bunga putri salju

Menghias rumah agar tampil cantik dan menarik tidak melulu harus menggunakan biaya yang mahal dan juga berlebihan. Anda bisa memanfaatkan beragam tumbuhan yang lebih natural untuk menghias halaman rumah anda seperti dengan menanam tanaman hias, berbunga atau tanaman hias eksotis yang hanya ada di halaman rumah anda.

Salah satu tanaman hias eksotis yang cukup unik ialah tanaman bunga putri salju, walaupun terkenal dengan tanaman berbunga, putri salju lebih menarik bentuk daunnya. Tanaman putri salju atau Senecio cineraria ini termasuk tumbuhan parenial yang memiliki daya tahan tumbuh dan bertahan hingga puluhan tahun.

Di beberapa negara, tanaman ini disebut juga Dusty miller dan belum terlalu dikenal khalayak ramai di Indonesia. Namun, bila anda berminat untuk memilikinya anda bisa mengunjungi tempat wisata bunga di Cihideung, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

putri salju

Sumber: faunadanflora.com

Bagi anda yang ternyata sudah memilikinya namun tidak begitu tahu bagaimana merawat tanaman yang satu ini, berikut ini tips yang perlu anda lakukan:

Media Tanam

Salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan dalam memelihara tanaman bunga putri salju ialah media tanamnya. Tanaman ini cenderung memiliki karakteristik untuk ditanam pada media yang tidak bantat. Gunakan tanah yang berhumus atau memiliki kompos yang baik sehingga tanaman putri salju dapat tumbuh subur.

Intensitas Cahaya Matahari  

Penting untuk diketahui bahwa tanaman putri salju memerlukan sinar matahari yang cukup serta tidak terkena sinar matahari langsung secara terus – menerus.

Tanaman ini cocok ditumbuhkan pada area yang sejuk dan juga teduh sehingga anda perlu untuk memastikan intensitas cahaya matahari yang pas yakni sekitar 35 – 50 % pada media pot.

Bila anda melakukan perawatan pada lahan yang lebih luas maka kebutuhan intensitas cahayanya akan semakin bertambah yakni sekitar 45 – 60 %.

Penyiraman Putri Salju 

Perhatikan penyiraman pada saat melakukan perawatan pada tanaman bunga putri salju. Bila menggunakan pot maka anda bisa melakukan penyiraman sebanyak 1 kali dalam sehari dengan jumlah air sekitar ½ liter untuk satu buah pot.

Namun bila anda menanamnya pada lahan yang lebih luas dibutuhkan jumlah air yang lebih banyak sekitar 1 liter per satu tanaman putri salju. Bila anda menempatkannya pada media dengan intensitas cahaya yang cenderung mendapatkan sinar matahari maka besar kemungkinan tanaman anda bisa cepat layu lalu pada akhirnya akan mati.

bunga putri salju

Sumber: surgabungabatu.blogspot.com/

Pemupukan Putri Salju 

Hal terakhir yang tidak kalah penting dalam melakukan perawatan tanaman bunga putri salju ialah dengan memberikan nutrisi yang cukup melalui pupuk.

Dianjurkan untuk menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah diolah sebelumnya sehingga dapat mengurangi biaya dalam perawatan dan tentunya lebih alami.

Namun bagi anda yang tidak sempat melakukan hal – hal seperti itu, dapat memanfaatkan pupuk kimia berupa pupuk NPK daun. Pemberian pupuk dilakukan sebulan sekali dengan cara pemberian pada tanaman putri salju melubangi bagian pinggirannya, jangan lupa menutup kembali lubangnya dengan tanah.

Baca juga: Mengenali Manfaat Dari Tanaman Ekor Kucing

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


REFERENSI

Raden. 2019. Cara Merawat Bunga Putri Salju Agar Selalu Indah dan Subur. Diakses dari: https://ilmubudidaya.com/cara-merawat-bunga-putri-salju

Susanto, Eko. 2019. Panduan Cara Merawat Tanaman Putri Salju (Dusty Miller). Diakses dari: https://www.kebun.co.id/tanaman-putri-salju/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.