kelinci

Apakah saat ini anda sedang beternak kelinci? Ternak yang satu ini merupakan hewan herbivora yang menyukai jenis hijauan, biji – bijian, dan lain lain sebagai makanannya. Namun anda pun perlu berhati – hati dalam menentukan jenis bahan pakan terbaik untuk ternak kelinci anda karena beberapa pakan tidak sesuai ternak kelinci.

Pakan bagi ternak kelinci berfungsi sebagai sumber energi, protein, vitamin dan mineral guna proses metabolism tubuh. Nah untuk mengetahui jenis – jenis pakan yang baik untuk ternak kelinci anda, berikut ini kami sertakan 7 pakan terbaik bagi ternak kelinci anda beserta cara dalam memberikannya.

kelinci

Sumber: kelincipedia.com

Pakan Air Susu Induk (ASI)

ASI (Air Susu Induk) merupakan makanan terbaik dengan kandungan gizi yang lengkap khususnya bagi anakan kelinci. Air susu tersebut paling penting utamanya yang mengandung kolostrum saat setelah induk melahirkan yang berguna sebagai system pertahanan awal tubuh anakan kelinci.

Dibandingkan dengan air susu sapi, air susu indukan kelinci mengandung bahan kering lebih banyak 2 kali lipat, kandungan lemak dan protein empat kali lebih besar, mineral tiga kali lebih tinggi sedangkan kandungan laktosanya cuman 1/6 dari susu sapi.

BACA JUGA: Ini Dia Jenis dan Panduan Beternak Kelinci Anggora
Hijauan

Pakan hijauan untuk beternak kelinci meliputi: daun kacang panjang, daun lamtoro, daun turi, daun indigofera, daun ubi jalar, daun kembang sepatu, daun papaya, daun jakung. Adapun limbah pertanian yang dapat diberikan seperti sawi, wortel, selada, bayam, dan kol.

Pemberiannya dilakukan dengan cara memberikan hijauan dengan cara melayukan terlebih dahulu. Proses pelayuan dapat dilayukan dengan cara diangin – anginkan, hal ini dilakukan sehingga kadar air dalam hijaun berkurang.

Bila anda memberikan dalam bentuk segar maka dapat membuat perut kelinci anda menjadi kembung, menyebabkan diare, timbul gatal – gatal bahkan scabies, urinnya menyengat dan parahnya bisa sampai mengakibatkan kematian akibat keracunan.

Jerami Kering

Jerami kering dapat menjadi salah satu alternatif bagi ternak anda untuk mencegah gigi kelinci anda tumbuh lebih cepat karena mengandung serat kasar yang lebih banyak. Namun pemberian jerami tidak memberikan nutrisi bagi ternak anda. Ada baiknya anda memberikannya sebagai camilan yang digigit saja.

kelinci

Sumber: starfarm.co.id

Biji – Bijian dan Serealia

Pakan dalam bentuk biji- bijian dan serelia baik untuk ternak kelinci anda karena mengandung sumber energi dan protein yang dibutuhkan tubuh. Beberapa bahan pakan biji – bijian dan serealia yang baik untuk kelinci meliputi: gandum, padi, kacang tanah, kacang tanah, dan kedelai. Namun bahan – bahan tersebut bersaing dengan kebutuhan manusia sehingga harganya cukup mahal.

Untuk mengakalinya anda bisa memberikan pengganti seperti dedak, bekatul, bungkil kedelai, bungkil kelapa, ampas kelapa, ampas tahu, dan lain – lain. Pemberian bahan pakan ini sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu kemudian diberikan pada ternak kelinci sebanyak 150 – 250 gram untuk satu ekor perhari.

BACA JUGA: Ternak Kelinci Bagi Pemula dengan Tips yang Mudah
Konsentrat

Pakan lainnya yang mengandung protein yang cukup tinggi ialah konsentrat. Pemberian pakan konsentrat baik bagi pertumbuhan kelinci namun bermasalah dari segi harga sehingga ada baiknya dijadikan pakan tambahan untuk hijauan. Pakan konsentrat biasanya berbentuk pakan pabrikan yang berbentuk butiran atau pellet.

Pemberiannya dapat diberikan dengan mencampurkanya dengan bahan hijauan pakan atau memberikannya secara terpisah karena kandungan nutrisinya yang sebenarnya sudah lengkap.

Umbi – Umbian

Pemberian pakan berupa umbi – umbian pada kelinci anda juga sangat baik sebagai sumber energi. Pakan umbi – umbian yang bagus bagi ternak kelinci ialah talas, ubi jalar, singkong, dan lain – lain. Pemberiannya dapat diberikan sebagai pakan tambahan karena kebutuhan umbi yang bersaing dengan manusia.

Hay

Pakan lainnya yang dapat diberikan pada ternak kelinci ialah rumput yang sedang berbunga yang kemudian diawetkan dengan cara dikeringkan sehingga kandungan nutrisinya tetap bertahan. Adapun jenis – jenis rumput yang bagus untuk diawetkan sebagai hay ialah: batang tebu, rumput lapang, daun turi, rumput gajah, pucuk tebu dan kacang – kacangan.

Apmas tebu yang telah difermentasi dengan molases selama 24 jam akan memberikan rasa yang manis sehingga baik diberikan pada ternak. Apabila ternak kelinci anda mengalami diare maka sangat disarankan untuk mengganti hijauan dengan hijauan hay yang telah diawetkan. Cara pemberiannya sama seperti pemberian hijauan pakan ternak.

BACA JUGA: 5 Langkah Mudah Ternak Marmut Sampai Perawatannya

Itulah jenis – jenis pakan yang dapat anda berikan pada ternak kelinci anda, semoga bermanfaat.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru lainnya? Langsung saja klik di sini.

Gambar utama: Pixabay.com


REFERENSI

Anonim. 2019. 7 Pakan Kelinci Terbaik dan Cara Pemberiannya. Diakses dari: https://pakanternak.fapet.ugm.ac.id/2019/01/11/7-pakan-kelinci-terbaik-dan-cara-pemberiannya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.