Hadapi Sengketa Dagang Brasil Soal Impor Daging Ayam, Indonesia Gelar Rapat Koordinasi

Sengketa dagang yang dialami Indonesia dengan Brasil di World Trade Organization (WHO) membuat pemerintah mencari cara untuk menyelesaikannya. Kali ini gugatan Brazil yang menjadi kasus sengketa dagang komoditas ayam kembali lagi dibawa ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Oleh karena itu hari ini Menteri Koordinator Perekonomian mengadakan rapat koordinasi penyelesaian gugatan sengketa dagang Indonesia-Brasil.

Rapat yang digelar pada Rabu 7 Agustus 2019 tersebut mengundang Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, hingga Sekretaris Kabinet.

Tidak hanya kali ini saja, Indonesia juga pernah digugat hal yang sama pada 2014 dan 2017 lalu. Adapun kasus yang diangkat adalah perihal penolakan impor daging ayam yang dibawa ke WTO.

Baca Juga : Benarkah Ayam Super atau Joper adalah Ayam Kampung Asli?

Kembalinya dilakukan gugatan oleh Brazil atas Indonesia karena Brazil menilai Indonesia masih belum membuka keran impor ayam untuk Brazil. Hal inilah yang membuat Brazil menyeret Indonesia ke WTO Juni lalu.

Brasil membuka panel untuk menyelidiki kebijakan Indonesia mengenai impor unggas dari negaranya. Sebagai informasi impor daging ayam asal Brasil tidak bisa masuk Indonesia karena tidak memiliki sertifikasi sanitasi internasional serta sertifikat halal.

Bagaimana menurut kamu tentang kasus ini sobat PTD? Yuk, beri tanggapan kamu di kolom komentar ya.

Dilansir dari Detik Finance

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.