sambut konstratani

Konstratani merupakan salah satu program pemerintah. Mau tau informasi mengenai konstratani di Kalimantan Barat? Berikut Pak Tani Digital akan berikan informasinya!

Konstratani

Apa Itu Konstratani?

sambut konstratani
liputan6.com

Kontratani merupakan salah satu kegiatan gerakan pembaharuan pembangunan pertanian kecamatan, melalui optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian.

Kebijakan pemerintah dalam pembangunan pertanian saat ini melalui gerakan pembaharuan pembangunan pertanian nasional berbasis teknologi informasi.

Baca juga: Kehidupan Petani Kopi yang Masih Terjerat Para Tengkulak

Simpul gerakan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan pembangunan pertanian adalah lewat koordinasi, sinergi, dan penyelarasan kegiatan pembangunan pertanian akan berpusat di kecamatan atau yang disebut sebagai Kostratani.

Kostratani dibentuk untuk memperkuat kapasitas BPP dengan melibatkan seluruh petani dan petugas pertanian. Kostratani diharapkan  menjadi pusat pergerakan pertanian langsung di kecamatan.

Kostratani dibangun dari tingkat pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten hingga kecamatan. Kecamatan menjadi pusat gerakan pembangunan pertanian karena kecamatan dan desa-desa dekat lingkungan persawahan atau petanian.

Kostratani menjadi perhatian besar pemerintah pusat untuk penyuluh pertanian Indonesia. Anggaran penyuluhan naik 2 kali lipat. Ini perhatian nyata Syahrul Yasin Limpo selaku Mentri Pertanian dalam pembangunan pertanian Indonesia.

Kegiatan Konstratani di Kalimantan Barat

sambut konstratani
partainasdem.com

Yessi Melania selaku anggota Komisi IV DPR RI membuka Rakor (Rapat Koordinasi) Evaluasi UPSUS dan sosialisasi Kostratani wilayah provinsi Kalimantan Barat yang mengharapkan Kalimantan Barat menjadi lumbung ketahanan pangan di tingkat nasional.

Dengan Kostratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian) petani mendapatkan penyuluhan dan pelatihan hingga sarpras yang memadai hingga dapat panen 2 sampai 3 kali dalam setahun

Kostratani adalah BPP yang terpadu dengan IT, disana ada komputer, internet hingga drone yang terkoneksi dalam Agricultural War Room (AWR) di pusat yaitu korstratanas Kementerian Pertanian.

Baca juga: Kementan Lindungi Temuan Bibit Unggul

Menteri pertanian bisa langsung mengecek melalui AWR kecamatan mana yang sudah melaporkan luas tambah tanam (LTT) hingga daerah mana yang sedang mendapat curah hujan tinggi hingga berpotensi banjir.

Melalui Korstratani yang terintegrasi dalam AWR Mentan SYL secara cepat dapat melakukan pencegahaan hingga penanganan.

Kostratani memiliki peran sebagai pusat data dan informasi, pusat pergerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, hingga pusat pengembangan jejaring kemitraan.

Kostratani menjadi center of excellence pembangunan pertanian di kecamatan. Karena itu Penyuluh harus tangguh itu yang akan kita gerakkan di Korstratni. Sebagai penyuluh memang harus pintar supaya para petani juga pintar dalam menjalankan hasil pertaniannya.


Itulah informasi mengenai kegiatan konstratani. Seomoga informasinya ber,anfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Beras Turun Mutu Dilelang untuk Etanol

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.