sektor pertanian

Mau tau informasi mengenai pilar kekuatan sektor pertanian di Sergai? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Pilar Kekuatan Sektor Pertanian

Potensi Sektor Pertanian Sergai

sektor pertanian
makassar.tribunnews.com

Baca juga: Kementan Akan Tingkatkan Ketahanan Pangan di Indonesia Timur

Serdang bedagai (Sergai) merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Utara yang memiliki potensiuntuk di sektor pertanian hingga peternakan.

Sergai adalah daerah agraris dengan banyak perkebunan persawahan, perkebunan PTPN maupun swasta yang telah menghasilkan kecambah sawit yang diekspor ke luar negeri.

Seperti di kebun PT. Socfindo telah ekspor hingga ke Tanzania-Afrika hingga ke kancah internasional lainnya.

Selain itu, Sergai merupakan pilot project tanaman sekaligus produksi sorgum yang kini telah dibudidayakan dan untuk kedepannya Sorgum akan dijadikan pakan sapi dan kambing sehingga sapi milik masyarakat dapat terjaga nutrisinya dengan mengkonsumsi tanaman ini.

Tak ketinggalan, irigasi yang luas untuk pengairan persawahan dan akan dimulai mengembangkan wisata tani di berbagai desa dengan tujuan agar meningkatkan perekonomian masyarakat.

Namun, Sumatera Utara masih mengalami defisit daging sapi sebesar 6.140 ton/tahun, Impor sapi sebanyak 35.000 ekor dari Australia serta daging kerbau sebanyak 1.500 ton/tahun didatangkan dari India.

Langkah-langkah strategis telah dilakukan guna memotivasi para petani dan peternak untuk berinovasi dalam pengembangan sektor peternakan dan pertanian sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan ternak telah dilakukan upaya peningkatan populasi dan produktivitas ternak melalui program.

Antara lain optimalisasi bereproduksi pada ternak sapi dan kerbau melalui kegiatan inseminasi buatan hingga perbaikan infrastruktur peternak.

Launching Komandan dan Panen Pedet

sektor pertanian
sumut.sindonews.com

Baca juga: Kementan dan Kejagung Mau Sikat Mafia Pertanian

Terkait dengan akses pembiayaan bagi pelaku usaha peternakan perlindungan dan pemberdayaan petani, telah dilakukan perbaikan infrastruktur peternakan dalam rangka meningkatkan populasi dan produktivitas ternak.

Yang telah dicanangkan berupa program upaya khusus sapi dan kerbau induk wajib bunting (hamil) yang sudah dimulai sejak tahun 2017 dan kini dikuatkan program Sikomandan.

Dari program tersebut telah terlapor anak-anak sapi dan kerbau yang lahir sebanyak 117.594 ekor.

Mentan berkesempatan menglaunching si-Komandan (sapi dan kerbau komoditas andapan negri) dan panen pedet (anak sapi) yang telah beberap atahun lalu Sergai diadakan program sapi wajib berkembang biak.

Mentan juga mengajak untuk lebih kuat, lebih besar, lebih dahsyat lagi dalam bekerja dan membina masyarakat untuk memcapai kesejahteraan rakyat Indonesia yang hari esok harus lebih baik dari hari ini.


Itulah informasi mengenai potensi Sergai di sektor pertanian. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Kementan Minta Penangkapan Pelaku Alih Fungsi Lahan

Sumber: Dnaberita.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.