sayur box

Selama pandemi covid-19, Sayurbox merupakan jasa belanja online yang diandalkan masyarakat. Founder dan CEO Sayurbox, Amanda Susanti mengaku senang memecahkan masalah sejak masih kecil. Amanda mengaku bahwa bisnis ini dimulai dengan iseng membuat kebun, kini wanita ini masuk ke dalam daftar Forbes 30 under 30 kategori Industry, Manufacturing & Energy pada tahun 2019. Bisnisnya ini merupakan jasa penjualan dan pengantaran bahan makanan yang berbasis aplikasi.

sayurbox

 

Dalam live streaming yang diselenggarakan oleh SHE @Tokopedia, Amanda berbagi pengalamannya yang terkait dengan tema “The Future of Equal”. Amanda menjelaskan bahwa bisnisnya ini dimulai pada tahun 2016 dan merupakan bisnis seriusnya yang pertama dan langsung sukses.

Amanda mengaku sejak kuliah sudah iseng memulai bisnis dan banyak belajar dari pengalamannya tersebut, namun bisnis Sayurbox ini dimulai saat Amanda iseng membuat kebun dan melihat masalah rantai distribusi yang dihadapi petani saat itu.

ceo sayur box

Amanda merupakan satu dari sedikit pimpinan perusahaan berbasis teknologi, namun beliau mengaku tidak pernah megalami pelecehan ataupun diskriminasi gender. Dan kurangnya jumlah pemimpin wanita merupakan masalah yang harus diperbaiki bersama. Kita harus mengubah mindset mengenai wanita yang terlihat seperti wanita harus bekerja lebih keras untuk membuktikan bahwa kita bisa, nyatanya banyak pemimpin wanita yang performanya setara dengan pria atau malah lebih bagus. Sehingga kita harus saling mendukung agar tercipta masa depan yang seimbang.

Amanda juga membagikan tips bagi wanita yang ingin memulai bisnis dan menjadi pemimpin, percaya diri adalah kuncinya. Selain percaya diri, kita juga harus melihat kegagalan sebagai pembelajaran dan memiliki pola pikir yang terbuka. Sebagai wanita muda yang sukses, Amanda merupakan teladan dan panutan bagi banyak wanita lainnya.

Menurut Amanda, setiap hari kita melihat orang-orang yang menginspirasi, terlebih di saat pandemi seperti ini. Amanda menuturkan, di Sayurbox misalnya, banyak staf yang mulanya sebagai checker kini sudah berproses dan menjadi supervisor atau manager.

Baca juga: 3 Inspirasi Cantik dari Produk Pertanian

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.