larva kering

Mau tau informasi mengenai ekspor larva kering? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Ekspor Larva Kering

Larva Kering dilirik Inggris

larva kering
metropolitan.id

Baca juga: Panduan Ternak Ulat Kandang untuk Pakan Burung

Kegiatan ekspor produk dibidang sektor pertanian terus digencarkan salah satunya adalah komoditas larva. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor perdana komoditas larva kering jenis Black Soldier Flies (BSF) Ke Negara Inggris sebanyak 7 ton.

Kegiatan ekspor ini sebagai bagian upaya Kementerian Pertanian (Kementan) menggenjot PDB Indonesia dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan ekspor berbagai komoditas pertanian.

Suatu apresisi jika dapat menembus Inggris, Bogor telah memberikan sebuah arah, biasanya bisa tembus Inggris

Setelah melalui Italia atau Jerman, Roma, jika sudah dikirim ke Inggris berarti itu membuka pintu pertanian Indonesia kedepan.

Oleh karena itu, Indonesia memerlukan pelaku usaha yang terus melakukan inovasi untuk menumbuhkan produk ekspor baru atau emerging seperti larva kering ini.

Dengan cara berkoordinasi dan bersinergi memperkuat jejaring antara pemerintah pusat. Daerah dan seluruh pemangku kepentingan untuk mendorong potensi ekspor pertanian dalam memasuki pasar global.

Larva Kering Bukti Potensi Daerah

Larva kering BSF ini diekspor ke negara industri pakan ternak sebagai sumber protein campuran bahan pembuatan pakan ternak antara lain seperti pakan unggas dan ikan.

Larva kering menjadi satu hal yang membuktikan yang tidak dimiliki oleh negara dan menjadi contoh bahwa sebenarnya kemampuan produk negeri ini menembus kebutuhan dunia sangat terbuka luas.

Dengan memanfaatkan fasilitasi KUR meningkatkan pengolahan sehingga dapat diekspor dalam bentuk jadi, atau minimal setengah jadi untuk memberikan nilai tambah.

larva kering
pertaniannasdem.com

Baca juga: Ulat Grayak Serbu Tanaman Petani di Ponorogo, Apa Penyebabnya?

Serta menambah daya tarik generasi muda untuk lebih tertarik terjun ke sektor pertanian dan menghadirkan kemampuan anak bangsa untuk mengoptimalkan sumber daya.

Salah satu contoh yang diberikan Syahrul adalah bungkil sawit dapat dijadikan pakan ternak, kemudian larvanya menjadi makanan yang nilainya sangat mahal di luar negeri.

Di sisi lain komoditas larva sangat dibutuhkan oleh seluruh dunia. Tinggal anak bangsa mau memilih sebagai pembeli atau pembudidaya.

Sebagi informasi bahwa sebelumnya larva berhasil diekspor ke negara tujuan Jepang maupun Uni Eropa (Belanda) oleh perusahaan yang sama dengan jumlah 59,113 ton dan total nilai penjualan Rp 3,31 miliar dalam kurun waktu tahun 2018-2019.

Pengiriman ekspor dilaksanakan melalui pelabuhan Tanjung Priok dan disertai penjaminan kesehatan dan keamanannya dengan Sertifikat Kesehatan oleh Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok.

Dimana sebelumnya tempat produksi telah ditetapkan sebagai Tempat Tindakan Karantina oleh Menteri Pertanian serta disertifikasi dengan Nomor Kontrol Veteriner (NKV).

Industri yang menjanjikan dan prospektif ini menjadi peluang bagi perusahaan pakan ternak Indonesia lainnya untuk mengembangkan di pasar lokal maupun menembus pasar dunia.

Mengingat terjaminnya ketersediaannya setiap saat dengan harga realtif lebih murah dibanding sumber protein lainnya.

Dengan demikian dapat menekan biaya pakan dalam industri peternakan, yang berkontribusi sekitar 70-75% dari total biaya produksi.


Itulah informasi mengenai ekspor larva kering ke Inggris. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Cara Beternak Ulat Hongkong Bagi Pemula

Sumber: KEMENTRIAN KEMENTRIAN REPUPLIK INDONESIA

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.