Yuk Pelajari Cara Merawat Ikan Cupang yang Baik dan Benar

Selama pandemi pasti bosan banget yah dirumah? Untuk mengurangi rasa bosan banyak orang yang mencari kesibukan baru yang dapat dilakukan dirumah, seperti olahraga dirumah, berkebun di halaman belakang, mengoleksi tanaman-tanaman hias dan masih banyak lagi. Nah tidak kalah serunya dari aktivitas itu, banyak juga yang tertarik untuk memelihara ikan hias cupang dirumah. Tidak sedikit yang memelihara ikan ini sampai 5 atau 6 ikan. Jika anda juga tertarik, ada baiknya anda tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar. Nah, pada artikel ini akan dibahas cara merawat ikan cupang yang baik dan benar. Merawat  ikan cupang merupakan kegemaran baru bagi banyak orang beberapa akhir ini.

Ikan cupang adalah jenis ikan hias yang berukuran kecil dengan sirip dan ekor yang menjumbai panjang. Ikan ini semakin menarik dikarenakan warnanya yang tidak kusam dan varian warna yang menarik. Ikan ini juga disebut sebut anggun dikarenakan gerakannya yang tenang. Biasanya ikan ini akan mengembangkan ekornya secara sempurna jika sedang melihat musuh atau sedang bercumbu.

Jenis Ikan Cupang

Ikan cupang plakat

Ikan ini merupakan ikan cupang yang biasa diadu dan merupakan salah satu jenis ikan cupang yang paling dicari. Ikan ini memiliki ekor yang oendek dan warna tidak terlalu mencolok. Ikan ini sangat agresif jika melihat musuh. Ikan ini juga bervariatif harganya mulai dari harga Rp.50.000 s/d Rp.2.000.000.

Ikan Cupang Giant

Ikan ini merupakan hasil dari persilangan jenis ikan cupang yang berbeda. Badannya lebih besar dan panjangnya bisa mencapai 10-15 cm. Ikan ini banyak ditemui di sungai. Tetapi, meskipun begitu, ikan ini juga termasuk ikan yang cukup mahal, yaitu ikan yang masih merupakan anakan dijual sekitar Rp.50.000 sementara ikan giant petarung berkisar dari harga Rp.500.000 s/d Rp.1.000.000.

Ikan Cupang Double Tail

Jenis ikan ini merupakan ikan cupang yang juga tidak kalah mahal. Ikan ini bisa dijual dari harga Rp.100.000 s/d Rp.2.000.000. Ciri khas ikan ini adalah memiliki ekor yang terbelas dua sehingga diberi nama double tail. Ikan ini juga tidak kalah cantiknya dari ikan lain.

Ikan Cupang Fancy

Ikan ini biasanya dihargai setara dengan ikan double tail. Ikan ini meiliki warna yang cantik dan berkombinasi sehingga dia tampak seperti lukisan yang sangat cantik. Untuk pecinta ikan cupang, pasti memiliki jenis ikan ini. Keunikan warna ikan ini yang beragam membuat orang yang melihatnya tertarik untuk memiliki.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Black Ghost Untuk Pemula

Cara Memelihara Ikan Cupang

Jika sudah tertarik untuk memelihara ikan cupang, anda perlu memahami cara memeliharanya agar ikan dapat hidup lebih lama dan tetap cantik. Ada beberapa cara yang perlu anda lakukan yaitu:

  1. Berikan ikan cupang makanan yang bergisi. Ikan cupang dapat bertumbuh lebih baik jika diberikan pakan hidup seperti jentik nyamuk, cacing sutra dan kutu air dibandingkan pelet ikan.
  2. Taburi air dengan garam untuk ikan hias. Garam disini beda dengan garam dapur. Ini dapat menstabilkan metabolisme ikan cupang. Cukup tambahkan 10 gram garam pada I liter air.
  3. Tambahkan tanaman kedalam air untuk tempat berlindung ikan atau meningkatkan keindahannya. Juga dapat menambahkan daun ketapang kering. Daun ini dapat menyembuhkan luka pada ekor ikan.
  4. Ganti air ikan sekali sehari. Air bersih dapat membuat ikan tetap sehat dan siripnya tetap cantik.
  5. Jika ingin mengubah wadahnya, lakukan perlahan dan hati-hati. Sebaiknya saat memindahkan, tuangkan bersamaan dengan air. Ekor cupang yang sangat halus dapat rusak jika dipindahkan menggunakan tangan.

Penanganan pada ikan cupang

Jika ikan cupang mengalami masalah pada ekor seperti robek contohnya. Padahal sudah sangat hati-hati dalam memeliharanya, tidak usah panik. Ekornya masih bisa tumbuh walaupun mungkin tidak sebagus sebelumnya. Tetapi anda perlu melakukan hal berikut ini:

  • 1. Memberikan metil biru jika ekor patah.
  • 2.Untuk mempercepat penyembuhan tambahkan metil biru pada air.
  • 3.Ikan cupang juga bisa sakit sehingga menyebabkan ekornya rusak.
  • 4.Untuk menangani ini, siapkan air setengah liter kemudian tambahkan 1 gram pomate dan 5 kapsul tetclor. Aduk air dengan campuran tersebut sampai rata, kemudian masukkan ikan cupang yang sakit.

Nahh, sudah cukup banyak kan informasi tentang ikan cupangnya. Semoga membantu untuk yang sedang memelihara ikan cupang atau yang sedang memelihara ikan cupang atau yang sudah berniat akan memelihara ikan cupang. Terimakasih

Baca Juga: Kenali Probiotik Ikan Lele yang Alami dan Cara membuatnya. 

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi: https://www.99.co/blog/indonesia/cara-merawat-ikan-cupang/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.