Dukung Program Gratieks Peternakan Hingga 10,9 Triliun

Mau tau informasi mengenai program gratieks peternakan? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Program Gratieks Peternakan

Peningkatan Program Gratieks

program gratieks
ditjenpkh.pertanian.go.id

Baca juga: Perdana Panen Raya Jagung Aceh Bersama Kementan

Kementrian pertanian terus mendukung kebijakan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) terus digencarkan.

Melalui peningkatan volume, peningkatan mitra dagang, mendorong pertumbuhan ekspor, dan menambah ragam komoditas yang akan dimanfaatkan oleh pemerintah untuk memperbesar porsi ekspor ke sejumlah negara tujuan.

Pemerintah menargetkan ekspor produk peternakan pada 2020 meningkat 13 persen dari 258.598 ton menjadi 290.845 ton. Dengan target tersebut, nilai ekspor akan meningkat 17 persen menjadi Rp 10,90 triliun.

Kelompok Ekspor Peternakan

program gratieks
monitor.co.id

Baca juga: Sergai Salah Satu Pilar Kekuatan di Sektor Pertanian

Pada tahun 2020, target ekspor komoditas peternakan dan kesehatan hewan terdiri dari 5 (lima) kelompok, yaitu kelompok hewan hidup sebesar 32.039 ton dengan fokus utama kambing dan domba.

Kelompok produk pangan segar dan olahan sebesar 159.308 ton yang terdiri dari sarang burung walet, daging unggas, susu dan produk lainnya, serta kelompok obat hewan sebesar 895 ton yang terdiri dari vaksin dan reagen.

Kelompok lainnya yakni produk non pangan seperti pakan hewan, premix, kulit, bulu, tulang, dan tanduk yang mencapai 98.410 ton, serta kelompok benih / bibit ternak seperti hatching eggs (HE) ayam, HE bebek, dan semen beku dengan target kontribusi sebesar 193 ton

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) angka ekspor pada awal 2020 sebesar USD13,41 miliar yang mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya (Month to Month/MtM) sebesar 7,15% yang mencapai USD14,45 miliar.

Status kesehatan hewan menjadi kunci utama untuk membuka peluang ekspor ke negara lain. Oleh karenanya Kementan secara konsisten mengembangkan dan memastikan update informasi.

Mengenai jaminan kesehatan hewan, mutu, dan keamanan setiap produk yang akan di ekspor sehingga hasil peternakan yang diekspor dapat dipertahankan kualitasnya.


Itulah informasi mengenai program gratieks. Semoga informasi yang diberika dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Potensi Pertanian Sumut Ekspor Hingga Rp 79 Miliar

Sumber: Kementrian Pertananian

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.