resesi meningkat

Saat ini, semakin banyak negara yang mengalami kemerosotan ekonomi bahkan sampai mengalami resesi ekonomi. Corona yang semakin menjadi-jadi berhasil memporakporandakan keadaan ekonomi yang ada didunia.

Jika sebelumnya sudah ada 10 negara, maka saat ini sudah ada 12 negara yang mengkonfirmasi bahwa negaranya sudah masuk ke jurang resesi.

Negara-negara ini sudah mengalami kemerosotan ekonomi hinggga menyentuh angka minus dalam 2 kuartal berturut-turut. 2 negara yang baru mengonfirmasi memasuki fase resesi adalah Polandia dan Malaysia.

Keadaan ekonomi memburuk sejak adanya pandemi covid-19. Bahkan menurut berita yang sudah beredar, Jepang salah satu negara maju sedang mengalami kontraksi ekonomi. Bahkan kabarnya, keadaan ekonomi Jepang lebih parah dari korea selatan dan China.

 

resesi meningkat

Semenjak adanya pandemi, pendapatan negara mengalami penurunan dari segala aspek mulai dari manufaktur, tranportasi, perdagangan, UMKM, pertambangan dan aspek yang lainnya.

Meskipun aktivitas di beberapa negara sudah mulai berjalan, namun keadaan belum dapat dipulihkan. Bahkan dari segi transportasi masih mengalami penurunan yang sangat jauh saat aktivitas mulai dilaksanakan. Ini dikarenakan orang belum berani mengambil tindakan untuk keluar dari rumah dan liburan.

Ekonomi seperti ini menyebabkan keadaan ekonomi depresi dan tertekan. Keadaan yang seperti ini sangat berdampak negatif bagi semua.

Baca Juga: Daftar Negara yang Mengalami Resesi di Masa Pandemi

 

Keadaan Ekonomi Indonesia 

Meski Indonesia belum mengalami resesi, pemerintah berharap bangsa Indonesia tetap waspada. Apalagi ekonomi Indonesia sudah mengalami kemerosotan ekonomi sampai negatif. Menteri keuangan ibu Sri Mulyani juga memproyeksikan ekonomi pada kuartal III dan IV dapat mengalami pertumbuhan pada kisaran positif. Ini tentu didukung jika semua elemen bangsa saling belerja sama untuk membantu pertumbuhan ekonomi.

Sebagai menteri keuangan, Sri Mulyani berharap pemerintah dapat mengejar ketertinggalan dan mengenar kinerja perekonomian untuk kuartal III nantinya. Jika bisa seperti itu, menkeu optimis bahwa perkembangan perekonomian bangsa Indonesia segera membaik.

Apalagi saat ini, data yang diperoleh menunjukkan bahwa perekonomian sudah menunjukkan titik balik.

Sama hal nya dengan menkeu seluruh bangsa Indonesia juga berharap penuh presiden dapat lebih memfokuskan untuk titik balik perekonomian.

 

Baca Juga: Siapkah Indonesia Dengan Resesi Ekonomi?

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi:

https://money.kompas.com/read/2020/08/17/104459826/sudah-12-negara-yang-kini-alami-resesi#comment_widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.