Mengintip Keuntungan Melakukan Vertical Garden

Vertical garden adalah istilah untuk menanam dengan cara bertingkat, dengan maksud agar luas lahan yang dapat ditanam bertambah. Vertical Garden dapat dilakukan dengan banyak cara kreatif, misalnya memanfaatkan sistem aquaponic , menggantungkan pot-pot tanaman bahkan menempelkan botol-botol bekas pada dinding-dinding pagar atau rumah.

Sistem tanam ini sangat cocok banget diterapkan didaerah perkotaan yang lahan untuk berkebunnya semakin sempit. Lalu, apa saja sih keuntungan lainnya dari vertical garden? Yuk mari kita simak..

  • Suasana Lebih Sejuk dan Hijau

Terbayang gak, setelah seharian lelah bekerja dan di perjalanan penuh dengan kebisingan, debu dan hal-hal yang menambah tingkat stress lainnya, kemudian sesampainya dirumah disambut pemandangan yang hijau dan udara yang sejuk layaknya pegunungan ?

Yup.. hal itu bisa dilakukan kalau pekarangan rumah dimanfaatkan untuk bercocok tanam dengan cara vertical garden. Pekarangan yang tadinya kosong akan menjadi tempat bercocok tanam yang santai untuk menghilangkan kepenatan hidup di perkotaan.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi diri sendiri maupun keluarga yang menempati lingkungan tersebut. Hal ini juga didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa alam bisa merangsang pelepasan senyawa dopamine di otak yang membuat kita merasa lebih bahagia, atau dengan kata lain mendekatkan diri ke lingkungan yang lebih sejuk dan hijau dapat menurunkan tingkat stres

  • Konsumsi Sayur Lebih Segar

Petik langsung pasti lebih segar dibandingkan dengan membeli di pasar. Sayuran yang lebih segar pasti akan terasa lebih enak dan gurih. Selain dari perolehan sayur lebih segar, kita juga dapat mengkondisikan bahan pendukung tumbuh sayuran tersebut.

Misalnya, kita dapat menghindari penggunaan pestisida atau pupuk kimia yang dapat meninggalkan residu yang buruk untuk kesehatan tubuh. Artinya, kita bisa menggunakan bahan-bahan organik yang lebih sehat.

                                                                        Sumber : IDN Times

  • Biaya Produksi Rendah

Peralatan kebun untuk vertical garden dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga, biaya berkebun akan lebih murah dibandingkan dengan pembelian kebutuhan sayuran. Nah, hal ini dapat menguntungkan buat keuangan keluarga dan menambah tabungan keluarga.

                                                                        Sumber : IDN Times

  • Lahan Pekarangan Menjadi Lebih Bermanfaat

Lahan pekarangan yang tadinya kosong dan tidak menghasilkan menjadi berisi, menambah keasrian serta mengurangi biaya keluar untuk memenuhi kebutuhan dapur. Sungguh menarik bukan?

Nah, itu dia keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari vertical garden guys. Sepertinya, tidak sulit ya.. akhir kata penulis mengucapkan selamat mencoba.

Penulis : Thomas Junanta Ginting

 

One thought on “Mengintip Keuntungan Melakukan Vertical Garden

  1. VERTICAL GARDEN INDONESIA Kini Hadir untuk anda yang sedang mencari jasa pembuatan VERTICAL GARDEN/GREEN WALL dengan harga pembuatan vertical garden yang sangat relatife terjangkau ( Murah ) dengan kualitas pengerjaan vertical garden terbaik dan telah menggunkan system penyiraman secara otomatis, dan selalu di tangani oleh tenaga pekerja yang sangat professional di bidang pertamanan, Percayakan kepada kami ahlinya jasa perancangan dan pembuatan vertical garden,

    Bagi anda yang belum tahu apa itu vertical garden, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai vertical garden, Vertical Garden atau yang biasa disebut taman vertical adalah salah satu jenis atau desain konsep taman hanya saja taman ini memiliki perbedaan tersendiri dibandingkan dengan taman pada umum nya, Jika taman pada umumnya dibuat secara horizontal ( Lurus Ke bawah ) maka tidak pada taman vertical, taman ini dibuat secara vertical ( Lurus keatas )

