Ketahui Manfaat Andaliman, Rempah Dari Tanah Batak

Mau tau informasi mengenai manfaat andaliman dari tanah batak? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mnegani hal tersebut. Simak ulasannya!

Andaliman

Mengenal Andaliman

manfaat andaliman
hallosehat.com

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan

Andaliman adalah salah satu rempah yang dinamakan Rempah Tuba oleh masyarakat suku batak yang sering digunakan untuk penyedap masakan khas batak seperti makan arsik ikan mas.

Yang menjadi andalam yang memiliki cita rasa yang berbeda dari rempah lainnya. Andaliman atau yang dikenal juga sebagai merica batak adalah salah satu bumbu masak wajib untuk orang Batak. Tak hanya di Indonesia.

Andaliman juga sangat umum digunakan sebagai bumbu rempah masakan India, Cina, Tibet, Nepal, dan Thailand. Di luar negeri, andaliman lebih akrab disebut Sichuan pepper.

Sejarah Andaliman

Sejarah yang dimiliki oleh salah satu rempah khas batak ini memilki kisah yang panjang, bahkan sampai penjajahan belanda di Indonesia.

Begitu eksotisnya rempah nusantara ini membuat Perusahaan Persatuan Dagang Belanda untuk Hindia Timur atau VOC (Vereenigde Osst Indische Compagnie) sekitar 400 Tahun yang lalu datang

Untuk Mengambil dan Memanfaatkan bahkan Menguasai Rempah ini, bahkan luar negri seperti Amerika dan Cina,Rasa Pedas dan membuat Lidah Bergetar yang dihasilkan dari rempah ini,

Rempah tuba atau yang lebih dikenal dengan nama latin zanthoxylum memiliki sebutan yang berbeda-beda di tanah batak, Di daerah tanah batak toba disebut andaliman,di daerah simalungun,tanah karo dan dairi disebut tuba.

Dan di tanah tapanuli selatan disebut syiarnyar. Pemberian nama atau sebutan rempah ini ditentukan oleh ukuran,buah dan bentuk duri dari yang melekat pada rempah tersebut.

Secara adat,rempah ini di manfaatkan oleh suku batak sebagai penyedap makanan sajian pada saat mengadakan acara ritual suku batak selain itu kelebihan rempah ini adalah ketahanan makanan bisa lebih lama untuk di simpan.

Manfaat Andaliman

manfaat andaliman
gemahripah.co

Baca juga: Manfaat Buah Merah dari Tanah Papua

Andaliman mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin A, zat besi, mangan, kalium, zinc, dan fosfor. Selain itu, andaliman juga mengandung beberapa antioksidan, seperti pitosterol, terpene, dan karoten. Semua nutrisi penting tersebut memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Menambah darah

Kadar zat besi yang cukup tinggi dalam Andaliman membantu membentuk hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke organ-organ dan jaringan yang akan  memperlancar peredaran darah.

Menjaga Ketahanan Tubuh

Kandungan zinc-nya yang tinggi membuat daya tahan tubuh menjadi terjaga karena  zinc adalah mineral penting yang mengaktifkan sel T, sel yang berfungsi mengendalikan respon imun untuk menyerang penyebab penyakit dan jika kekurangan zinc maka bisa sangat mudah terserang infeksi dan sembuhnya cukup lama.

Memperkuat Tulang

Mineral jumlah kecil yang terkandung dalam anadliman beberapa di antaranya adalah fosfor, mangan, tembaga, dan zat besi. Semua ini diperlukan untuk membangun tulang yang kuat dan mencegah gangguan tulang yang berkaitan dengan usia, seperti osteoporosis.

Kepadatan mineral tulang dalam tubuh akan menurun seiring dengan bertambahnya usia karena itu penting untuk menambah asupan mineral penting yang didapat dalam anadaliman.

Meredakan Peradangan

Antioksidan dan asam organik dalam merica batak, termasuk pitosterol dan terpena, memiliki efek antiradang dalam tubuh. Peradangan adalah hasil dari stres oksidatif, yang disebabkan oleh aktivitas radikal bebas dalam tubuh.

Senyawa yang ditemukan dalam merica batak dapat menetralisir radikal bebas, sehingga menghentikan peradangan. Tak heran jika andaliman sering digunakan sebagai obat herbal untuk radang sendi dan asam urat.

Mencegah Penyakit Kronis

Kanker dan penyakit kronis yang dapat disebabkan oleh jumlah radikal bebas yang berlebihan yang menyebabkan sel-sel sehat bermutasi.

Antioksidan yang ditemukan dalam merica batak bisa membantu menurunkan risiko masalah kesehatan dari paparan stres oksidatif yang terlalu tinggi dalam tubuh.

Stres oksidatif adalah dalang dari berbagai penyakit kronis Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, sampai menyebabkan penuaan.


Itulah informasi megenai manfaat andaliman. Semoga informasi yang diberikan dapat memebri manfaat yas sobat PTD!

Baca juga: Manfaat Ampas Ubi dari Limbah Menjadi Bisnis

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber

  • Gambar unggulan : Rimbakita.com
  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-andaliman-kesehatan/
  • https://tipspetani.blogspot.com/2016/07/mengenal-tanaman-andaliman-khas-sumatera.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.