)

“Ini masa panen kedua untuk tahun ini. Jadi sebelum menanam padi lagi, kami memanfaatkan jerami. Dengan festival ini juga untuk mengenalkan kuliner tradisional seperti klepon, cenil dan lainnya yang dibuat oleh warga sini,” ujarnya.

Dilansir dari : Detik News


Nah itu dia ulasan artikel pertanian tentang Karya Seni Jerami Padi oleh Petani. Keren kan? Bagaimana menurut kamu sobat PTD?

Baca Juga : Apriadi, Si Pengangguran Inspirasi Petani Millenial

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.