Wah akhirnya setelah begitu banyak peserta yang mengikuti Kuis Maret Pak Tani Digital, akhirnya diputuskan 3 orang pemenang dari Pak Tani Digital.

Inilah dia Para Pemenang Lomba Kuis Maret Pak Tani Digital!

  1. @cindicaa (Canna Indica)
  2. @sch.farm (Triya Ariyanti)
  3. @syifasativa (Syifa Sativa)

Adapun kuis yang diadakan adalah bagaimana menurut pendapat kamu tentang pertanian Indonesia di tahun 2025! Nah kamu penasaran dengan jawaban mereka? Yuk kita simak sama-sama sobat PTD

  • @Cindicaa

Menurut saya, di tahun 2025 kondisi pertanian di Indonesia sudah akan lebih modern dari pada saat ini, karena saya yakin pada tahun 2025, ketersediaan lahan yg akan semakin sempit akan membuat para petani
memilih penerapan yg efisien dalam mengelola lahan yg mereka miliki yg bisa jadi terbatas, sudah banyak contoh penerapan pertanian modern seperti penerapan vertical farming ,hidroponik dan aquaponic.

Dari segi SDM sendiri juga, sudah banyak mahasiswa lulusan pertanian yg pastinya punya perbekalan ilmu tentang pertanian modern sehingga bisa mengajarkan pula kepada para petani yang lain, dengan adanya jiwa berbagi dan kemauan untuk berusaha, pertanian Indonesia kedepannya bisa jadi sangat menjanjikan karena Indonesia sudah memiliki modal besar yakni tanah yg luar biasa subur.

Jadi intinya, beberapa tahun yg akan datang, penerapan pertanian modern mungkin yg akan paling mendominasi di indonesia. Terima kasih.

Tertanda : Canna Indica

  • @Syifasativa

Teknologi dan Koperasi

Menurut saya pada tahun 2025 pertanian di Indonesia akan sangat meningkat dalam teknologi dan inovasi baik dalam ranah alat produksi maupun sumber daya pertanian itu sendiri seperti bibit, pupuk, sinar, media tanam dan lain-lain.

Jumlah petani akan bertambah banyak seiring kesadaran orang-orang yang mulai terbangun bahwa pertanian dapat mencukupi hidup, bahwa dengan bergotong-royong juga membangun koperasi adalah sarana menuju pemerataan kesejahteraan hingga tidak ada lagi ketimpangan ekonomi di desa.

Peran Anak Muda dan Media Informasi

Lalu anak muda tak perlu lagi meninggalkan desa untuk mencari uang di kota. Pada masa itu penggunaan pupuk kimia sintetis berkurang karena kesadaran orang-orang akan pentingnya menjaga kestabilan dan keseimbangan ekosistem alam terus terbentuk dan menular.

Seiring berkembangnya media informasi juga karena eratnya persaudaraan para petani bukti dari pemerataan kesejahteraan sehingga mampu mengendalikan proses produksinya sendiri tanpa pengaruh dari politik industri lain.

Pertumbuhan Market Place dan Wacana Reforma Agraria

Lalu pasar hasil pertanian mulai berjalan antar koperasi, tanpa tengkulak atau pengepul, para petani telah menciptakan pasarnya sendiri dengan packing pada produk yang juga dilakukan sendiri, hingga potongan-potongan komisi bisa diputus dan penghasilan petani meningkat. Petani sejahtera.

Sementara lahan tanah di bagikan secara merata keseluruh warga negara sesuai dengan wacana reforma agraria yang sesungguhnya tanpa adanya kepentingan terselubung. Indonesia kembali menjadi negeri agraris yang murni.

Tertanda : Syifa Sativa

  • @Sch.farm

Trend Urban Farming Jadi Andalan

Lebih ke harapan mungkin ya, kalau gambaran kesannya mengkhayal. Tapi tampaknya sih, tampaknya akan ada kemajuan baik dari segi teknologi dan keahlian. Namun satu masalah yang menurut saya sulit hilang, kenapa tengkulak itu masih ada. Saya harap petani Indonesia lebih bisa mandiri, dan bersatu di antara kelompok tani nya. Agar bisa medistribusikan hasil produksinya langsung ke pasar/konsumen.

Selain itu trend urban farming saat ini semakin menyebar luas, dan banyak komunitas2 pertanian/berkebun yang semoga bisa mensosialisikan informasi mengenai pertanian, kepada masyarakat luas yang tadinya tidak/minim pengetahuan soal bertani menjadi paham, dan bisa mengubah mindset mereka untuk bisa mengkonsumsi buah dan sayur organik.

Trend ini juga spertinya melahirkan banyak enterpreneur2 millenial yang melek informasi dan gak gaptek. Semoga pemerintah juga semakin mendukung hal positif ini, sehingga pertanian Indonesia bisa maju.

Tertanda : Triya Ariyanti

Nah itu dia pengumuman pemenang lomba kuis Maret Pak Tani Digital. Nah apakah kamu selanjutnya?

Baca Juga : Ayo, Promosikan Acara Kamu di Pak Tani Digital, Jangkau Lebih Banyak Orang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.