Tanaman Azolla dan Manfaatnya

Azolla merupakan tanaman paku air yang hidup di perairan. Tanaman ini sering dijumpai di lahan yang tergenang air dan juga lahan lahan pertanian yang tergenang air terutama di lahan pesawahan. Tanaman ini memiliki panjang 1,5 – 2,5 cm, bentuk daun yang kecil dan saling bertindih dengan warna permukaan daun hijau kemerah-merahan.

Tanaman ini hidup bersimbiosis dengan mikroorganisme Annabaena azollae dan simbiosis tersebut merupakan simbiosis mutualisme. Dimana tanaman azolla sebagai tempat tumbuh (inang) bagi Annabaena Azolae.

Sedangkan mikroorganiasme Annabaena azollae memiliki kemampuan untuk dapat memfikasasi atau mengambil unsur Nitrogen yang terdapat di udara sekitarnya . Kemudian diproses sehingga menjadi unsur hara yang siap untuk di serap oleh tanaman di sekitarnya.

Baca Juga : 3 Inspirasi Cantik dari Produk Pertanian

Kemampuan tersebut sama halnya dengan rizhobium yang terdapat pada tanaman kacang kacangan yang dapat menyediakan unsur Nitrogen yang siap untuk di serap oleh tanaman.

Bermanfaat, Namun Dahulu Masih Dianggap Gulma

Meskipun sudah di populerkan pada tahun 1990, pertumbuhan  tanaman ini pada areal pesawahan masih sering di anggap sebagai gulma oleh banyak petani. Para petani masih menganggap tanaman ini sebagai gulma dan mengeluarkan tanaman ini dari areal pertanaman. Itulah mengapa keberadaan tanaman azolla pinnata pun berkurang.

Penggunaan pestisida dan pupuk kimia yang meninggalkan residu bahan kimia merupakan salah satu penyebab berkurangnya keberadaan tanaman ini di areal pesawahan.

Manfaat Tanaman Azolla

Di negara – negara seperti Vietnam, Cina, dan India tanaman ini telah di manfaatkan secara optimal oleh para petani disana. Tanaman azolla ternyata mampu untuk menekan penggunaan pupuk urea sampai dengan 65 kg/ha loh. Selain itu tanaman ini juga sering di manfaatkan sebagai bahan dasar dari pembuatan pupuk organik. Karena kandungan unsur hara yang cukup lengkap dan penguraian yang tidak memerlukan waktu yang lama.

Mengenal Manfaat Tanaman Azolla

Selain pada bidang pertanian, tanaman ini juga sering di manfaatkan pada bidang peternakan dan juga perikanan loh, yuk disimak ulasannya :

  • Menghemat Penggunaan Pupuk Urea

Penggunaan tanaman azolla sebagai penekan penggunaan urea sangat memungkinkan. Hal ini dikarenakan kemampuan tanaman azola untuk menghasilkan unsur Nitrogen yang siap di serap oleh tanaman. Unsur Nitrogen yang diberikan oleh tanaman azola ini mampu menghemat penggunaan urea mencapai 50%.

Selain dapat menghemat penggunaan pupuk urea, pemberian tanaman azola dengan di kombinasikan pemberian pupuk urea juga dapat meningkatkan hasil panen sampai dengan 6,4 ton/ha. Hal ini dikarenakan pemberian pupuk urea di masa vegetatif dapat memenuhi kebutuhan unsur nitrogen. Penggunaakn azolla juga berperan dalam menyediakan unsur nitrogen  dalam jangka waktu yang lama untuk tanaman padi. Dengan begitu, tanaman padi pun terpenuhi akan kebutuhan unsur nitrogennya

  • Bahan Dasar Pupuk Kompos

Tanaman azolla ini dapat di di jadikan sebagai bahan dasar kompos karena memiliki kandungan unsur hara yang cukup lengkap baik makro mapun mikro.

Kandungan Unsur Hara Makro

Bila di hitung dalam bentuk kompos dalam berat kering tanaman azolla mengandung unsur sebagai berikut :

  1. Nitrogen (N) 3-5%.
  2. Posfor (P) 0.5 –  0,9 %, dan
  3. Kalium (K) 2 – 4,5 %.

Kandungan Unsur Hara Mikro

Lain hal dari unsur makro, sedangkan hara mikronya adalah sebagai berikut :

  1. Calsium (Ca) 0,4 – 1%.
  2. Magnesium (Mg) 0,5 – 0,6 %.
  3. Ferum (Fe) 0,06 – 0,26 % dan Mangan (Mn) 0,11 – 0,16 %.

Selain memiliki unsur hara yang lengkap, tanaman azola juga mempunyai C/N rasio 12 – 18.  Sehingga pengomposan dapat selesai dalam waktu satu minggu dan tanaman azolla pun dapat langsung di berikan pada media tanam sebagai pupuk hijau.

Baca Juga : Mengolah Tandan Kosong Menjadi Pupuk Organik

  • Digunakan Sebagai Pakan Ikan

Pada tanaman azolla mengandung protein mencapai 23 – 30% dan juga mengandung asam amino esensial yang legkap. Kandungna ini sangat baik untuk pertumbuhan ikan sehingga memungkinkan untuk dijadikan pakan ikan.

Pemberian tanaman azolla untuk pakan ikan dapat di berikan dalam bentuk segara atu di formulasikan dengan bahan lain menjadi pelet. Jenis ikan yang dapat diberi pakan azolla merupakan ikan herbivora seperti ikan gurami, mas, nila, tawes, karper, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan tanaman azolla sebagai pakan ikan tentu dapat menekan biaya produksi.

Baca Juga : 5 Dampak Berbahaya, Stop ‘Kecanduan’ Pupuk Kimia!

  • Digunakan Sebagai Pakan Ternak

Kandungan protein kasar yang cukup tinggi pada tanaman azolla yaitu berkisar antara 23 – 30%, sehingga tanaman azolla cocok untuk dimanfaatkan sebagai campuran pakan ternak. Azolla dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak khususnya itik, ayam, kambing, maupun sapi.

Menurut Rachman Sutanto penambahan tanaman azolla pada pakan ternak ayam di batasi sekitar 15% karena dapat mengganggu produktivitas telur. Pemberian tanaman azolla pada sapi perah dipercaya mampu meningkatkan produktivitas susu sampai 15%. Pemberian azolla sebagai pakan di berikan dalam bentuk segar, kering, maupun bentuk fermentasi.

Nah itu dia berbagai segudang manfaat dari tanaman Azolla, apakah kamu tertarik sobat PTD?

Penulis : M. Rizki Permadi Putra

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.