asam jawa

Asam jawa atau yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica ini merupakan buah yang bercita rasa masam. Buah ini biasa dijadikan sebagai campuran bumbu maupun bahan pembuatan jamu. Asam jawa memiliki kandungan yang banyak, dan baik untuk kesehatan tubuh.

Tanaman asam jawa cukup dikenal luas, terutama pada masyarakat Indonesia. Pasalnya, buah asam jawa menjadi kebutuhan yang banyak dicari masyarakat. Sehingga, budidaya asam jawa bisa dijadikan peluang usaha yang menguntungkan.

Baca juga: Budidaya Cabe Jawa Beserta Peluang Usahanya

Kandungan dan Manfaat Asam Jawa

Sebelum memasuki pembahasan lebih lanjut, Anda perlu mengetahui kandungan serta manfaat buah asam jawa. Pasalnya, buah yang biasa dijadikan sebagai bumbu dapur dan ramuan herbal ini memiliki kandungan dan manfaat yang cukup banyak.

asam jawa

Sumber: https://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/manfaat-asam-jawa.html/amp

Kandungan yang dimiliki asam jawa yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B (riboflavin, folat, tiamin, niasin), vitamin K. Selain itu, asam jawa juga mempunyai kandungan energi atau kalori, mineral, seperti fosfor, kalsium, kalium, magnesium, besi, seng, dan natrium. Serta terdapat beberapa senyawa organik yang mengandung agen antiinflamasi dan antioksidan kuat.

Dalam satu cangkir, asam jawa memiliki kandungan mineral yang diperlukan tubuh seperti berikut,

  • Kandungan zat besi sebesar 3,4 Mg atau setara dengan 19% dari kebutuhan tubuh harian.
  • Kandungan magnesium sebesar 110 Mg atau setara dengan 28% dari kebutuhan tubuh harian.
  • Kandungan kalsium sebanyak 6 Mg atau setara dengan 9% dari kebutuhan tubuh harian.
  • Kandungan kalium sebesar 753 Mg atau setara dengan 22% dari kebutuhan tubuh harian.
  • Kandungan selenium sebesar 1,6 mikrogram atau setara dengan 2% dari kebutuhan tubuh harian.
  • Kandungan tembaga sebesar 0,1 Mg atau setara dengan 5% dari kebutuhan tubuh harian.
  • Kandungan fosfor sebesar 136 Mg atau setara dengan 14% dari kebutuhan tubuh harian.

Adapun manfaat dari buah asam jawa untuk kesehatan tubuh diantaranya yaitu, meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kesehatan otak, menurunkan tingkat kolesterol, mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Asam jawa juga bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang, menjaga kesehatan jantung, melawan virus serta bakteri, menurunkan berat badan, mengatasi flu dan pilek, mengatasi sembelit, saraf dan otot berkembang.

Baca juga: Peluang Usaha Pertanian, Modal Kecil Untung Besar

Peluang Usaha Asam Jawa

asam jawa

Sumber: https://www.jawapos.com/lifestyle/30/01/2019/olah-3-resep-asam-jawa-yang-berkhasiat-bagi-tubuh/?amp

Tanaman asam Jawa memiliki harga jual yang cukup tinggi serta menguntungkan. Sehingga tak jarang para petani mengambil peluang usaha asam Jawa.

Selain memiliki banyak manfaat, buah asam Jawa juga menjadi ramuan minuman obat-obatan Setya kebutuhan dapur yang penting. Sehingga permintaan pasar akan asam Jawa terus meningkat.

Budidaya tanaman asam Jawa menjadi peluang bisnis yajg menjanjikan. Bukan hanya buahnya, melainkan setiap tanaman asam Jawa dapat dimanfaatkan atau digunakan, seperti, daun, buah, biji, hingga kulit kayu tanaman.

Baca juga: Pembuatan Mie Sagu yang Sehat Sebagai Peluang Usaha

Selain itu masa tanam asam jawa tidak begitu lama, yakni sekitar 4 bulan setelah penanaman. Serta, untuk memulai usaha budidaya tanaman Jawa tidak membutuhkan modal yang kecil.

Untuk mencari konsumen tidak terlalu sulit, karena Anda bisa memasarkan produk di internet. Lakukan penjualan pada pedagang masakan, serta perusahaan produk yang membutuhkan bahan asam jawa.

Asam jawa bisa menjadi peluang usaha yang berpotensi besar. Anda bisa menjual hasil panen budidaya asam jawa secara langsung ke pasar. Selain itu, Anda bisa membuat produk sendiri yang berbahan asam jawa, seperti obat tradisional, minuman atau jamu, produk sachet bumbu dapur asam jawa, serta inovasi produk lainnya.

Itulah beberapa hal mengenai budidaya asam jawa, mulai dari kandungan, manfaat serta peluang usaha budidaya asam jawa. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Membuat Kerupuk Nanas Sebagai Peluang Usaha

Referensi:

https://doktersehat.com/khasiat-ampuh-asam-jawa/amp/

https://www.agrosukses.com/artikel–info/46/asam-jawa-si-kecut-yang-manis-labanya.html#.XosoB7kxeDb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.