Manfaat Buah Pinang Muda Untuk Kecantikan dan Kesehatan Wanita

Mau tau manfaat buah pinang muda? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Manfaat Buah Pinang Muda

pinang
pixabay.com

Baca juga : Mengenal Tanaman Azolla dan Segudang Manfaatnya

Pinang adalah jenis tanaman kelapa berasal Tiongkok, India, Asia Tenggara, dan daerah tropis Afrika. Mengunyah biji pinang adalah aktivitas populer pada zaman dahulu, dan bahkan masih sering dilakukan bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan sampai saat ini.

Biji buah pinang mengandung alkaloid, seperti arekolin (C8 H13 NO2), arekolidine, arekain, guvakolin, guvasine dan isoguvasine, tanin terkondensasi, tannin terhidrolisis, flavan, senyawa fenolik, asam galat, getah, lignin, minyak menguap dan tidak menguap

Kandungan zat antioksidan yang ada di dalamnya cukup ampuh untuk melawan bakteri serta virus penyebaran penyakit tertentu seperti diare, kudisan ataupun disentri.

Sebagai ramuan tradisional pinang yang digunakan adalah buah pinang yang masih muda. Tidak hanya itu, masih banyak lagi manfaat yang didapat dari buah pinang muda.

Menghaluskan Kulit

Pinang dapat menghilangkan jerawat dan mneghaluskan kulit. Caranya, ambil 3-4 buah pinang muda dan cuci hingga bersih. Ambil daging buahnya lalu haluskan.

Oleskan pada wajah terutama pada area yang berjerawat dan biarkan hingga 20 menit. Setelah itu wajah boleh dibilas sampai bersih. Lakukan cara ini setiap malam menjelang tidur.

Mengatasi Sakit Pinggang

Sakit pinggang dikarenakan kelelahan atau terlalu banyak duduk, kita dapat memanfaatkan buah pinang. Caranya, sediakan 2 buah pinang yang dibelah dan rebus dengan dua gelas air.

Tambahkan sedikit gula aren dan kunyit yang digempleng. Biarkan mendidih hingga air menyusut menjadi satu gelas. Saring air rebusan tersebut dan minumlah dua kali sehari.

Selain buahnya, daun pinang juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Haluskan daun pinang lalu balurkan pada pinggang secara teratur sebelum tidur.

pinang
pxhere.com

Baca juga: Manfaat Porang Hingga Ekspor ke Jepang

Menguatkan Gigi

Mengunyah buah pinang muda digabungkan dnegan sirih atau biasanya disebut menyirih setiap hari akan membantu menjaga gigi tetap kuat dan sehat.

Cukup mengiris buah tersebut lalu kunyah-kunyah pada setiap bagian gigi sehingga semua gigi berkesempatan mengunyahnya. Itulah mengapa orang zaman dahulu masih memiliki gigi yang lengkap meski usia sudah beranjak tua.

Mengecilkan rahim

Ketika hamil rahim akan membesar seiring pertumbuhan janin. Setelah melahirkan, organ tersebut tidak dapat langsung kembali ke ukuran semula.

Agar rahim kembali mengecil, kita bisa menggunakan pinang. Ambil satu buah pinang lalu tumbuk hingga halus. Seduh bubuk buah pinang dengan air panas, tunggu hingga menjadi hangat. Tambahkan satu sendok madu dan minumlah secara rutin selama masa nipas.

Menghilangkan Aroma Tidak Sedap Pada Vagina

Vagina yang tidak sedap juga bisa menjadi salah satu pertanda ada masalah kebersihan pada organ reproduksi. Dengan cara pinang muda yang direbus.

kemudian gunakan airnya untuk membasuh vagina. Komponen anti bakteri alami dalam pinang muda bisa membunuh kuman penyebab bau tak sedap di area tersebut.

Menghilangkan Gatal-Gatal Akibat Jamur

Gatal yang berada pada sekeliling vagina bisa dikarena infeksi atau iritasi jamur. Misalnya karena diabetes yang tidak terkontrol, sistem imun yang sedang menurun, serta pemakaian antibiotik yang berlebihan.

Hindari menggaruk vagina karena justru bisa membuat infeksinya semakin parah. Salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan memanfaatkan air rebusan pinang muda untuk membasuh vagina.

Biji pinang muda mengandung komponen antibakteri dan antijamur yang secara alami mampu membunuh bakteri jahat pemicu gatal di vagina.


Itulah informasi mengenai manfaat buah pinang muda. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Manfaat Daun Kipahit yang Perlu Kamu Ketahui

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.