Tanaman Hias Dengan Kopi Di Rumah, Mengapa Tidak?

Memiliki tanaman kopi sendiri dengan merawat dan menanam kopi di rumah, bisa jadi merupakan impian tiap penikmat kopi. Hanya saja tanaman kopi adalah tanaman yang bisa tumbuh tinggi, sehingga harus ditanam di luar rumah.

Namun, ternyata tanaman kopi bisa dijadikan sebagai tanaman hias di sudut rumah dengan nutrisi dan sinar matahari yang cukup lho.

Menanam tanaman kopi di rumah sendiri sangat bermanfaat, untuk tanaman kopi yang tumbuh di dalam rumah cukuplah dengan perawatan yang sederhana dan santai. Karena, tanaman kopi termasuk salah satu tanaman yang cukup kuat dan tidak perlu merasa takut jika tidak mengerti perihal berkebun.

Penasaran caranya berkebun tanaman hias dengan tanaman kopi? Yuk dibaca ulasan artikelnya dibawah ya.

  • Tumbuhkan Kecambah

Untuk bibitnya, Anda dapat membeli bibit tanaman kopi di toko penyedia bibit kopi. Umumnya bibit kopi berukuran 10-15cm, sudah memiliki daun dan ditanam di polibag, jadi sangat mudah untuk dipindahkan ke pot untuk di rumah.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Kopi

  • Pemindahan Media Tanam

Setelah bibit kopi dipindahkan ke pot kecil, letakkan di ruangan yang bukan terkena cahaya matahari langsung. Agar tanah tetap terjaga kelembabannya, berikan air pada tanaman kopi secukupnya. Pastikan air di dalam pot cukup untuk nutrisi tanaman kopi jangan sampai tanah tenggelam dengan air.

Jika tanaman kopi sudah dirasa tumbuh tinggi dan pot tidak sesuai lagi, baiknya pindahkan ke halaman rumah agar akar dari tanaman kopi lebih leluasa menerima nutrisi dari tanah di pot.

Baca Juga : Ternyata Kopi Bisa Digunakan Sebagai Pewarna Rambut Alami

  • Perawatan Cukup

Perawatan yang diberikan cukup mudah. Kamu tinggal memberikan perawatan dan penyiraman air yang cukup, serta ruangan yang tepat. Dengan demikian, tanaman kopi bisa tumbuh stabil. Beberapa kopi bisa tumbuh hingga 2 meter dalam kurun waktu 3 hingga 5 tahun.

Maka, tanaman kopi hanya bisa menjadi tanaman hias tergantung dari seberapa tinggi dia tumbuh, jika dirasa sudah terlalu tinggi untuk menghiasi rumah, pindahkan ke halaman rumah.

Nah bagaimana? Tertarik untuk mencobanya sobat PTD?


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.