Budidaya Lebah Madu

Seperti yang kita tahu beberapa tahun akhir ini, peternak lebah semakin banyak yang menggeluti melakukan budidaya lebah madu. Harga madu yang juga tidak tergolong murah membuat orang tertarik untuk melakukan budidaya lebah.

Bagi yang ingin memulai beternak lebah madu atau budidaya lebah madu ada baiknya memahami pertama kali bagaimana cara budidaya lebah madu yang baik dan benar.

Sumber: https://i0.wp.com/starfarm.co.id/wp-content/uploads/2019/09/cara-ternak-lebah-madu-Star-Farm-1.jpg?fit=626%2C352&ssl=1

Pengetahuan dasar menjadi salah satu yang paling penting untuk dimiliki para peternak lebah madu. Hal pertama yang juga penting adalah peternak harus memahami bagimana cir-ciri lebah madu dengan kualitas tinggi.

 

Baca Juga: Cara Memberi Pakan Pada Ternak

Ciri ciri lebah madu yang berkualitas:

  1. Memiliki ratu lebah yang bagus secara fisik.
  2. Telur yang dihasilkan lebih banyak dari lebah lainnya.
  3. Produksi madu dari lebah jauh lebih banyak dengan rasa yang lebih nikmat.
  4. Menghasilkan larva yang segar.
  5. Lebah madu yang berkualitas biasanya tidak pasif tetapi agresif.
Jenis Koloni pada lebah madu
  1. Ratu lebah

Lebah yang menjadi individu reproduksi pada kumpulan lebah. Ratu lebah akan tinggal di sarang. Biasanya lebah ini hanya fokus untuk menghasilkan telur.

  1. Drones

Sebagai ratu lebah yang harus dibuahi, drones berperan sebagai lebah jantan yang juga akan menjaga ratu lebah di sarang kemudian menyebarkan genetika dengan ratu lebah. Namun drones akan segera mati jika telah selesai melakukan perkawinan dengan ratu lebah.

  1. Lebah pekerja

Berbeda dengan ratu lebah, lebah bekerja adaalh lebah yang bekerja untuk mencari makan kemudian menyimpan madu yang dihasilkam juga bertugas untuk mempertahankan sarang lebah.

 

Cara membuat sarang bagi Lebah

Jika anda ingin membangun sarang untuk lebah yang anda pelihara maka sebaiknya anda membuat sarang di musim yang bukan hujan. Sangat baik lagi jika sedang di musin bunga bermekaran. Hal ini sudah diuji oleh beberapa peternak dan memang nyata adanya bahwa membangun sarang di musim itu menghasilkan sarang dengan kualitas yang baik dan tidak mudah hancur. Kemudian anda juga harus sering memeriksa sarang lebah. Lakukan saat siang hari karena lebah pekerja siang hari tidak berada dalam sarang.selain memeriksa sarang anda juga harus memperhatikan dan memantau proses produksi lebah yang dihasilkan, apakah mengalami kemajuan atau tidak.

Meskipun madu tidak termasuk lebah yang se agresif  madu yang lain, namun ketika disengat lebah ini tetap saja rasanya sakit. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya saat anda sedang dalam tempat peternakan anda menggunakan perlengkapan pelindung.

Perlengkapan yang perlu anda gunakan adalah

  • Topi dan kerudung yang mampu melindungi wajah dari sengatan lebah.
  • Jaket dengan bobot yang ringan
  • Gunakan pakian yang panjnag dan sarung tangan.
Baca Juga: Mengenal Inseminasi Buatan Pada Ternak

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Refrensi:

https://metrobanten.co.id/cara-ternak-lebah-untuk-menghasilkan-madu-untuk-kesehatan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.