Selain Pupuk, 6 Bahan Baku Ini Bisa Menyuburkan Tanaman

Aktivitas berkebun mulai disukai saat ini. Ketika merasa jenuh, salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan yaitu dengan menanam dan merawat berbagai jenis tanaman seperti tanaman obat bagi keluarga dan bunga untuk memperindah halaman rumah. Melakukan aktivitas ini sangatlah mudah karena bisa dilakukan di mana pun terutama di rumah yang pastinya selain menghilangkan kepenatan, juga bisa mempercantik hunian rumah Anda.

Namun, ada beberapa kendala terutama ketika menentukan salah satu bahan baku yang digunakan untuk menyuburkan tanaman Anda. Terlebih lagi, jika Anda memiliki kesulitan bahkan tidak ada waktu untuk mengolah pupuk. Akan tetapi, jangan khawatir, ternyata ada beberapa bahan baku di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Apa sajakah itu?

Air rebusan telur

Sudah pasti Anda pernah merebus telur untuk mengolah hidangan makanan. Nah, untuk kali ini, air rebusan telur jangan langsung dibuang begitu saja. Air rebusan telur mengandung vitamin, mineral, kalsium yang bisa menyuburkan tanaman.

Air Rebusan Telur

Air cucian beras

Selain untuk menjaga kelembutan wajah dan dijadikan masker untuk kecantikan, ada fungsi lain dari air cucian beras yaitu untuk menyuburkan tanaman. Mengapa demikian?  Karena air cucian beras kaya akan vitamin B1 yang merupakan sumber energi bagi tanaman terutama untuk beradaptasi. Bagaimana cara menggunakannya? Sangat mudah, Anda langsung saja menyiram air cucian beras ini ke akar tanaman.

Air dengan campuran kulit pisang

Siapa yang tidak tahu dengan kandungan pisang yang kaya akan vitaminnya? Ternyata, pisang juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan baku untuk menyuburkan tanaman. Caranya adalah dengan mencampurkan air dengan kulit pisang untuk memberikan nutrisi ke tanaman.

Baca juga: Cara Mengolah Kulit Pisang Menjadi Pupuk Organik

Air kelapa

Sudah tidak heran tentang khasiatnya air kelapa. Selain untuk kesehatan, air kelapa juga bisa menyuburkan tanaman karena di dalamnya mengandung kalium, kalsium, protein, magnesium, dan vitamin. Sudah pasti kandungan air kelapa ini dapat membuat tanaman Anda khususnya tanaman hias seperti bunga, lebih cepat berbunga.

Air Kelapa

Air rebusan sayuran

Ketika mendengar kata sayuran, tentu kita berpikir bahwa semua sayuran adalah salah satu hasil tanaman yang kaya akan protein nutrisi. Akan tetapi, yang sangat penting dalam hal ini adalah air rebusan sayuran bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman di rumah karena kaya akan serat. Dengan begitu, tanaman Anda lebih cepat tumbuh dengan subur dan sehat.

Kulit bawang

Bawang adalah salah satu bahan utama dalam memasak yang pastinya digunakan oleh Anda setiap hari. Namun, ada khasiat tersembunyi di balik pentingnya bawang dalam kehidupan sehari hari yaitu untuk menyuburkan tanaman di rumah. Dengan beberapa tahapan sebelum digunakan, kulit bawang direndam dalam tempo semalam. Setelah sudah meresap dengan air, baru langsung disiram ke tanaman Anda.

Kulit Bawang Merah Bisa Menyuburkan Tanaman


Itulah 6 bahan baku di sekitar kita yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman Anda di rumah. Tidak halnya seperti pupuk, banyak sekali yang bisa digunakan terutama bahan-bahan yang selalu dipakai dalam keseharian kita. Bahkan, beberapa bahan baku di atas cukup ekonomis untuk mendapatkannya.

Jadikan aktivitas berkebun lebih menarik dan mudah dengan berbagai olahan untuk menyuburkan tanaman secara sehat. Silahkan mencoba.

Baca juga: Mengolah Tandan Kosong Menjadi Pupuk Organik

Penulis: Rina Romadona

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital belum? Silahkan klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.