Manfaat Daun Sirih Cina dan Cara Mengonsumsinya

Sudah tahu manfaat daun sirih cina? yuk, lihat ulasannya pada artikel pertanian berikut ini.

Sirih cina merupakan tanaman yang sering dianggap gulma bagi petani. Namun sebenarnya tanaman yang dapat dijadikan obat. Sirih cina mempunyai nama ilmiah Peperomia pellucida, nama lain sirih cina adalah ketumpang air.

Tanaman ini biasanya tumbuh di tempat-tempat yang lembab seperti di pekarangan rumah maupun di sawah dan memiliki tinggi sekitar 15-45 cm.

Paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan sirih cina layu dan mengering. Sirih cina dapat dikembang biakkan secara generatif atau melalui biji.

Konsumsi daun sirih cina biasanya dalam bentuk jus ataupun diolah menjadi lalapan. Batang sirih cina seperti berair seperti sukulen, daunnya tebal namun lunak.

Sirih cina memiliki beberapa sebutan di daerah-daerah di Indonesia, orang Jawa menyebutnya seladan atau suruhan, orang Sunda menyebutnya rangu-rangu dan orang Maluku menyebutnya gofu goroho.

Sirih cina mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti tanin, alkaloid, kalsium oksalat, lemak dan minyak atsiri. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman.

Cara Mengonsumsi Daun Sirih Cina

Tanaman ini memilki khasiat anti-inflammatory, antibiotik dan bersifat analgesik sehingga memiliki manfaat untuk mengobati bisul, abses dan jerawat, mengobati radang kulit, mengobati luka bakar, bengkak, pegal-pegal, gangguan kemih, sakit perut, asam urat, dan lain-lain.

Berikut ini adalah cara mengonsumi sirih cina sebagai obat:

Baca Juga: Penemuan Produk Bahan Alami Pengganti Hand Sanitizer

Resep sirih cina untuk obat bisul, jerawat, abses dan radang kulit

Ambil dua rumpun tanaman segar yang tingginya 7-10 cm, lalu cuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan 300 ml air (sekitar 1,5 gelas) hingga tersisa satu gelas.

Minum air rebusan sekaligus saat masih hangat. Konsumsi air rebusan ini dua kali sehari dengan dosis yang sama.

daun sirih_cina
bukalapak.com

Resep sirih cina untuk mengobati luka bakar

Ambil sirih cina segara secukupnya, cuci, dan tumbuk/lumatkan. Kemudian, tempelkan pada bagian tubuh yang sakit, lakukan ini beberapa kali sehari hingga sembuh.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Andaliman, Rempah Dari Tanah Batak

Resep sirih cina untuk obat sakit kepala dan demam

Ambil 15 lembar daun sirih cina lalu cuci sampai bersih. Kemudian lumatkan atau ditumbuk. Tempelkan tumbukan daun sirih cina di pelipis kanan dan kiri.

Cara kedua adalah dengan merebus dua batang tanaman segar berukuran kecil sekitar 7-10 cm, lalu cuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan 300 ml air (sekitar 1,5 gelas) hingga tersisa satu gelas.

Minum air rebusan sekaligus saat masih hangat. Konsumsi air rebusan ini dua kali sehari dengan dosis yang sama.

sirih cina

Resep sirih cina untuk obat sakit perut

Ambil tanaman secukupnya, kemudian tumbuk atau lumatkan hingga halus. Peras menggunakan kain bersih kemudian minum air perasannya.

Resep sirih cina untuk obat sakit ginjal

Untuk resep obat ginjal, cuci bersih tanaman berukuran sedang dengan tinggi sekitar 7-10 cm, lalu cuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan 300 ml air (sekitar 1,5 gelas) hingga tersisa satu gelas. Minum resep ini dua kali sehari masing-masing satu gelas.


Selain dapat digunakan sebagai obat, sirih cina dapat mempercantik pekarangan sehingga patut Anda coba untuk membudidayakannya. Jika tidak memiliki lahan yang luas, Anda juga dapat menanamnya menggunakan polybag. Semoga berhasil.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Manfaat Buah Pinang Muda Untuk Kecantikan dan Kesehatan Wanita

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber gambar utama: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.