tanam anggur

Ingin tahu 5 langkah mudah tanam anggur di pekarangan rumah? yuk, jadiin artikel ini sebagai panduan kamu.

Anggur merupakan buah yang memiliki beragam manfaat dan rasa yang digemari oleh banyak orang.

Buah ini dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh, karena memiliki kandungan senyawa yaitu resveratol atau polifenol. Untuk mendapatkan buah ini, Anda bisa melakukan tanam anggur di pekarangan rumah.

Anda bisa membuka bisnis kecil dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk melakukan budidaya tanam anggur. Mengingat banyak peminat yang menyukai buah anggur, sehingga harga yang ditawarkan cukup tinggi.

Tanam Anggur di Pekarangan Rumah

Terdapat 5 langkah mudah yang bisa Anda coba, untuk melakukan tanam anggur di pekarangan rumah, diantaranya adalah:

Baca Juga: Jan Ethes SP 1, Varietas Anggur Terbaru Idola Pemerintah

Pemilihan Bibit Anggur

Pilihlah bibit anggur yang baik untuk memudahkan proses pertumbuhan dan menghasilkan buah yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan bibit dengan melakukan stek dari indukan yang berkualitas.

Karena tanam anggur yang menggunakan bibit stek akan tumbuh lebih padat dan besar. Bibit anggur berkualitas baik bercirikan dengan panjang stek tidak lebih dari 25-30 cm, dan banyak ruas sekitar 2-3.

Batang stek anggur berbentuk bulat dengan diameter sekitar 1 cm. Batang berwarna coklat dengan kulit hijau harus memiliki kandungan air dan tidak ada bercak hitam.

Setelah mendapatkan bibit anggur stek, lakukan penyemaian agar tanaman dapat tumbuh maksimal. Penyemaian dilakukan menggunakan pot atau polybag dengan campuran tanah dan pupuk kandang selama 5-7 hari.

Beri air secukupnya secara rutin, setelah 2 bulan penyemaian akan tumbuh tunas baru yang banyak.

bibit anggur
rumahtanaman.com

Siapkan Media Tanam

Tanah yang cocok untuk tanam anggur yaitu harus subur, serta mudah melakukan penyerapan air. Namun, jika air yang didapat pada tanaman ini terlalu banyak, maka akan memperlambat proses pertumbuhannya.

Gunakan lahan dengan jenis tanah lempung berpasir yang memiliki tingkat keasaman (pH) sekitar 6.5 – 7.

Sebelum penanaman, sebaiknya tanah digemburkan dengan cangkul, sehingga racun dalam tanah dan hama pengganggu tanaman dapat hilang. Jika pH kurang dari 6, berikan kapur dolomit yang berfungsi meningkatkan keasaman dalam tanah.

Buatlah bedengan dengan tinggi 50 cm serta lebar 150 cm, dan lubang tanam pada bedengan dengan ukuran sekitar 50 cm x 50 cm x 50 cm.

Biarkan tanah dalam waktu dua minggu, setelah itu tanam anggur pada bedengan dengan pemberian pupuk kompos, dan pasir.

Baca Juga: Apriadi, Si Pengangguran Inspirasi Petani Millenial

Penanaman Benih Anggur

Tanam bibit anggur dilakukan ketika masa penyemaian sudah dua bulan dan muncul akar serta daun pada tanaman. Lakukan penanaman pada musim kemarau agar hasilnya lebih maksimal.

Masukkan benih anggur pada lubang tanam yang sudah disediakan, lalu tutup kembali sesuai batas pangkal batang pada tanaman. Jangan lupa untuk membuat para-para sebagai media rambat tanaman, menggunakan rotan, atau bambu.

buah anggur
higaragro.com

Perawatan Tanaman Anggur

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, tentu harus melakukan perawatan tanaman dengan baik dan sesuai hingga masa panen tiba.

Anda harus melihat tanaman anggur terlebih dahulu untuk mengetahui tanaman, apakah akan tumbuh atau tidak. Adapun perawatan yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

  1. Penyiangan dilakukan secara berkala, untuk menjaga tingkat kesuburan tanah dan tanaman memiliki jarak dengan tanaman lainnya. Selain itu, penyiangan dapat membersihkan tanaman liar yang mengganggu.
  2. Penyiraman dilakukan satu kali sehari secara rutin, yaitu pada waktu pagi atau waktu sore. Namun, ketika sedang musim hujan, Anda tidak perlu menyiram tanaman. Karena tanaman anggur tidak memerlukan banyak kandungan air.
  3. Pemberian pupuk, dilakukan ketika tanaman berusia 90 hari menggunakan pupuk urea. Berilah pupuk disetiap lubang tanam dengan dosis sekitar 15 gr.

Masa Pemanenan

Masa pemanenan tanam anggur dapat dilihat ketika buah matang secara merata, tekstur buah sedikit lembek, dan buah mudah dipetik dari rantingnya. Agar mempermudah proses pemanenan, Anda bisa menggunakan gunting untuk memangkasnya.


Itulah 5 langkah mudah tanam anggur di pekarangan rumah yang bisa Anda lakukan. Perawatan tanaman harus tetap dijaga agar hasilnya maksimal.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Pupuk Organik dari Buah Busuk

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-anggur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.