5 Alasan Mengapa Bisnis Coffee Shop Sangat Menjanjikan

Siapa yang tidak mengenal kopi? Minuman yang satu ini memang memiliki cita rasa khas yang istimewa, sehingga menjadi salah satu minuman yang paling digemari oleh masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari menjamurnya tren bisnis coffee shop di Indonesia.

Minuman kopi diperoleh dari biji kopi. Biji kopi ini melewati serangkaian proses mulai dari pemetikan, penjemuran, penyangraian, hingga penggilingan sebelum diolah menjadi minuman kopi.

Dulu, biasanya minum kopi diidentikkan dengan kebiasaan orang tua. Namun saat ini, mengonsumsi kopi sudah menjadi gaya hidup yang digemari oleh anak muda. Munculnya tren bisnis coffee shop yang semakin marak membuat kopi berubah menjadi bagian dari gaya hidup modern sehingga industri kopi di Indonesia memiliki potensi untuk terus berkembang dan masih sangat terbuka lebar bagi Anda yanng ingin menekuninya.

Mengutip dari bisnis.com, serapan pasar domestik biji kopi lebih besar daripada pasar ekspor. Selama tahun 2018, produksi kopi berjumlah sebanyak 600.000 ton, sebesar 360.000 diserap oleh pasar dalam negeri. Produk olahan ini paling banyak dikonsumsi, selain itu juga digunakan untuk konsentrat, essence, dan ekstrak. Ekspor kopi Indonesia dikirim ke negara yanng mengonsumsi kopi dalam jumlah besar, seperti Amerika Serikat, Malaysia, Jepang, Inggris, dan Italia.

Perkembangan coffee shop di Indonesia saat ini sudah merambah tidak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dsb. Kota-kota kecil juga sudah memiliki banyak coffee shop dengan standar pasar yang berbeda.

Baca Juga: Kawa Daun, Cara Lain Menikmati Kopi

Barista di Bisnis Coffee Shop
Foto: entrepreneur.com

Alasan Mengapa Bisnis Coffee Shop Sangat Menjanjikan

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa tren bisnis coffee shop sangat menjanjikan :

1. Minum kopi sudah menjadi gaya hidup orang Indonesia.

Mulai dari kalangan pelajar atau mahasiswa, karyawan kantor, maupun pengusaha, minum kopi sudah menjadi tren orang Indonesia saat ini. Hal ini tentunya merupakan peluang besar untuk membuka bisnis coffee shop.

2. Tidak memerlukan menu yang complicated.Membuka Coffee Shop Tidak Memerlukan Menu yang Complicated

Bisnis coffee shops berbeda dengan bisnis kuliner lainnya. Yang penting Anda harus bisa menyajikan menu kopi sederhana menjadi lebih unik dan modern. Misalnya, varian menu kopi yang dicampur dengan susu, cappucino, green tea, taro, moka, krim, dan sebagainya. Selain itu, di samping berbisnis kopi, Anda juga bisa menjual makanan seperti roti bakar,  french fries, kue, sosis, dan makanan ringan lainnya.

 

3. Target pasar kopi yang luas

Karena peminat kopi berasal dari semua kalangan mulai dari anak muda hingga dewasa, hal ini tentunya merupakan peluang bagi pebisnis kopi untuk meraup keuntugan yang besar.

4. Tempat tidak harus mewah

Tempat untuk membuka coffee shop tidak harus mewah dan penuh ornamen, yang terpenting adalah Anda menyediakan tempat yang membuat pengunjung nyaman dan berlokasi di kawasan yang strategis. Anda juga dapat memberikan fasilitas tambahan seperti colokan listrik dan free WiFi. Fasilitas tersebut akan memudahkan pengunjung yang ingin menikmati kopi sekaligus bekerja.

5. Omzet harian mudah didapat

Bisnis coffee shop memungkinkan Anda untuk mendapatkan omzet harian, tidak seperti bisnis lainnya. Selain kebiasaan minum kopi di pagi hari, keuntungan ini biasanya akan meningkat di akhir pekan atau saat hari libur.


Itulah 5 alasan mengapa bisnis coffee shop saat ini sangatlah menjanjikan, terutama buat kamu anak muda yang bercita-cita menjadi seorang pengusaha.

Meskipun persaingan bisnis kopi cukup ketat karena semakin menjamurnya bisnis ini, Anda tidak perlu khawatir karena setiap coffee shop memiliki konsep, ciri khas, dan pasarnya sendiri. Oleh karena itu, Anda harus kreatif dalam memberikan ciri khas pada bisnis coffee shop Anda. Terlebih jika Anda mampu memberikan kesan yang unik dan istimewa pada bisnis coffee shop Anda.

Klik & Baca: Mau Jadi Barista? Berikut 6 Caranya

Sumber gambar utama: nashvilleguru.com

Penulis: Nevy Widya Pangestika
Mahasiswa Agroekoteknologi Universitas Udayana

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.