10 Jenis Mangga yang Mudah Dibudidayakan di Indonesia

Apakah Anda ingin membudidayakan mangga? Pada artikel pertanian ini, Pak Tani Digital akan membagikan 10 jenis mangga yang mudah dibudidayakan di Indonesia.

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan tanaman buah-buahan yang mungkin tidak ada di negara-negara tetangga. Salah satu buah yang familiar dan hampir dilihat di setiap pekarangan, yaitu buah mangga. Mangga sendiri di Indonesia tumbuh dengan sangat subur. Biasanya di pedesaan, buah ini hampir dimiliki oleh semua orang.

Di pedesaan sendiri, buah mangga hanya dibiarkan begitu saja tanpa perawatan yang khusus. Mungkin karena saking suburnya tanah di Indonesia sehingga tanaman ini bisa berbuah dengan lebat tanpa dirawat secara intensif.

Mangga sendiri di Indonesia memiliki berbagai macam jenis. Mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui jenis-jenis mangga yang biasa ditanam di Indonesia.

Jenis-Jenis Mangga yang Mudah Dibudidayakan

Jenis-jenis mangga yang akan kita bahas di sini merupakan jenis mangga yang biasa kita temui di pekarangan-pekarangan rumah kita atau rumah tetangga. Di Indonesia, ada lebih dari 10 jenis mangga yang bisa tumbuh dengan baik di halaman rumah ataupun perkebunan.

Mangga Gedong Gincu

mangga gendong gincu

Mangga ini asli Indonesia lho, asli dari Cirebon. Selain namanya yang unik,mangga ini juga memiliki warna kulit yang menarik yaitu warna kuning kemerahan.

Jika memandang warna kulitnya saja mangga ini sudah menggoda, apalagi dengan rasanya. Bentuknya yang mungil dan rasanya yang manis membuat mangga ini laris di pasaran.

Mangga Manalagi

Mangga ini bisa kita temui hampir di seluruh daerah di Indonesia. Mangga ini tidak mengenal iklim. Di mana saja ditanam,mangga ini selalu berbuah lebat meskipun tidak dirawat sekalipun. Mangga ini memiliki kulit hijau muda, meskipun sudah tua, tetap saja kulit mangga ini berwarna hijau muda.

Mangga ini memiliki daging yang tebal dan berserat. Yang berbeda dari mangga ini dibandingkan dengan mangga lain adalah rasanya. Meskipun mangga ini belum matang/masih mentah, mangga ini tidak memiliki rasa yang kecut.

Baca juga: 4 Tips Membudidayakan Mangga yang Berbuah Manis

Mangga Madu

mangga madu

Mangga yang satu ini memiliki rasa yang manis seperti madu, ya seperti namanya mangga madu. Mangga ini memiliki warna kulit yang menggugah selera,kulitnya berwarna kuning kemerahan yang didominasi dengan warna merah. Mangga ini juga memiliki bobot yang lumayan berat, sama seperti mangga manalagi.

Mangga ini bukan hanya tumbuh di Indonesia, namun kalian semua bisa menemukan mangga ini di negara lain seperti India, Hawai, Florida dan Afrika s

Mangga Apel

Sesuai dengan namanya,mangga apel memiliki bentuk yang agak bulat seperti apel. Mangga yang satu ini lebih cocok untuk dibuat rujak dibandingkan dengan mangga yang lain. Rasanya masam dan menyegarkan. Tapi, jika kalian ingin mengonsumsi mangga ini, juga bisa dengan menunggunya hingga matang lalu disantap.

Mangga apel yang sudah matang memiliki ciri warna yang agak kemerahan di bagian pangkalnya dan jika dipencet, mangga ini agak empuk. Itu menandakan mangga ini sudah matang dan siap untuk disantap.

Mangga Golek India

Mungkin di daerah kalian namanya bukan mangga golek India,ada yang menyebutnya mangga golok karena bentuk buah mangganya yang lonjong agak panjang. Jika sudah matang, mangga ini memiliki warna kulit kuning kemerahan yang didominasi dengan warna kuning.

Mangga ini mungkin bukan tergolong mangga besar tetapi untuk bobot mangga golek India ini, pernah ada yang mencapai 1,5 kg, cukup besar untuk dimakan sendiri.

Mangga Arumanis

mangga arumanis

Mangga jenis ini tergolong mahal harganya sekitar Rp 25.000/kg.Sesuai dengan namanya, mangga ini memiliki rasa yang manis dan bau yang harum. Mangga ini biasanya juga disebut dengan mangga gadung di beberapa daerah.

Bentuknya hampir sama seperti mangga manalagi, memiliki warna kulit hijau kemerahan di bagian pangkal buah apabila sudah matang. Mangga ini juga memiliki tekstur daging yang lembut dan padat sehingga cocok dikonsumsi bersama keluarga.

Baca juga: Tips Menanam dan Merawat Tabulampot

Mangga Alpukat

 

Meskipun namanya mangga alpukat, bukan berarti mangga ini memiliki rasa yang sama seperti alpukat ya. Namun, cara penyajian mangga ini yang sama seperti alpukat yaitu dengan cara dibelah bagian tengahnya lalu dipisahkan antara pelok buah dan daging buah.

mangga alpukat

Untuk bentuknya pun, bisa dikatakan hampir sama, meskipun untuk rasanya tetap rasa mangga.

Mangga Falan

Mangga falan bukan mangga asli Indonesia, melainkan mangga yang berasal dari Thailand. Meski begitu, mangga ini mudah ditemukan di Indonesia. Hampir di setiap daerah ada mangga jenis ini.

Jenis mangga ini memiliki rasa manis mangga dan tekstur yang renyah. Kulit mangga ini berwarna hijau tua dan memiliki bentuk agak runcing seperti mangga golek India.

Mangga Madu Anggur

Mangga ini banyak tumbuh di daerah dataran rendah. Mungkin untuk kalian yang tinggal di dataran tinggi masih asing dengan nama mangga ini. Mangga ini memiliki bentuk yang hampir sama seperti mangga apel namun mangga ini agak lonjong sedikit. Di bagian kulitnya, ada bintik-bintik hitam semacam sengatan hama buah.

mangga madu anggur

Mangga yang satu ini memiliki rasa yang manis dan daging buah yang tebal sehingga cocok dimakan ramai-ramai bersama keluarga.

Mangga Cengkir

Mangga cengkir berasal dari Kota Indramayu. Mangga ini memiliki ukuran yang besar dan memiliki bentuk yang hampir sama seperti mangga gendong gincu.

Mangga ini memiliki rasa yang tak kalah manis dibandingkan dengan mangga yang lain. Bahkan, ada yang mengatakan mangga yang satu ini merupakan mangga termanis yang ada di Indramayu. Mangga ini memiliki warna kulit hijau kemerahan yang didominasi dengan warna merah di bagian pangkal buah. Selain rasa yang manis, mangga ini juga memiliki daging yang tebal.


Jika kalian semua ingin menanam mangga, alangkah baiknya kalian melihat jenis-jenis mangga yang ada di atas. Pilih mangga mana yang akan kalian tanam di halaman rumah karena semakin unik mangga yang kalian tanam, akan menjadikan kalian orang yang berbeda dibandingkan dengan yang lain.

Jenis-jenis mangga di atas cocok kalian budidayakan di daerah tropis di Indonesia. Jika di daerah panas, alangkah baiknya kalian rajin menyiraminya agar tanaman mangga bisa tumbuh dengan baik.

Klik & Baca: Wajib Tahu! 6 Komoditas Pertanian yang Laris di Pasar Internasional

Penulis: Ahmad Masruchi Anwar

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.