Ragam Fungsi Pertanian Modern Jangka Panjang Bagi Indonesia

Dahulu, sebelum mengenal pertanian modern, para petani kurang mengenal bagaimana proses pembibitan yang baik. Sekarang, pertanian modern sudah banyak sekali dilakukan tetapi terutama di wilayah-wilayah yang sudah tersentuh oleh teknologi. Pertanian modern memiliki bentuk dan metode bervariatif, di antaranya penggunaan alat untuk mempermudah proses bertanam, penggunaan bahan kimia, dan berbagai penelitian terhadap beberapa bibit yang bisa diunggulkan dalam proses pertanian.

Penggunaan bahan kimia sudah mulai banyak dilakukan tetapi dampaknya haruslah dipikirkan karena tidak boleh dilakukan secara berkepanjangan, khawatir akan merusak lingkungan. Oleh karena itu, para petani haruslah pintar dalam memilih dan memulai pertanian modern yang berdampak positif bagi lingkungan tanpa merugikan pihak manapun.

Fungsi Pertanian Modern

Adapun beberapa fungsi pertanian modern bagi Indonesia yaitu sebagai berikut.

  1. Munculnya kepercayaan diri Indonesia mengenai modernitas pertanian yang bisa membuktikan dimata dunia bahwa Indonesia mampu memiliki daya saing di bidang pertanian
  2. Mempermudah para petani dalam memperoleh hasil pertanian unggul
  3. Lebih menambah wawasan mengenai pola tanam secara alami. Ingat,modern bukan berarti harus menggunakan yang serba mahal tetapi lebih berinovasi untuk memperoleh bibit kompos dari bahan bahan yang ada.
  4. Meringankan kinerja para petani

Baca juga: 5 Manfaat Teknologi Drone Untuk Sektor Pertanian

Traktor yang digunakan Petani

Dampak Positif

Dampak positif yang bisa dirasakan langsung oleh Indonesia yaitu:

  1. Tingginya nilai ekspor yang dilakukan di Indonesia dengan menggunakan pertanian modern. Sudah pasti hasil yang didapatkan sangatlah berkualitas sehingga bisa mengirim hasil produksi ke negara lain.
  2. Sudah pasti banyak sekali penyuluhan-penyuluhan yang dilakukan untuk para petani guna mengembangkan dan lebih banyak mengaplikasikan pertanian modern di Indonesia
  3. Menggabungkan beberapa konsep yang sudah ada dengan berbagai inovasi baru
  4. Selain itu,dengan adanya pertanian modern, sudah banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, membuat beberapa kegiatan berkala yang berkaitan dengan pertanian
  5. Bisa memproduksi berbagai variasi tanaman dan meningkatkan taraf hidup pertanian

Solusi

Adapun beberapa pilihan solusi yang digunakan oleh pertanian modern adalah sebagai berikut.

  1. Menerapkan bahan terintegrasi dengan menggunakan bahan alami (tanpa bahan kimia) dan pupuk organik yang ramah lingkungan yangbisa langsung diciptakan oleh petani. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai pestisida sehingga tidak merusak lingkungan bahkan tumbuhan itu sendiri.
  2. Pertanian hidroponik, kegiatan ini dilakukan dengan membudidayakan tanamantanpa memerlukan tanah sebagai unsur dalam bertanam. Biasanya air dicampurkan dengan nutrisi sehingga dengan penanaman ini, tidak memerlukan lahan yang luas.
  3. Pertanian hortikultura,kegiatan ini menanam jenis-jenis tanaman sehingga hasil panen dapat bervariasi, mulai dari pembibitan hingga produksinya.

Selain itu, ada beberapa contoh mesin teknologi modern yang sudah banyak disebarluaskan oleh pemerintah guna mempermudah para petani, diantaranya:

  1. Mesin Pemanen Padi Indo Combine Harvester memiliki cara kerja super cepat 3-6 hektar.

    Mesin Pemanen Padi Indo Combine Harvester
    Foto: pertanian.go.id
  2. Alat Penanaman Padi Jarwo Transplanter, sangat direkomendasikan oleh Litbang Kementerian Pertanian yang meningkatkan penanaman padi hingga 30 persen.

    Jarwo Transplanter
    Foto: bebeja.com

Diharapkan dengan adanya pertanian modern, para petani bisa lebih terbuka untuk membuat hasil olah tanamannya berkualitas. Yang harus diingat, pertanian modern bukan berarti menggunakan peralatan dengan harga yang mahal tetapi mengubah pola tanam dari manual, hasil yang kurang maksimal, menjadi hasil yang lebih baik.

Jadi, sudah siapkah kamu sebagai generasi muda memajukan pertanian Indonesia?

Baca juga: Pentingnya Edukasi Sistem Pola Tanam Bagi Petani

Penulis: Rina Romadona

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital belum? Silahkan klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.