Tips Mudah Mengawinkan Ayam Bangkok

Apakah kamu sedang beternak ayam bangkok tetapi kesulitan untuk mengawinkan ayam bangkok tersebut? Kamu sudah berada di artikel pertanian yang tepat.

Sebagai informasi, ayam bangkok dikenal sebagai jenis ayam aduan yang memiliki kualitas unggul, ketangguhannya lebih terjamin dibandingkan dengan ayam jago lokal. Maka dari itu, memiliki keturunan dari ayam bangkok dapat mendatangkan keuntungan yang banyak.

Salah satu kesulitan peternak ayam adalah bagaimana cara mengawinkan ayam bangkok ini dengan mudah. Nah, untuk masalah tersebut, Pak Tani Digital akan membantu kamu.

Sebelum melakukan proses perkawinan, siapkan terlebih dahulu pasangan ayam bangkok. Menariknya, ayam bangkok jantan bisa dipasangkan dengan 3 sampai 5 ekor ayam bangkok betina lho. Selisih umur yang ideal antara jantan dan betina yaitu 1 tahun.

Nah, setelah mempersiapkan pasangan ayam bangkok tersebut, berikut ini adalah tips-tips dalam mengawinkan ayam bangkok. Simak di bawah ini ya.

Menyiapkan Kandang yang Luas

Siapkan kandang umbaran yang luas kemudian masukkan pasangan ayam bangkok ke dalam kandang tersebut. Ayam jantan yang dimasukkan hanya boleh 1 ekor sedangkan jumlah ayam betina yang bisa dimasukkan bisa mencapai 5 ekor.

Setelah itu, ayam-ayam tersebut akan berkenalan secara alami. Mereka akan melakukan proses perkawinan secara bergantian jika merasa sudah cocok dan waktunya tepat.

Baca juga: 5 Tips Membeli Anak Ayam Kampung Unggulan

Mengawinkan Secara Paksa

Ada waktunya ketika peternak ayam perlu mengawinkan secara paksa pasangan ayam bangkok yang ada. Hal ini bisa terjadi ketika ada ayam bangkok betina unggul yang tidak ingin melakukan perkawinan. Padahal, umur ayam tersebut sudah sesuai.

Nah, untuk mengawinkan ayam bangkok secara paksa, peternak ayam dapat memegang ayam betina dengan posisi menghadap ke dalam. Kemudian, letakkan ayam betina tersebut di hadapan ayam jantan. Lakukan cari ini sampai ayam jantan terpancing.

Memberikan Pengobatan

Pengobatan perlu dilakukan oleh peternak ayam jika ayam bangkok jantan merasa malas untuk melakukan perkawinan. Biasanya, hal ini bisa terjadi karena kondisi fisik ayam jantan yang kurang sehat dan bugar.

Oleh karena itu, peternak ayam perlu memberikan pengobatan seperti jamu obat kuat supaya ayam bangkok jantan tersebut terangsang kembali untuk melakukan perkawinan.

Pastikan ayam bangkok yang ingin dikawinkan tidak dalam kondisi stres.


Nah, itulah 3 tips untuk mengawinkan ayam bangkok dengan mudah. Bagaimana Sobat PTD? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Klik & Baca: 4 Langkah Sukses Beternak Ayam Kampung

Sumber gambar utama: farmbos.com

 

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.