Varietas Anggur Jan Ethes

Pemerintah berupaya mengurangi impor anggur dengan meluncurkan Jan Ethes SP 1, varietas anggur terbaru hasil inovasi Litbang Kementerian Pertanian. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan varietas anggur Jan Ethes ini punya banyak keunggulan.

Selain bisa memproduksi hingga 25 kg per pohon setiap tahunnya, varietas anggur terbaru ini punya cita rasa manis, segar, daging buah renyah dan tidak berair.

Selain itu, setelah dipetik dari pohon, buah anggur tahan hingga 7 hari di suhu ruang dan 14 hari di kulkas. Selain itu, anggur Jan Ethes ini juga tidak mudah rontok dari tangkainya.

Dengan tingkat produksi dan karakter cita rasa buahnya, varietas anggur terbaru Jan Ethes akan disukai masyarakat. Harapannya, varietas anggur unggul ini bisa memenuhi kebutuhan buah dalam negeri, khususnya buah anggur.

Varietas-Varietas Anggur Unggulan Dalam Negeri

Varietas anggur terbaru Jan Ethes SP 1 ini akan menambah deretan varietas-varietas anggur unggulan lainnya, seperti anggur Probolinggo Biru, Probolinggo Super, Jestro, Prabu Bestari, Kediri Kuning dan Bali.

Menurut para peneliti anggur, kualitas varietas-varietas anggur dalam negeri itu tidak kalah dengan kualitas luar negeri.

Baca Juga: Kenali Varietas dan Syarat Tumbuh Lada, Primadona Rempah Indonesia

Selain varietas asli yang sudah diadaptasi dengan iklim tropis, selama ini para petani sudah mengenal beberapa varietas anggur impor yang cukup populer, seperti anggur Jupiter, red globe, ninel dan transfiguration. Varietas-varietas tersebut sudah terbukti mampu tumbuh dan berbuah di iklim tropis.

Sentra Pertanian Anggur Tanah Air

Hingga saat ini, belum banyak daerah yang mengembangkan budidaya pertanian anggur. Varietas anggur dalam negeri baru banyak diproduksi di wilayah kabupaten Klaten, Probolinggo, Palu, Situbondo dan Buleleng dengan total luas masih kurang dari 900 hektar.

Anggur-Jan-Ethes
https://fajar.co.id

Padahal, luasan tanah yang potensial untuk ditanami anggur mencapai ribuan hektar. Sementara pertanian anggur terluas ada di Buleleng, Bali.

Setiap tahun, tanaman anggur semakin banyak ditanam di banyak daerah, namun kebanyakan masih dalam skala rumah tangga. Beberapa yang ditanam dari varietas unggul.

Anggur Rangking Lima Buah Impor Terbanyak

Salah satu alasan buah anggur dapat perhatian serius untuk terus dikembangkan, karena buah asli Eropa dan Asia tengah ini menduduki peringkat lima terbanyak buah impor. Volume buah impor terbanyak berturut-turut seperti kurma, pear, jeruk dan apel.

Selama ini, Indonesia sudah mengimpor anggur sedikitnya 50 ribu ton dari 10 negara. Dengan anggur varietas terbaru Jan Ethes ini, Pemerintah berharap volume impor anggur bisa terus berkurang.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Budidaya Durian Musang King

Di pasaran, harga buah anggur varietas dalam negeri memang masih lebih murah, yakni kisaran termahal 25 ribu/kg. Sedangkan buah impor rata-rata bisa mencapai harga 60 ribu/kg.

Padahal varietas-varietas unggulan seperti disebut di atas sudah beradaptasi dengan baik terhadap kondisi lingkungan tanah air.

Anggur, Buah dengan Banyak Khasiat Penting

Selain cita rasa, buah yang tergolong mahal ini juga memiliki kandungan manfaat yang tinggi untuk kesehatan. Anggur mengandung polifenolat, resveratrol dan flavanoid yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan jantung. Selain itu, anggur juga mencegah penyakit ginjal dan mencegah pembesaran hati.

Varietas anggur terbaru Jan Ethes dan tujuh varietas anggur dalam negeri lainnya diharapkan dapat menyaingi anggur luar negeri. Memang, sulit untuk menyamai anggur di Eropa dan Asia Tengah, karena pada dasarnya produksi anggur di daerah tropis lebih sedikit.

Anggur lebih cocok dan tumbuh dengan baik di daerah sub tropis, ketimbang di daerah tropis, di mana produksinya hanya separo dari daerah subtropis.

Sebagai contoh, produksi anggur di daerah subtropis bisa mencapai 20 ton per tahun, sedangkan produktivitas untuk varietas anggur dalam negeri hanya separuhnya.

Baca Juga: Kacang Lurik, Kacang Tanah Varietas Unggul yang Tahan Penyakit

Penulis: Fuad Bakhtiar

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Referensi:

  • https://bisnis.tempo.co/read/1272980/menteri-pertanian-berharap-anggur-jan-ethes-tekan-impor-anggur/full&view=ok
  • http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/prospek-pengembangan-varietas-varietas-unggul-anggur-di-daerah-sentra-produksi/
  • https://www.pertanianku.com/hasil-panen-dan-sentra-produksi-anggur-di-indonesia/
  • https://jateng.tribunnews.com/2019/09/04/bermodal-lahan-6-meter-wahud-dapat-puluhan-kilogram-anggur-sekali-panen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.