Cara Budidaya Ikan Black Ghost Untuk Pemula

Ikan Black Ghost adalah ikan jenis air tawar yang hidup di perairan Sungai Amazon Amerika Serikat yang memiliki daya tarik berupa bentuk tubuh yang dipenuhi dengan warna hitam kusam, sedikit warna putih pada bagian ekornya dan sirip yang seperti tertiup angin. Hal tersebut membuat banyak pecinta ikan hias mulai menaruh perhatian pada jenis ikan ini.

ikan black ghost

Keunikan lainnya ialah ikan ini aktif di malam hari (nocturnal) dan pada saat siang hari lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tersembunyi yang lebih gelap sehingga wajar ikan ini dinamai Black Ghost.

Tingginya permintaan terhadap ikan ini membuat banyak pembudidaya ikan hias mencoba peruntungan di jenis ikan yang satu ini. Untuk kamu yang masih pemula dalam budidaya ikan, artikel ini akan membantu kamu cara budidaya ikan Black Ghost.

BACA JUGA: Ketahui Berbagai Manfaat Memelihara Ikan Hias

Mempersiapkan Aquarium

Berbeda dengan hewan ternak yang membutuhkan kandang sebagai media untuk pemeliharaan, ikan hias membutuhkan aquarium sebagai medianya. Ukuran aquarium dapat kamu buat 100 × 40 × 40 cm berdasarkan keinginan kamu, lalu masukkan 10 ekor indukan ikan Black Ghost. Jangan melupakan aerator, filter dan penempatan telur ikan nantinya.

Tambahkan pakis pada aquarium lalu berikan sekat dengan potongan lidi, tumpuk pakis dengan batu agar tenggelam sehingga mengundang ikan untuk dapat bertelur. Selain itu, anda mungkin harus menambahkan bakau hitam atau kayu untuk tempat bersembungi ikan pada saat siang hari, usahakan untuk tidak menggunakan bahan yang tidak mencolok.

Pengisian Air

ikan black ghost

Air sangat penting untuk ikan, sehingga anda harusnya sangat berhati – hati dalam memberikan air pada ikan anda. Gunakan air yang jernih dengan pH 6 – 7 dengan suhu 260C – 270C. sebaiknya air aquarium diganti sebanyak 5 × sehari dengan menggunakan air yang telah diendapkan dengan aerator, sebagai alternative mungkin bisa menggunakan air PAM.

Memilih Indukan Ikan dan Pembenihan

Keberhasilan pembibitan terletak pada kualitas induk yang digunakan. Berikut ini adalah perbedaan antara indukan jantan dan betina:

Indukan jantan

Indukan betina

Memiliki dagu yang panjang

Badan lebih panjang

Ukuran tubuh 30cm

Dagu lebih pendek

Badan lebih pendek

Ukuran tubuh 15 – 23 cm

Pemilihan indukan untuk ikan Black Ghost sebaiknya yang telah berumur 1 tahun ke atas dengan ciri – ciri tanpa penyakit fisik dan bawaan penyakit dari indukan sebelumnya. Pembenihan dapat dilakukan dengan dua cara yakni:

  1. Pembenihan massal dan
  2. Pemijahan berpasangan
BACA JUGA: Ingin Coba Budidaya Ikan Hias? Coba 7 Jenis Ikan Ini

Berikut ini adalah tahapannya:

Pembenihan massal

Pemijahan berpasangan

Menggunakan aquarium ukuran 2,5 × 1,5× 0,5 cm

Diisi 20 ekor indukan

Perbandingan jantan: betina (8:12 ekor)

Tinggi air kolam 30 cm

Menggunakan aquarium ukuran 100 × 50 × 40 cm

Diisi dengan 7 ekor indukan

Perbandingan jantan: betina (3:4 ekor)

Tinggi kolam 30 cm

Proses pemijahan mungkin akan berlangsung pada area gelap, jangan lupakan untuk memberikan tempat persembunyian. Anda bisa menggunakan pipa paralon untuk mengatasi hal tersebut.

Penetasan dan Pemeliharaan Larva

Apabila telah ada telur yang menempel pada pakis, pindahkan pada tempat penetasan. Gunakan aquarium dengan ukuran 80 × 60 × 40 cm dengan tinggi air 30 cm. Tambahkan aerasi pada keempat sisi aquarium lalu hidupkan selama penetasan berlangsung. Telur akan menetas dalam 3 – 4 hari, anda bisa mengecek pada sela – sela pakis.

Pada umur 4 hari, anda dapat memberikan pakan naupli artemi. Dua minggu pertama, ikan Black Ghost sudah dapat diberikan pakan berupa cacing, jentik nyamuk, dan cacing sutera, cacah halus lalu berikan. Proses ini membutuhkan waktu sampai 1 bulan sampai ikan Black Ghost siap untuk ditebarkan.


Nah demikianlah artikel mengenai cara budidaya ikan black ghost. Semoga menambah wawasan Anda dan selamat mencoba berbudidaya!

Butuh artikel perikanan atau berita pertanian terbaru lainnya? Langsung saja klik di sini.


REFERENSI

Imbohpras. 2018. Begini Cara Budidaya Ikan Black Ghost yang Baik Bagi Pemula. Diakses dari: https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-ikan-black-ghost

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.