Pelatihan Pasar Digital Pertanian Seri 1 - Pak Tani Digital

Menyambut datangnya tahun baru, Pak Tani Digital kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk para peserta yang terdiri dari petani milenial, pemuda, dan mahasiswa keluarga petani. Pelatihan ini bernama Pelatihan Pasar Digital Pertanian dimana seri pertama-nya diadakan pada 12 Januari 2019 di Kantor Bupati Karo, Kabanjahe, Sumatera Utara.

Tujuan Pak Tani Digital menyelenggarakan acara ini adalah untuk mengedukasi masyarakat terutama para pemuda/mahasiswa pertanian tentang pentingnya digitalisasi pertanian. Harapannya, dengan adanya acara ini, masyarakat petani semakin tergerak untuk memanfaatkan digitalisasi dalam memasarkan hasil panen-nya, tanpa harus bergantung lagi kepada tengkulak.

Acara ini juga dihadiri oleh Kadis Pertanian Karo, Sarjana Purba yang turut memberikan kata sambutan untuk para peserta. Terdapat 3 narasumber dalam kegiatan ini yaitu Mahendra Tlapta Sitepu (Founder Pak Tani Digital), Ronaldi Tumanggor (Founder ruangmahasiswa.com), dan Yosephine Sembiring (Co-Founder Pak Tani Digital).

Kadis Pertanian Karo, Sarjana Purba Menyampaikan Kata Sambutannya
Kadis Pertanian Karo, Sarjana Purba Menyampaikan Kata Sambutannya

Founder Pak Tani Digital memaparkan tentang Transformasi Digital sebagai materi awal untuk mengedukasi peserta. Tentu saja, materi tersebut tetap menyinggung pertanian, mulai dari masalah tata niaga hingga mengapa platform marketplace pertanian seperti Pak Tani Digital sangat dibutuhkan oleh petani. Beliau juga menyampaikan bahwa jika teknologi baru tidak dibarengi dengan mindset yang baru, digitalisasi pertanian tidak akan berhasil.

Pemateri selanjutnya adalah Ronaldi Tumanggor selaku Founder ruangmahasiswa.com yang memaparkan materi tentang optimasi media sosial. Ia menjelaskan bahwa media sosial sangat penting untuk dimanfaatkan oleh petani. Selain bisa memasarkan hasil panen secara online, petani juga bisa mendapatkan beragam informasi dan tips seputar pertanian, seperti yang dilakukan oleh Pak Tani Digital melalui Instagram dan Facebook-nya.

Terakhir, Yosephine Sembiring selaku Co-Founder Pak Tani Digital menyampaikan tentang bagaimana memanfaatkan Google untuk mempromosikan suatu usaha, termasuk usaha pertanian. Salah satunya adalah Google My Business dimana suatu usaha bisa didaftarkan di Google dan akan tampil jika orang lain mencarinya.

Peserta Pelatihan Pasar Digital Pertanian

Itulah kegiatan Pelatihan Pasar Digital Pertanian yang diadakan oleh Pak Tani Digital.

Download Materi Narasumber

Untuk men-download materi narasumber dari Pelatihan Pasar Digital Pertanian Seri 1, silahkan mengisi form di bawah ini dengan nama, email, dan No. HP yang benar, kemudian klik tombol “Download Materi”.

Dokumentasi lainnya ada di : https://www.instagram.com/p/BslAsI4ADMm/

Klik dan Baca : Mau Kampus Kamu Dikunjungi Pak Tani Digital?

 

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.