20 Jenis Tanaman Obat dan Beragam Manfaatnya

Mau tau informasi menngenai tanaman obat dan manfaatnya? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Jenis Tanaman Obat dan Manfaatnya

Bercocok tanam merupakan hal yang menyenangkan, bisa menanam apa saja, salah satunya adalah jenis tanaman obat. Tanaman ini sendiri memiliki berbagai jenis dengan manfaat yang berbeda-beda.

Tanaman ini memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menyembuhkan penyakit.

Ada berbagai jenis tanaman obat yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah maupun lahan yang luas.

Tanaman obat alami tentu lebih baik dibandingkan dengan obat-obat kimia. Berikut ini merupakan 20 jenis tanaman obat dengan berbagai manfaatnya, diantaranya adalah :

Adas

Adas merupakan tanaman yang tumbuh seperti rumpun setinggi 50-200 cm. Tanaman ini memiliki mahkota berwarna kuning pada ujung batangnya.

Tanaman obat yang satu ini juga memiliki manfaat untuk mengatasi rasa sakit ketika menstruasi dan memberikan cita rasa enak pada masakan.

Alpukat

Alpukat merupakan tanaman buah yang juga memiliki khasiat sebagai obat-obatan, mulai dari daunnya, daging, serta bijinya.

Manfaat yang bisa anda dapatkan dari tanaman ini ialah untuk mengatasi gigi berlubang, nyeri lambung, wajah kering, sakit saraf, obat sakit kepala, kencing manis, sariawan, darah tinggi, dan lain sebagainya.

Alang-Alang

Tanaman Alang-alang merupakan tanaman liar yang hanya dianggap pengganggu bagi tumbuhan lainnya.

Namun, tanaman ini ternyata memiliki beragam manfaat untuk tubuh, seperti meluruhkan kencing, menurunkan darah tinggi, piretik, serta mengatasi demam.

Asam Jawa

Asam jawa merupakan tanaman yang sering dijadikan bumbu dapur atau diolah menjadi manisan asam. Kandungan pada tanaman ini ialah kalium, asam malat, asam asetat asam sitrat, dan lainnya untuk mencegah penyakit.

Manfaat tanaman ini yaitu untuk menyembuhkan insomnia, radang payudara, demam, sakit kulit, sariawan, sakit haid, dan lainnya.

Adam Hawa

Adam hawa merupakan salah satu jenis tanaman hias yang juga dijadikan obat untuk tubuh. Permukaan daun adam hawa berwarna hijau keabuan serta berwarna ungu di bawahnya.

Tanaman ini memiliki kandungan senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh seperti Carboxyrnethykellulose,, acetylaminotfluorene, aqueous crude extract, dan lainnya.

Adapun manfaat tanaman ini ialah menyembuhkan disentri, batuk darah, anemia, bronkitis, serta luka-luka.

tanaman obat
sehatazzimut.com

Baca juga: 3 Manfaat Utama Tanaman Saffron Crocus

Angsana

Angsana merupakan tanaman sebagai penghasil kayu terbesar berkualitas tinggi. Tanaman ini memiliki kandungan seperti minyak atsiri, saponin, flavonoida, polifenol, dan sebagainya.

Manfaat tanaman ini ialah mengatasi sariawan, batu ginjal, luka, kencing manis, serta diare.

Awar-Awar

Tanaman awar-awar merupakan tumbuhan obat yang biasanya tumbuh liar di manapun. Tanaman ini memiliki buah yang berbentuk bulat kecil hijau, sekilas mirip buah tin.

Berbagai kandungan yang terdapat pada tanaman ini baik untuk tubuh, seperti mengobati sesak nafas, penyakit kulit, kepala pusing, asma, bisa ular, rematik.

Bangun-Bangun

Tanaman bangun-bangun merupakan tanaman yang mempunyai aroma harum pada daunnya serta batangnya beruas.

Tanaman ini memiliki kandungan minyak atsiri, kalium, zat besi, serta karotenoid. Khasiat tanaman ini ialah sebagai obat karminatif, demam, batuk, sariawan, perut kembung, ayan, dan lainnya.

Bandotan

Bandotan merupakan tanaman yang biasanya tumbuh liar di semak belukar. Dinamakan bandotan karena tanaman ini mempunyai aroma bau kambing (bandot).

Meskipun begitu, kandungan pada tanaman ini sangat bermanfaat sebagai obat sakit perut, sakit tenggorokan, sakit dada, mimisan, radang telinga, keseleo dan lainnya.