    Lahan yang terbatas tidak menjadi penghalang bagi Anda untuk menghadirkan taman yang asri ke tengah-tengah rumah. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat taman vertikal atau yang sering disebut taman vertical, Model taman vertical ini menjadi primadona masyarakat Indonesia khususnya di perkotaan, Desain taman hias vertical ini dapat dibuat sederhana dengan menggunakan tanaman dalam pot yang dibuat ke atas atau menggunakan tanaman rambat di bagian dinding rumah,

    Berikut Ini Area Layanan Jasa Pembuatan Vertical Garden Kami Yang Meliputi:

    Jakarta Pusat: Senen, Cempaka Putih, Tanah Abang, Gambir, Menteng, Kemayoran, Sawah Besar, Johar Baru dan sekitarnya.

    Jakarta Timur: Ciracas, Cibubur, Cipayung, Matraman, Jatinegara, Duren Sawit, Kramat Jati, Makasar, Pasar Rebo, Cakung, Pulo Gadung dan sekitarnya.

    Jakarta Barat: Grogol Petamburan, Kebon Jeruk, Palmerah, Kembangan, Taman Sari, Tambora, Kalideres, Cengkareng dan sekitarnya.

    Jakarta Selatan: Kebagusan, Jagakarsa, Pasar Minggu, Cilandak, Pancoran, Setiabudi, Tebet, Mampang Prapatan, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Pesanggrahan dan sekitarnya.

    Jakarta Utara: Kelapa Gading, Tanjung Priok, Koja, Cilincing, Pademangan, Penjaringan dan sekitarnya.

    Wilayah Bogor Kota, meliputi:

    Bubulak, Cilendek, Curug, Gunungbatu, Loji, Pasirkuda, Semplak, Sindang barang, Batu tulis, Bondongan, Cikaret, Cipaku, Empang, Lawang gintung, Pakuan, Rancamaya, Babakan, Ciwaringin, Pabaton, Paledang, Sempur, Tegallega, Baranangsiang, Katulampa , Sindang sari, Sukasari, Tajur, Bantar Jati, Cibuluh, Ciluar, Cimahpar, Ciparigi, Kedung halang, Tanah baru, Tegal gundil, Tanah Sareal, Cibadak, Kayumanis, Kebonpedes, Kedungbadak, Kedungwaringin, Tanah sareal dan sekitarnya.

    Wilayah Kabupaten Bogor, meliputi:

    Cibinong, Citeureup, Babakan Madang, Cileungsi, Jonggol, Cariu, Gunung Putri, Cilebut, Bojonggede, Kemang, Parung, Tajurhalang, Ciseeng, Sawangan, Gunung Sindur, Tajur, Ciawi, Cisarua, Megamendung, Dramaga, Ciampea, Leuwiliang, Casing , Ciomas, Bubulak, Ciapus, Tamansari, Pamijahan, Cijeruk, Caringin, Cigombong dan sekitarnya.

    Wilayah Kota Depok, Meliputi:

    Depok Timur, Depok Tengah, Depok Lama, Cisalak, Margonda, Pondok Cina, Beji, Pancoran Mas, Cipayung, Sukmajaya, Cilodong, Limo, Cinere, Cimanggis, Tapos, Sawangan, Bojongsari, Mekarsari, Sukatani, Cinangka, Cipayung, Gandul, Pengasinan dan sekitarnya.

    Wilayah Tangerang, Meliputi:

    Ciputat, Pamulang, BSD, Serpong, gading serpong, Pondok Aren, Curug, Cikupa, Tigaraksa, Kosambi dan sekitarnya.

    Wilayah Bekasi, Meliputi:

    Bekasi Barat, Bekasi Selatan, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Bantar Gebang, Jati Asih, Jati sampurna, Medan Satria, Mustika Jaya, Pondok Gede, Pondok Melati, Rawalumbu, Cibitung, Cikarang, warung Kedung, Tambun dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.