Upaya Pemerintah Mendukung Pertanian di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Tentunya hal ini menjadi satu kesempatan besar untuk mengembangkan segala hasil SDA yang dikelola oleh masyarakat.

Caranya adalah dengan mengandalkan potensi wilayah yang dimiliki oleh Indonesia yaitu tanah yang subur. Selain itu, terdapatnya banyak hamparan gunung yang mengeluarkan material, membuat tanah semakin subur. Salah satu potensi SDA di Indonesia yang paling tepat adalah sawah, ladang, dan tegalan.

Sawah merupakan salah satu SDA yang dimiliki oleh Indonesia yang sangat memanfaatkan air sebagai penunjang proses penanamannya. Biasanya, jenis tanaman yang ditanam di area persawahan adalah jagung karena jangkauannya begitu luas hingga dijadikan sebagai sektor perkebunan, baik itu perkebunan besar milik negara maupun swasta.

Beberapa hasil yang sering diunggulkan antara lain minyak sawit, karet dan untuk skala kecil, biasanya para petani menanam jenis hortikultura yang beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan penduduk di Indonesia seperti beras, jagung, buah-buahan, dan sayur-mayur.

Minyak sawit, cengkeh, dan kayu manis adalah sektor pertanian yang memiliki peluang besar untuk dikirim ke luar negeri, dilanjutkan dengan beras, kopi, karet alam, dan vanili. Hal ini menjadi pusat perhatian pemerintah Indonesia karena dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang cukup signifikan, termasuk dari segi pengiriman ke luar negeri.

Indonesia tidak bergantung lagi dengan kekayaan milik negara lain. Indonesia sudah berhasil menjadi tuan rumah dalam sektor pertanian. Kemajuan tersebut tentunya akan meningkatkan taraf perekat para petan. Hal ini sudah menjadi pemicu para petani Indonesia agar semakin giat menghasilkan hasil panen dengan kualitas terbaik.

Baca juga: Ekonomi Digital Dapat Bantu Sektor Pertanian

Apa Upaya Pemerintah dalam Mendukung Sektor Pertanian?

Nah, pada artikel pertanian ini, apa saja upaya pemerintah dalam mendukung sektor pertanian? Berikut ini adalah ulasannya.

  1. Menerapkan Sistem Eco-Farming

Sistem Eco Farming

Sistem Eco-Farming dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, khususnya di sektor pertanian yang sangat terintegrasi dengan kemudahan dalam proses penanamannya.

Kegiatan ini biasanya disebut dengan pertanian organik. Pertanian ini menggunakan bahan-bahan yang alami dan mudah untuk didapatkan. Selain menjaga lingkungan, hasil panen yang didapatkan akan berlimpah ganda dengan kualitas terbaik. Hal ini yang bisa menjadi daya pikat untuk mengekspor hasil panen ke negara lain.

  1. Adanya penyebaran pupuk secara merata

Pupuk adalah salah satu penunjang proses keberhasilan dalam pertanian namun beberapa daerah, khususnya daerah terpencil, masih sulit mendapatkan pupuk. Memang pupuk bisa dikelola sendiri seperti pupuk kompos dan kandang tetapi dengan sarana pendukung dari pemerintah, pastinya membuat para petani menjadi lebih bersemangat dalam bercocok tanam.

Hal inilah yang menjadi faktor adanya penyebaran pupuk secara merata di berbagai daerah dan ini sudah dilakukan oleh pemerintah di sebagian daerah pelosok Indonesia. Dengan ini, diharapkan petani dapat memperoleh hasil yang maksimal ketika memanen dan dapat meningkatkan perekonomian bagi keluarga.

Baca juga: Selain Pupuk, 6 Bahan Baku Ini Bisa Menyuburkan Tanaman

  1. Adanya perbaikan irigasi

Irigasi Pertanian

Upaya pemerintah selanjutnya yaitu melakukan beberapa realisasi perbaikan irigasi untuk mengairi sawah dengan baik sehingga komponen air yang diperlukan guna mendapatkan hasil panen dapat terjaga dengan baik.

  1. Adanya perbaikan sarana pertanian

Sarana pertanian tidak hanya sebatas pengairan irigasi. Pemerintah sudah memberikan sarana pertanian lain seperti pembuatan waduk di wilayah Indonesia untuk pengairan sawah.

  1. Penyuluhan pertanian

Dengan adanya penyuluhan pertanian yang sudah dilakukan di berbagai daerah, sangat diharapkan ilmu mengenai pertanian akan semakin meningkat dan tidak mengalami ketertinggalan sehingga membuat produktivitas pertanian semakin meningkat.


Itulah beberapa upaya pemerintah dalam mendukung sektor pertanian di Indonesia. Pertanian bisa dijadikan sebagai salah satu upaya peningkatan perekonomian di Indonesia. Jadi, jangan pernah ragu lagi untuk bekerja serta berpenghasilan di bidang pertanian, terutama bagi para kaum muda atau kaum milenial.

Klik & Baca: Apa Fokus Kementerian Pertanian di Tahun 2020?

Semoga info pertanian ini bermanfaat bagi semua orang.

Penulis: Rina Romadona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.