pertani garut

Mau tau informasi mengenai Peluang petani Garut? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai informasi hal tersebut. Simak ulasannya!

Petani di Garut

Peluang Hasil Pertanian

pertani garut
jurnaljabar.id

Baca juga: Kenaikan Permintaan Drone Pertanian Akibat Virus Corona

Semakin merebak dan mewabahnya virus corona di berbagai negara di dunia memengaruhi berbagai kebijakan pemerintah di dalam negeri, termasuk impor produk-produk pertanian di Indonesia.

Hal ini ditunjukkan oleh kebijakan Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo, beberapa waktu lalu yang mengambil langkah strategis

Yaitu menunda masuknya produk-produk pertanian dari China dengan tujuan mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia.

Situasi seperti ini dimana permintaan produk-produk pertanian dari China semakin meningkat dan harus dapat dimanfaatkan oleh para petani dalam negri

Pengusaha dan pemerintah untuk semakin berbenah di dalam memproduksi produk-produk pertanian, khususnya hortikultura, seperti sayuran dan buah-buahan.

Oleh karena itu wabah virus corona ini harus benar-benar dijadikan peluang bagi para petani lokal untuk menjadi produsen produk-produk pertanian yang dibutuhkan konsumen. Meskipun memproduksi pertanian tidak secara cepat.

Namun kesempatan ini menjadikan peluang pasar untuk beberapa bulan ke depan, bahkan untuk pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Wabah ini tidak selalu dipandang sebagai hal yang negatif dan mengerikan, hal positif sanagt dirasakan oleh sektor industri Kabupaten Garus misalnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga mengklaim sejak adannya virus corona industri pertanian di daerah yang disebut “Swiss van Java” itu mengalami peningkatan.

Hal ini dikarenakan daerah lain yang biasanya mengimpor sayur dari luar negeri beralih mengambil dari dalam negeri.

Persediaan Pangan Garut

pertani garut
okezonenews.com

Baca juga: Naiknya Status Virus Corona Menjadi Pandemi

Seperti halnya Batam yang biasanya mengimpor beberapa jenis sayuran dari China, saat ini meminta ke Kabupaten Garut.

selain itu peningkkatan permintaan juga datang dari wilayah Sumatra dan Kalimantan dan  hal ini terjadi sejak dua pekan ke belakang yang menjadikan ada peluang pasar yang lebih terbuka.

Untuk persediaan stok di wilayah Kabupaten Garut juga masih aman untuk kebutuhan masyarakat setempat seperti stok beras, sayur, dan buah, untuk kebutuhan lokal, sampai menjelang Lebaran masih akan mencukupi.

Ditambah lagi himbauan diberlakukannya lockdown untuk mengurangi aktivitas diluar rumah, semoga kebutuhan oangan lokan untuk 14 kedepan tidak ada masalah dan masih tercukupi.


Itulah informasi mengenai peluamg petani Garut di tengah wabah corona. Smeoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Virus Corona Membuat Resah Ketersediaan Pangan

Sumber: Republika.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.