ampas ubi

Mau tau informasi mengenai manfaat ampas ubi? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Ampas Ubi

Manfaat Ampas Ubi

ampas ubi
sukajayafarm.com

Baca juga: Cara Pembuatan Dodol Singkong Inspirasi Untuk Buka Usaha

Umbi singkong merupakan salah satu sumber energi karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru lebih banyak terdapat di daun singkong karena mengandung asam amino metionin.

Dari proses pengolahan singkong menjadi tepung tapioka, dihasilkan limbah sekitar sekitar 75 persen dari bahan mentahnya.

Ampas ubi atau biasa disebut onggok ubi ini bisasnya dianggap hanya limbah yang tidak bisa digunakan kembali untuk dimanfaatkan.

Namun, beberapa petani atau peternak dapat memanfaatkan ampas ubi menjadi peluang usaha baru yang dapat menambah penghasilannya

Limbah industri terdiri dari dua jenis yaitu limbah cair yang dapat mencemari air dan limbah padat yang bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Limbah industri sebenarnya tidak membahayakan kesehatan karena tidak terlibat langsung dalam perpindahan penyakit. Namun, kandungan bahan organiknya dapat menjadi sebagai sumber makanan untuk pertumbuhan mikroba.

Sehingga limbah yang jumlahnya sangat banyak terkadang menjadi polusi  yang sulit ditangani.

Pemanfaatan Limbah Ampas Ubi

ampas ubi
razonewane.com

Baca juga: 5 Jenis Singkong Ini Memiliki Keuntungan Melimpah untuk Petani

Seiring dengan kebutuhan manusia ampas ubi atau limbah ubi dapat menjadi pengganti pakan ternak seperi sapi, ikan dan ayam karena susah menjari pakan hijauan pada saat musim kemarau.

Selain itu pada musim kemarau harga pakan ternak akan menjadi lebih mahal. Oleh karena itu ampas ubi bisa menjadi alternatif pengganti pakan.

Ampas ubi yang dijemur menjadi kering harganya akan lebih tinggi. Fungsi ampas ubi kering sebagai bahan baku saus, bahan perekat lem kertas, bahan baku obat nyamuk, campuran kecap dan banyak lainnya.

Untuk penentuan harganya biata menyesuaikan kondisi pasar dan musim panen ubi.

Proses pembuatan ampas ubi  menggunakan cara fermentasi dengan cara mencampur mineral dengan air hangat setelah dingin tambahkan Aspergillus niger atau disebut juga kapang atau jamur.

Jemur selama 5-7 hari yang dijemur dibawah terik matahari, yang berguna membuat kandungan energi lebih tinggi untuk pakan.

Namun, beberapa penelitian mengatakan bahwa Karbohidrat yang terkandung dalam ampas ubi adalah selulosa yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan hewan.

Sehingga ketika ampas tersebut dimakan oleh hewan, akan terbuang percuma dan tidak bisa menambah nafsu makan sapi, bukan daging yang bertambah malah hanya mnimbun lemak.

Campuran ampas ubi yang pas untuk pakan ternak adalah 1 bagian ampas ubi dicampur dengan 3 bagian bekatul. Pemberian konsentrat dan komboran (campuran bekatul dan ampas ubi) merupakan upaya pemberian gizi tambahan di sela pemberian bahan makanan utama yakni rumput.


Itulah informasi mengenai manfaat ampas ubi menjadi peluang bisnis. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: Panduan Lengkap Budidaya Ubi dengan Stek

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://kawidkapan.blogspot.com/2013/05/onggok-dari-limbah-menjadi-peluang.html
  • https://www.patinews.com/ampas-ketela-berdampak-bagi-hewan-ternak-ini-alasannya/amp/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.