Tertarik untuk melakukan ternak marmut? di artikel berikut ini PTD akan membagikan 5 langkah mudah beserta perawatannya.

Marmut adalah salah satu hewan yang sering dipelihara karena sangat lucu dan menggemaskan. Selain itu, daging marmut layaknya seperti daging kelinci yang dapat dikonsumsi. Hal tersebut membuat banyak orang tertarik untuk ternak marmut.

Ternak marmut sendiri menjadi ladang bisnis yang menguntungkan, karena hasil panen marmut dapat dijual ke berbagai restoran yang menyajikan sate marmut.

Untuk memelihara marmut bukanlah hal yang sulit, namun Anda perlu mengetahui langkahnya beserta cara merawat marmut yang baik.

5 Langkah Mudah Ternak Marmut

Berikut ini merupakan ternak marmut beserta perawatannya yang bisa Anda lakukan dengan mudah, diantaranya adalah:

Baca Juga: Ternak Kelinci Bagi Pemula dengan Tips yang Mudah

Menyiapkan Kandang Marmut

Langkah pertama, Anda perlu menyiapkan kandang marmut yang baik, serta tidak mengganggu pertumbuhan marmut.

Buatlah kandang dengan ukuran yang cukup luas dan sesuai dengan banyaknya marmut yang dipelihara. Buatlah tempat untuk makan, minum, dan pembuangan kotoran marmut dengan rapi di dalam kandang.

Agar marmut cepat berkembang dengan baik, Anda harus menyimpan marmut di tempat yang nyaman. Karena marmut memiliki ketakutan pada hewan predator yang menyebabkan marmut menjadi stres bahkan kematian.

Hewan marmut juga seperti hamster yang gemar bermain. Sehingga Anda bisa memberikan beberapa mainan dalam kandang, agar marmut tidak stress.

kandang marmutt
gushaironfadli.wordpress.com

 

Menyiapkan Bibit Marmut

Untuk mendapatkan berbagai bibit marmut, Anda perlu membelinya terlebih dahulu di toko peternak hewan.

Anda cukup membeli satu indukan marmut jantan untuk setiap 5 ekor betina. Pemilihan bibit marmut harus baik, pilihlah bibit yang sehat, dan aktif agar menghasilkan marmut yang berkualitas.

Untuk membedakan jenis kelamin marmut jantan serta betina, yakni dengan melihat ukuran tubuhnya. Marmut jantan memiliki ukuran yang lebih besar, khususnya bagian kepala.

Selain itu, Anda juga bisa memencet lubang anusnya. Bila yang keluar penis, maka itu marmut jantan. Jika tidak keluar apapun, maka itu marmut betina.

Memberikan Pakan Marmut

Anda perlu memberikan makanan marmut biar cepat gemuk. Makanannya pun sangat mudah didapatkan, misalnya rumput, dedaunan, biji-bijian, buah-buahan, serta umbi-umbian.

Marmut merupakan hewan yang memiliki tingkat nafsu makan tinggi, sehingga Anda bisa memberikan pakan pada marmut untuk sepanjang hari.

Pakan yang diberikan pada waktu sore hari lebih banyak. Jangan lupa untuk memberikannya air minum dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

Baca Juga: Ini Dia Jenis dan Panduan Beternak Kelinci Anggora

Pemijahan Marmut

Anda tidak perlu mempelajari cara mengawinkan marmut yang benar. Karena pemijahan marmut dilakukan sendiri secara alamiah.

Setelah pemijahan, marmut betina akan hamil dengan waktu yang sangat singkat, yaitu hanya 2 bulan. Setiap kali hamil marmut akan melahirkan sekitar 2-3 anak marmut. Sehinggan dalam masa 1 tahun Anda bisa mendapatkan marmut dalam jumlah yang banyak.

Anak marmut tersebut akan langsung berjalan, sekitar beberapa jam setelah dilahirkan. Sehingga, Anda perlu membuat rumah kecil untuk anak marmut agar tidak pergi kemana-mana.

ternak-marmut
arenahewan.com

Perawatan dan Pemeliharaan Marmut

Perawatan marmut dilakukan dengan menjaga kebersihan kandang dan marmut agar tidak kotor. Bersihkan kandang tersebut dari sisa makanan marmut serta kotoran yang menumpuk.

Anda juga perlu memandikan marmut yang terlihat kotor. Hal tersebut guna mencegah kedatangan penyakit yang menyebabkan marmut mati. Setelah pemandian, langsung menjemur marmut agar cepat kering.

Lakukan perawatan serta pemeliharaan marmut hingga proses pemasaran. Dimana Anda bisa menjual marmut untuk dipelihara kembali di rumah, maupun diambil dagingnya.

Karena, banyak restoran yang membutuhkan pengusaha marmut untuk membeli daging marmut.


Itulah 5 langkah mudah ternak marmut beserta perawatannya yang bisa Anda coba lakukan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ingin Ternak Burung Lovebird Koloni? Ikuti 5 Tips Ini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-marmut-di-rumah
  • http://panduanbeternak.com/cara-ternak-marmut-di-rumah-dengan-mudah/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.