Jenis Tanaman dengan Bisnis Skala Rumahan Menguntungkan

Dari dulu, usaha pertanian tak pernah mati bahkan terus bersinar. Ada banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai ladang usaha skala rumahan. Bahkan, usaha pertanian tersebut tidak hanya dilakukan di daerah desa melainkan daerah perkotaan dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

Usaha pertanian mempunyai prospek yang bagus, karena dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia untuk memproduksi bahan pangan. Hal itulah yang membuat usaha pertanian sangat menguntungkan serta menjanjikan pada masa yang akan datang.

Dengan memanfaatkan lahan sempit, Anda bisa menanam jenis tanaman yang menjadi bisnis skala rumahan, diantaranya adalah

  1. Tanaman Hidroponik

Siapa yang tidak mengenal tanaman hidroponik? Tanaman yang menguntungkan di lahan sempit ini cukup populer membuka peluang bisnis menjanjikan.

Kelebihan dari sayuran hidroponik yaitu sedap untuk dikonsumsi, bersih, serta lebih sehat. Anda bisa melakukan usaha tanaman hidroponik seperti tanaman pak choy, selada, tomat dan lainnya.

  1. Tanaman Sawi Hijau

Sawi hijau atau sosin merupakan jenis tanaman yang cukup populer serta menguntungkan. Terlebih, jenis tanaman ini sangat cepat dipanen sekitar satu bulan kebawah.

Sawi memiliki ciri berwarna putih pada bunganya, serta warna hijau daunnya, dan mempunyai batang lebih panjang dibandingkan dengan sawi putih.

Bahkan menurut beberapa sumber, petani dapat meraih keuntungan hingga puluhan juta perbulan dari hasil sekali panen. Untuk menanamnya, Anda bisa memanfaatkan lahan kosong maupun pekarangan rumah.

  1. Tanaman Tomat

Tomat merupakan tanaman yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha pertanian menguntungkan dan menjanjikan. Penanaman tomat pun cukup mudah, yang penting media tanah basah. Kunci utama dalam menanam tomat yaitu proses stek.

Untuk menumbuhkan akar pada tunasnya, Anda bisa memberikan air di wadah yang digunakan. Setelah itu simpan dalam suhu hangat, dan biarkan selama 1 sampai 2 minggu atau hingga tunas tumbuh. Jika tunas sudah bertumbuh akar panjang, Anda bisa memindahkan tanaman ke media tanah.

  1. Tanaman Kangkung

Kangkung merupakan jenis tanaman sayuran yang memiliki penggemarnya tersendiri sebagai bahan dasar pangan. Jenis tanaman ini memiliki peluang usaha yang menguntungkan serta menjanjikan.

Untuk memanen kangkung, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 6 minggu saja. Jika lahan pekarangan rumah Anda sempit, Anda bisa menggunakan cara hidroponik dengan baskom sebagai media tanamnya.

Proses penanaman kangkung cukup mudah yaitu dengan menyiapkan bibit kangkung berkualitas, plastik seperti saringan, baskom berukuran sama dengan plastik, pupuk, serta zpt atau zat pengatur tumbuh.

  1. Tanaman Bayam

Sayur bayam memiliki kandungan yang baik untuk tubuh salah satunya, menambahkannya zat besi. Tanaman bayam sendiri merupakan bisnis pertanian modal kecil, karena sarana yang diperlukan hanya media tanam berupa polybag.

Sehingga Anda bisa membudidayakan tanaman ini di pekarangan rumah. Adapun bahan tambahan yang diperlukan dalam menanam bayam yaitu pupuk kompos, bibit bayam, pestisida alami dan lainnya.

  1. Tanaman Jahe

Jahe termasuk ke dalam jenis tanaman obat yang laku dijual di pasaran, karena memiliki manfaat yang sangat banyak. Adapun manfaat dari mengkonsumsi jahe yaitu mengatasi sakit gigi, hipertensi, migrain masuk angin, serta melancarkan peredaran darah. Sehingga selain mendapatkan keuntungan finansial, Anda bisa merawat tubuh agar lebih sehat.

Nilai jual jahe cukup tinggi dan dibedakan menjadi tiga jenis diantaranya, jahe gajah dijual seharga Rp12.000-rp15.000 per kg. Jahe sekitar Rp18.000-Rp20.000 per kg. jahe gajah dijual seharga Rp12.000-rp15.000 per kg.

Itulah jenis tanaman yang dapat dijadikan bisnis skala rumahan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Mengenal Urban Farming dan Manfaatnya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.