Manfaat Buah Merah dari Tanah Papua

Mau tau informasi mengenai manfaat buah merah dari Papua? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Buah Merah

buah merah
lifestyle.kompas.com

Baca juga: Kenali Manfaat Hingga Efek Samping Konsusmsi Kuaci

Tanah Papua adalah surga bagi buah merah (Pandanus conoideus) yang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan yang disebut sebgai obat dewa karena kemampuannya menyembuhkan penyakit.

Buah merah ini hanya bisa tumbuh di wilayah Papua terutama daerah pegununan Jayawijaya, Ayamaru Sorong, Nabire, Manokwari dan Jayapura.

Buah merah biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dipotong-potong lalu dipanggang, direbus, atau dimasak dalam oven batu.

Biji dan daging buah merah pun bisa menghasilkan saus merah kental sebagai bumbu masakan dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan air.

Selain itu, minyak ekstrak buah merah juga digunakan sebagai penyedap makanan dan pewarna alami yang tidak mengandung mikroorganisme patogen dan logam berat.

Dalam buah merah, terkandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, kalori, karbohidrat, lemak sehat, dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C, alfa-karoten, beta-karoten, dan zat warna antosianin.

Manfaat Buah Merah

buah merah
mrepublika.co.id

Baca Juga: Manfaat Ampas Ubi dari Limbah Menjadi Bisnis

Mencegah Kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah merah mampu menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker ovarium, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Namun, penelitian secara klinis untuk membuktikan manfaat ini, masih sangat minim, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Mencegah Antiperadangan

Kandungan antioksidan pada buah merah berpotensi untuk dijadikan obat alternatif bagi penyakit radang usus yang dapat berkembang menjadi kanker usus.

Meski demikian, belum ada penelitian ilmiah yang secara khusus membuktikan efek buah merah dalam meredakan peradangan.

Menurunkan Kolestrol

Dalam penelitian ekstrak buah ini ditemukan mampu meningkatkan kadar kolestrol baik dan menurunkan kadar kolestrol jahat, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Namun karena penelitian ini baru dilakukan pada hewan, manfaat buah merah dalam menurunkan kolesterol jahat pada manusia masih perlu dibuktikan.

Memiliki Sifat Antivirus dan Antimikroba

Buah merah juga diklaim mampu membantu mengobati penyakit TBC dan HIV, karena dipercaya bisa membunuh virus dan bakteri tertentu. Sayangnya, manfaat ini belum dapat dibuktikan.


Itulah informasi mengenai manfaat buah merah dari Papua. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Ketahui Berbagai Manfaat Memelihara Ikan Hias

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber

  • https://suarapapua.com/2018/02/07/ini-khasiat-dan-manfaat-buah-merah/
  • https://www.alodokter.com/nikmati-manfaat-buah-merah-dari-tanah-papua

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.