tanaman hias

Kegiatan menanam memang sangatlah menyenangkan, terlebih tanaman tersebut dapat dijadikan peluang bisnis rumahan menjanjikan dan menguntungkan. Ada banyak jenis tanaman yang menghasilkan pundi-pundi rupiah salah satunya adalah tanaman hias. juga melihat keadaan ekonomi selama pandemi membuat otak harus berputar memanfaatkan segala cara untuk mempertahakan ekonomi.

Pada dasarnya bisnis tanaman hias sudah dilakukan sejak dulu dan banyak orang yang sudah sukses di bidang ini. Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum tahu untuk memulai bisnis tanaman hias skala rumahan. Sehingga takut mencoba melakukan usaha ini.

Tips Memulai Usaha Tanaman Hias

tanaman hias

Sumber: https://toko-bunga-anggrek-berkembang.business.site/

 

Dalam memulai usaha pertanian, tentu terdapat resiko kegagalan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips memulai usaha tanaman hias skala rumahan, diantaranya sebagai berikut,

  1. Pengetahuan Tentang Tanaman Hias

Sebelum memulai usaha tanaman hias Anda perlu memiliki pengetahuan yang cukup mengenai tanaman hias, mulai dari jenisnya, cara penanamannya, hingga proses produksinya. Setidaknya, Anda harus memiliki pengetahuan dasar agar tanaman tidak layu bahkan mati sebelum dijual.

Anda bisa mencari beragam informasi tentang tanaman hias pada ahlinya atau orang yang berpengalaman, maupun dari sumber internet. Bila Anda sudah memiliki pengetahuan yang cukup, Anda bisa menentukan waktu memulai usaha tanaman ini.

  1. Memilih Jenis Tanaman Hias

Tanaman hias memiliki beberapa jenis yang bisa Anda pilih. Agar pilihannya tepat, Anda bisa melakukan survei mengenai tanaman hias yang sedang populer, untuk saat ini ini, masa yang akan datang, dan seterusnya.

Untuk mengurangi resiko kegagalan, Anda perlu memilih tanaman hias yang sesuai dengan lokasi penanaman. Sehingga pemeliharaan dan perawatannya pun mudah.

  1. Lokasi Penjualan Tanaman Hias

Untuk menjual tanaman hias, Anda perlu memilih lokasi yang strategis. Dimana banyak orang dapat dengan mudah menjangkau lokasi tersebut, contohnya di pinggir jalan. Anda bisa menyewa toko di pinggir jalan raya yang ramai. Bagi pemula, Anda bisa menggunakan lokasi pekarangan rumah sebagai tempat penjualan.

Jangan lupa untuk menjaga kualitas, kebersihan, serta berbagai variasi tanaman hias agar para konsumen merasa nyaman dan tertarik untuk membelinya.

  1. Menjaga Keamanan

Keamanan dalam melakukan usaha pertanian mesti diperhatikan guna menghindari tangan jahil manusia (pencuri maupun perusak). Sebagai pemula, Anda perlu waspada dan harus rajin memantau keamanan tempat maupun pembudidayaan. Ketika bisnis sudah berkembang besar, Anda bisa menggunakan jasa keamanan.

  1. Sarana Penunjang

Ada beberapa sarana serta prasarana penunjang yang perlu Anda miliki untuk memulai usaha tanaman hias.Beberapa diantaranya seperti tempat budidaya tanaman, tempat penyimpanan tanaman, ruang display, ruang bibit tanaman, ruang tunggu bagi konsumen, serta tempat parkir yang cukup luas.

  1. Lakukan Promosi dan Pemasaran

Promosi dan pemasaran tentu dibutuhkan dalam usaha jenis apapun, termasuk usaha tanaman hias skala rumahan. Tujuan promosi sendiri yaitu untuk memperkenalkan produk kepada konsumen atau khalayak ramai. Anda bisa melakukan promosi dengan media offline, brosur, media online, serta pameran tanaman hias.

Sumber: https://foursquare.com/v/toko-tanaman-dan-bunga-kali-brantas/4deac546636555593e4fb950

Untuk melakukan promosi, Anda perlu mencantumkan informasi mengenai usaha yang dijalankan, seperti jenis tanaman yang diproduksi, kualitas tanaman, lokasi penjualan, dan lainnya. Dengan begitu diharapkan semakin banyak orang yang tertarik dan membelinya.

Itulah beberapa tips bisnis tanaman hias skala rumahan yang bisa Anda lakukan. Semoga menjadi inspirasi dan semangat dalam mengembangkan usaha pertanian tersebut.

Baca Juga: Jenis Tanaman dengan Bisnis Skala Rumahan

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi

https://www.infoagribisnis.com/2017/02/bisnis-tanaman-hias/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.