10 Manfaat Kesehatan dari Beras Hitam

Beras hitam mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut sejarah, beras ini menjadi makanan hanya untuk para raja dan keluarganya. Sehingga beras ini biasa disebut beras terlarang bagi untuk rakyat jelata.

beras hitam

Sumber: https://independensi.com/2018/01/08/8-manfaat-beras-hitam-untuk-kesehatan

Meskipun penggunaan beras ini tidak seluas beras lainnya, namun ada beragam manfaat beras hitam yang baik untuk kesehatan. Bahkan berdasarkan bukti medis serta profil gizi, beras hitam menjadi biji gandum tersehat di dunia.

10 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

Beras hitam memberikan gizi yang baik untuk tubuh, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Pada dasarnya, beras hitam merupakan sekumpulan jenis beras yang berasal dari spesies Oryza sativa L. Misalnya beras ketan.  Beras ini mempunyai tekstur yang lengket, rasa gurih seperti kacang, serta teksturnya lebih padat dibandingkan beras putih.

manfaat beras hitam

Sumber: http://puan.co/2017/09/beras-hitam-superfood-yang-terlarang/

Berikut ini merupakan 10 manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Beras hitam memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta mengurangi kolesterol total dan kolesterol LDL. Di mana beras ini mampu mengatasi tekanan darah tinggi serta menurunkan pembentukan plak aterosklerotik pada pembuluh darah jantung.

2. Mencegah Kanker

Beras hitam memiliki kandungan tinggi akan antosianin, di mana kandungan tersebut merupakan antioksidan yang kuat. Seperti yang sudah diketahui bahwa zat antioksidan sangat penting dan bermanfaat untuk mencegah kanker.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Beras hitam mempunyai kandungan antocyanin yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak seperti, ketajaman memori, mencegah stres oksidatif, meningkatkan fungsi kognitif otak, serta mencegah penyakit peradangan otak.

4. Menurunkan Berat Badan

Beras hitam menjadi referensi menu yang baik untuk menurunkan berat badan atau menjalankan program diet sehat. Pasalnya tekstur padat pada beras ini memiliki kandungan serat yang lebih banyak dan rendah kalori.

5. Mencegah Diabetes

Kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih, membuat manfaat beras hitam untuk menstabilkan gula darah. Pasalnya dengan mengkonsumsi beras hitam, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan. Hal tersebut membuat Anda lebih aman dari resiko penyakit diabetes.

6. Untuk Detoks Hati

Hati merupakan organ tubuh penting manusia yang harus dijaga, dimana hati berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh. Mengkonsumsi beras hitam dapat membantu organ hati untuk menghilangkan zat beracun secara signifikan. Selain itu, beras ini mampu mengurangi stress oksidatif dan meningkatkan setiap fungsi jaringan.

7. Kaya Vitamin serta Mineral

Beras hitam memiliki kandungan yang kaya akan vitamin serta mineral penting, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin E, zinc, fosfor dan magnesium. Dimana vitamin tersebut membantu tubuh untuk melepaskan energi sedangkan kandungan mineral meningkatkan imun tubuh dan fosfor meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

8. Tinggi Protein

Beras hitam memiliki kandungan karbohidrat yang lebih sedikit dibandingkan dengan beras merah. Namun beras ini mempunyai kandungan protein serta serat yang lebih banyak. Sehingga, kebutuhan tubuh akan protein harian dapat terpenuhi dengan baik.

9. Anti Aging

Anti aging atau anti penuaan merupakan salah satu manfaat beras hitam untuk menjaga kulit, agar terlihat bugar serta awet muda. Karena beras hitam mempunyai kandungan antioksidan yang mampu memperbaiki sel tubuh rusak.

10. Mengatasi Anemia

Anemia atau kekurangan darah merah perlu diatasi dengan makanan yang mengandung zat besi tinggi. Karena zat besi adalah unsur penting untuk membentuk darah atau hemoglobin. Beras hitam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, yakni sekitar 15,52 ppm. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit anemia.

Baca juga: Petani Ciptakan Beras Sehat Ramah Lingkungan

Itulah 10 manfaat beras hitam yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi:

alamtani.com/beras-hitam

hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/10-manfaat-kesehatan-beras-hitam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.