pertumbuhan ekonomi

Mau tau informasi mengenai pertumbuhan ekonomi hijau? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Pertumbuhan Ekonomi Hijau

Upaya Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Hijau

pertumbuhan ekonomi
bapedapapua.go.id

Baca juga: Perdana Panen Raya Jagung Aceh Bersama Kementan

Upaya mendorong pertumbuhan ekonomi hijau di hutan bumi cenderawasih sedang difokuskan dalam mewujudkannya yaitu dengan berkerjasama antara provinsi dan kabupatennya.

Diharapkan semua pihak dapat berkomitmen kuat untuk bersama-sama menjaga sisa hutan yang ada di Papua.

Pemerintah Provinsi Papua sedang menyusun Masterplan dan Road Map Pertumbuhan Ekonomi Hijau (Green Economy growth) berbasis lahan berkelanjutan yang mampu mengakomodir target.

Untuk mencapai pertumbuhan secara inklusif dan merata, ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan ekosistem sehat guna mengurangi emisi gas rumah kaca.

Selain itu juga memastikan keseimbangan antara perlindungan lingkungan, kesejahteraan masyrakat dan aktivitas ekonomi.

Potensi Bumi Cendrawasih

pertumbuhan ekonomi
papuago.com

Baca juga: Dampak Virus Corona Bagi Petani di Bali

Provinsi Papua Barat memiliki keanekaragaman hayati yang begitu kaya dengan hutan bakau terluas di dunia dan luas lahan gambut yang signifikan.

Hutan bakau dan lahan gambut yang dimiliki ini merupakan ekosistem dengan cadangan karbon empat kali lebih tinggi dibandingkan cadangan karbon hutan tropis serta dapat mempertahankan cadangan karbon.

Ini penting untuk mengendalikan laju perubahan iklim maka dari itu DPRD Papua Barat menetapkan Peraturan Daerah Khusus Provinsi Pembangunan Berkelanjutan.

Dengan adanya peraturan daerah khusus (Perdasus) ini, Pemerintah Provinsi Papua Barat berkomitmen melindungi ekosistem laut dan darat yang diketahui sebagai ekosistem paling utuh.

Yang masih tersisa di Indonesia dan aturan ini akan mempromosikan pengembangan mata pencaharian berkelanjutan, dan pengakuan atas hak-hak masyarakat adat.

Dengan adanya kegiatan ini  diharapkan menghasilkan pemahaman bersama dan mengindetifikasi kebutuhan akan pertumbuhan ekonomi hijau.

Serta  memberi masukan tentang tantangan dan peluang, kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pada pada tingkat provinsi maupun kota/kabupaten.

Walaupun berbagai tantangan memang masih dihadapi dalam pengembangan komoditas unggulan di Bumi Cendrawasih. Meski demikian.

Tantangan tersebut perlahan mulai teratasi melalui komitmen serius kedua provinsi dalam mewujudkan rencana pertumbuhan hijau dan inklusif di wilayahnya.


Itulah informasi mengenai pertumbuhan ekonomi hijau. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Perdana Bambu Aceh di Ekspor Hingga ke Turki

Sumber Antaranews.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.