Mengintip Keuntungan Melakukan Vertical Garden

Vertical garden adalah istilah untuk menanam dengan cara bertingkat, dengan maksud agar luas lahan yang dapat ditanam bertambah. Vertical Garden dapat dilakukan dengan banyak cara kreatif, misalnya memanfaatkan sistem aquaponic , menggantungkan pot-pot tanaman bahkan menempelkan botol-botol bekas pada dinding-dinding pagar atau rumah.

Sistem tanam ini sangat cocok banget diterapkan didaerah perkotaan yang lahan untuk berkebunnya semakin sempit. Lalu, apa saja sih keuntungan lainnya dari vertical garden? Yuk mari kita simak..

  • Suasana Lebih Sejuk dan Hijau

Terbayang gak, setelah seharian lelah bekerja dan di perjalanan penuh dengan kebisingan, debu dan hal-hal yang menambah tingkat stress lainnya, kemudian sesampainya dirumah disambut pemandangan yang hijau dan udara yang sejuk layaknya pegunungan ?

Yup.. hal itu bisa dilakukan kalau pekarangan rumah dimanfaatkan untuk bercocok tanam dengan cara vertical garden. Pekarangan yang tadinya kosong akan menjadi tempat bercocok tanam yang santai untuk menghilangkan kepenatan hidup di perkotaan.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi diri sendiri maupun keluarga yang menempati lingkungan tersebut. Hal ini juga didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa alam bisa merangsang pelepasan senyawa dopamine di otak yang membuat kita merasa lebih bahagia, atau dengan kata lain mendekatkan diri ke lingkungan yang lebih sejuk dan hijau dapat menurunkan tingkat stres

  • Konsumsi Sayur Lebih Segar

Petik langsung pasti lebih segar dibandingkan dengan membeli di pasar. Sayuran yang lebih segar pasti akan terasa lebih enak dan gurih. Selain dari perolehan sayur lebih segar, kita juga dapat mengkondisikan bahan pendukung tumbuh sayuran tersebut.

Misalnya, kita dapat menghindari penggunaan pestisida atau pupuk kimia yang dapat meninggalkan residu yang buruk untuk kesehatan tubuh. Artinya, kita bisa menggunakan bahan-bahan organik yang lebih sehat.

                                                                        Sumber : IDN Times

  • Biaya Produksi Rendah

Peralatan kebun untuk vertical garden dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sehingga, biaya berkebun akan lebih murah dibandingkan dengan pembelian kebutuhan sayuran. Nah, hal ini dapat menguntungkan buat keuangan keluarga dan menambah tabungan keluarga.

                                                                        Sumber : IDN Times

  • Lahan Pekarangan Menjadi Lebih Bermanfaat

Lahan pekarangan yang tadinya kosong dan tidak menghasilkan menjadi berisi, menambah keasrian serta mengurangi biaya keluar untuk memenuhi kebutuhan dapur. Sungguh menarik bukan?

Nah, itu dia keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari vertical garden guys. Sepertinya, tidak sulit ya.. akhir kata penulis mengucapkan selamat mencoba.

Penulis : Thomas Junanta Ginting

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.