Fokus Kementerian Pertanian di Tahun 2020

Kementerian Pertanian (Kementan) akan fokus pada upaya peningkatan pada 2 hal utama. Pertama, peningkatan kompetensi daya manusia (SDM) yang berkualitas dan pembangunan infrastruktur pertanian. Kedua, fokus kementerian pertanian ini dilakukan dalam penyusunan program kerja tahun anggaran 2020.

“Kementan mendapatkan amanat untuk menyukseskan prioritas nasional pada program nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja, serta ketahanan pangan, air, dan lingkungan hidup. Berdasarkan hal tersebut, kami akan menekankan program kerja tahun 2020 pada upaya membangun SDM pertanian yang berkualitas dan membangun infrastruktur,” ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) 2019 di Bogor, Jawa Barat (18/07/19).

Upaya yang dilakukan Kementan dalam meningkatkan kompetensi SDM pertanian adalah dengan meningkatkan alokasi anggaran pendidikan dan pelatihan vokasi. Tahun ini, Kementan sudah menggelar pendidikan dan pelatihan untuk mencetak petani milenial dalam mendukung regenerasi petani muda.

Baca Juga : Kementan Klaim Nilai Tukar Petani Naik Signifikan Tahun Ini, Bagaimana Datanya?

Amran juga menyebutkan bahwa pembangunan infrastruktur pertanian adalah kunci keberhasilan peningkatan produktivitas pangan. Tidak hanya meningkatkan saja, namun juga berperan dalam menekan biaya operasional produksi. Dengan demikian, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, terkhusus petani, untuk jangka panjang.

Upaya perwujudan tersebut dilakukan oleh Kementan dengan memfasilitasi dan bekerja sama dengan lembaga terkait. Berbagai pembangunan infrastruktur pertanian seperti waduk, embung, serta irigasi sekunder tersier sudah dilakukan oleh Kementan.

Hasil yang didapatkan oleh Kementan dalam empat setengah tahun terakhir cukup menggembirakan. Pasalnya, Kementan berhasil mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Kementerian dari BPK selama 3 tahun berturut-turut.

Prestasi lain yang diperoleh di sektor pertanian ialah peningkatan PDB sektor pertanian 2014-2018 secara drastis. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), PDB sektor pertanian tercatat naik Rp 400 triliun sampai R p500 triliun. Total akumulasi mencapai Rp1.370 triliun.

Dilansir dari Media Indonesia

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.