Bawang Merah

Tanaman ini biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Kandungan yang terdapat pada bawang merah ialah kalium, vitamin, karbohidrat, dan lain sebagainya.

Adapun manfaat dari bawang merah ialah menjaga tekanan darah, mengatasi sakit tenggorokan, mengatasi penyakit diabetes, menurunkan kolesterol, mengatasi ketombe, dan lainnya.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh atau belimbing sayur merupakan tanaman yang memiliki kandungan seperti kalium sitrat, asam format, falovonoida dan lainnya.

Tanaman ini memiliki manfaat untuk mengatasi pencernaan, batuk, sariawan, sakit gigi, rematik, sakit perut, hipertensi, dan lainnya.

Bayam Duri

Bayam duri merupakan tanaman obat yang memiliki duri di batang (pangkal daun). Kandungan pada tanaman ini yaitu, kalium nitrat, zat besi, amarantin, vitamin dan lainnya.

Tanaman ini berfungsi untuk mencegah sakit jantung, menurunkan haid demam, memperlancar ASI, dan lainny

Bidara

Daun serta buah pada tanaman Bidara bisa diolah menjadi sayur dan minuman.

Kandungan yang dimiliki bidara ialah vitamin A, C, karoten, protein, zat besi, dan lainnya. Manfaat Bidara ialah mengatasi sakit perut, pencernaan, demam, dan lainnya.

Beluntas

Beluntas merupakan jenis tanaman yang biasanya tumbuh secara liar. Tanaman ini memiliki tinggi 1-3 m serta daun hijau bergerigi di tepi. Manfaat beluntas ialah mengatasi bau badan, bau mulut, batuk, pegal, demam, keputihan.

Binahong

Tanaman obat yang satu ini wajib Anda tanam, karena mempunyai manfaat menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman binahong tumbuh secara merambat hingga 10 m, memiliki daun tebal dan berbentuk hati.

Adapun manfaat dari binahong ialah sebagai obat disentri, batuk, darah rendah, ambeien, luka, jerawat, gusi berdarah, penyakit kulit, gatal-gatal, kencing manis, aru-paru, dan lain sebagainya. Tanaman ini juga bisa menjaga stamina tubuh.

Biduri

Biduri merupakan tanaman obat yang biasanya tumbuh dengan liar di sekitar pekarangan rumah. Kandungan pada biduri ialah polifenol, saponin, flavonoida, kalotoksin, dan lainnya.

Manfaat dari tanaman ini ialah sebagai obat sariawan, campak, gatal cacar air, demam dan lainnya.

tanaman obat
pemandanganalam.com

Baca juga: Mengenal Tanaman Buah Gandaria Beserta Cara Budidayanya

Brotowali

Brotowali merupakan tanaman dengan bentuk daun hijau seperti jantung, serta batangnya membelit.

Tanaman ini memiliki manfaat seperti membersihkan luka, mengatasi hepatitis, gula menurun, malaria, rematik, demam, gangguan liver, dan lainnya.

Bitter Berry

Bitter berry merupakan tanaman buah yang sering dijadikan sebagai obat. Bitter berry ini memiliki bentuk bulat kecil dengan warna merah hingga hitam, rasa kecut, dan sedikit pahit.

Manfaat dari bitter berry ialah mengobati pilek, penyakit lambung, demam.

Cengkeh

Cengkeh merupakan tanaman obat yang biasa dijadikan sebagai bumbu masakan. Manfaat dari cengkeh sendiri juga baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Kandungan yang ada pada cengkeh dapat mengobati infeksi pernafasan, batuk, sakit gigi, peradangan.

Cakar Ayam

Cakar ayam merupakan tanaman hias yang unik karena daunnya berbentuk cakar ayam.

Cakar ayam juga merupakan tanaman obat untuk mengobati berbagai penyakit seperti tulang patah, radang paru-paru, batuk, kanker, diare, pendarahan, infeksi pernapasan, dan lainnya.


Itulah informasi mengenai tanaman obta berserta manfaatnya. Smeoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Manfaat Daun Sirih Cina dan Cara Mengonsumsinya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://mitalom.com/250-jenis-tanaman-obat-lengkap-dengan-manfaat-dan-khasiatnya-page-1/
  • https://bibitbunga.com/daftar-tanaman-obat-lengkap-beserta-gambar-dan-khasiatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.