Ikuti 3 Tips Ini untuk Budidaya Ikan Zebra Pink

Bagi para pecinta ikan hias, ikan zebra pink memberikan warna tersendiri karena keunikannya. Ikan ini relatif sangat diminati dan merupakan salah satu ikan hias terfavorit. Ikan dengan nama ilmiah Brichidanio reno ini lebih dikenal dengan julukan zera danio. Ikan yang menarik ini berasal dari Myanmar, namun sebenarnya ikan ini memiliki variasi warna lain, bukan hanya pink, ada juga yang berwarna kuning dan hitam putih seperti zebra. Secara umum, ikan zebra ini mudah dikembang biakkan dan membutuhkan waktu yang relatif singkat yaitu sekitar tiga bulan saja.

ikan zebra pink

Sumber: floradanfauna.com 

  Walaupun mudah dibudidayakan, tetap saja diperlukan teknik dalam budidaya agar mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, berikut ini adalah tipsnya :

Baca Juga: Tips Memilih Akuarium Ikan Arwana dan Perawatannya

Persiapan Aquarium

Tentu tahap awal dalam pembudidayaan ikan zebra ini adalah menyiapkan aquarium. Sebenarnya ikan zebra ini tidak perlu dikhususkan ditempatkan denagn ikan zebra, bisa juga dicampur dengan ikan lainnya agar menghemat tempat. Selain itu ikan zebra sangat menyukai interaksi dengan ikan-ikan lainnya sehingga Anda tidak perlu khawatir. Hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyiapkan aquarium antara lain :

  1. Sebaiknya gunakan aquarium denagn ukuran besar (kapasitas 40 liter).
  2. Lengkapi aquarium dengan filter daya eksterior, bio-wheel, dan pemanas. Walaupun sebenarnya ikan zebra dapat dibudidayakan tanpa pemanas, penggunaan pemanas dapat menjaga kondisi ikan agar optimal, khususnya dalam budidaya ikan zebra pink.
  3. Siapkan larutan natrium tiosulfat untuk menghilangkan kandungan klorin karena biasanya air minum yang Anda gunakan di rumah mengandung bahan kimia seperti klorin.
  4. Tambahkan lapisan kerikil setebal ½ cm di dasar aquarium karena ikan zebra pink sangat menyukainya.
  5. Selalu tambahkan air ke dalam aqurium, air yang ditambahkan adalah air keran yang telah didiamkan selama 24 jam, tambahkan air sampai memenuhi bagian atas aquarium untuk menjaga ketersediaan oksigen.
  6. Jaga pH pada kisaran 6-8 namun sebaiknya 7. Anda dapat menggunakan larutan asam dan basa yang dapat dibeli di dokter hewan.

Memasukkan Ikan Zebra Pink ke dalam Aquarium

(sumber : gambardidunia.blogspot.com)

 

Tahapan berikutnya adalah memasukkan benih ikan zebra pink ke dalam aquarium. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam tahap ini :

  1. Pilih ikan yang sehat, aktif dan tidak terserang penyakit.
  2. Minimal jumlah ikan yang dimasukkan ke dalam aquarium adalah 6 denagn jenis kelamin yang berbeda-beda. Untuk membedakan jenis kelaminnya, Anda dapat memperhatikan garis-garis kuning pada ikan, ikan zebra jantan memiliki garis-garis kuning pada tubuhnya sedangkan ikan zebra betina tidak, dan ukurannya relatif lebih besar.
  3. Ikan zebra tidak tahan berada di dalam kantong plsatik lebih dari 8 jam sehingga lakukan pemindahan ikan ke dalam aquarium dengan segera. Dan kantong plastik harus dibuang karena mengandung ammonium.
  4. Ikan zebra termasuk ke dalam jenis ikan yang cepat berkembang biak tanpa harus dijodohkan. Perkawinan cenderung terjadi secara alami, namun ikan zebra cenderung memakan anaknya sendiri sehingga harus dipisahkan setelah telurnya menetas.

 

Baca Juga: Yuk, Pelajari Cara Merawat Ikan Cupang yang Baik dan Benar

Tips Perawatan Ikan Zebra Pink

  1. Secara umum pakan yang digunakan adalah pellet, namun Anda dapat memberikan variasi terhadap pakannya berupa cacing, udang air asin dan daphnia.
  2. Jaga kestabilan suhu aquarium. Suhu yang ideal untuk perkembangan ikan zebra pink berkisar antara 18-24℃. Sebenarnya tanpa menggunakan pemanas, kita dapat memperoleh suhu ini, namun adanya pemanas akan sangat membantu terlebih saat perkembang biakan ikan membutuhkan suhu 26℃.
  3. Bersihkan aquarium setiap hari dan bersihkan sampah-sampah yang menumpuk di bagian bawah aquarium dengan menggunakan siphon. Buang dan ganti air aquarium sebanyak 10-15%. Namun jangan mengelurkan ikan saat mengganti air karena dapat menyebabkan ikan stress. Gunakan ember khususnya untuk penggantian air, jangan menggunakan ember yang dipakai dalam pekerjaan rumah tangga karena bisa saja ember tersebut mengandung zat-zat kimia yang berbahaya.

 

Nah itulah artikel mengnai tips budidaya ikan zebra pink. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga: Budidaya Lebah Madu

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.