Penemuan Produk Bahan Alami Pengganti Hand Sanitizer

Mau tau informasi penemuan produk berbahan alami? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Produk Bahan Alami

 Penemuan Baru Pengganti Hand Sanitizer

produk alami
antaranews.com

Baca juga: Virus Corona Membuat Resah Ketersediaan Pangan

Dengan adanya wabah virus corona membuat banyak orang menjadi alternatif untuk mneghindari terinfeksi covid-19 ini, dengan berbagia cara dilakukan untuk menjaga kesehatan seperti minum air rebusan rempah-rempah.

untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga terjadi fenomena dimana semua orang berbondong-bondong membeli sembako untuk persediaan di rumah.

Melihat kejadian seperti ini Ronny selaku dosen UGM berinovasi untuk menciptakan penemu hand sanitizer berbahan alam yang diberi nama piperantis spray nanopolimer infusa daun sirih.

Dengan harapan produk ini bisa jadi komplemen, bukan mensubstitusi di antara produk sejenis sehingga masyarakat bisa mendapatkan banyak pilihan.

Perbedaan Bahan Alami Dengan Produk Lainnya

produk alami
mongabay.com

 

Baca juga: Kenaikan Permintaan Drone Pertanian Akibat Virus Corona

Yang membedakan hand sanitizer sirih dengan produk lain adalah sirih yang dikombinasikan dengan nano partikel dari chitosan dengan memberikan efek melindungi dan mengantarkan lebih bagus serta dapat membunuh bakteri lebih bagus juga.

Teknologi nano adalah ilmu dan rekayasa menciptakan material skala nanometer. Kalau dikonversi ke dalam meter, satu nanometer sama dengan sepermilyar meter.

Material berukuran nanometer berpotensi memiliki sifat kimia dan fisika lebih baik dari material berukuran besar. Penerapannya dalam bidang pertanian, seperti untuk pertanian presisi (precision farming).

Pupuk, obat pertanian diberikan tepat sesuai kebutuhan hingga menghasilkan efisiensi produksi tinggi.  Dengan begitu, kuantitas dan kualitas produk pertanian bisa maksimal.

Dalam bidang farmasi, teknologi nano bisa meningkatkan bioavailabilitas hingga mudah terserap tubuh. Takaran obat lebih efisien hingga dosis bisa ditekan untuk mengurangi efek samping.

Produk ini berbahan dasar herbal dan gunakan pelarut air hingga bebas alkohol serta alami, tidak smeua orang bisa memakai berbahan alkohol, selain itu alkohol dianggap meningkatkan resistensi bakteri.

Senyawa ini mempunyai efek mematikan mikroba. Kalau terkena kulit lalu kita diamkan dia akan memproteksi lapisan kulit, hal itu dikarenakan ukuran sangat kecil sekali hingga masuk dinding bakteri dan dapat memproteksi karena lebih awet atau tahan lama

Dari hasil laboratorium, Ronny yakin temuan ini cukup efektif membunuh bakteri dibandingkan infuser daun sirih tanpa dibikin nanopartikel.

Secara ilmiah sirih dikenal antibakteri yang mengandung flavanoid, antibakteri. Produk ini juga sudah diujicoba pada dua macam bakteri.

Bakteri gram positif dan bakteri gram negatif untuk menghilangkan virus pastinya akan lebih susah menggunakan ini tapi dengan adanya ini berharap bisa membantu masyarakat lebih peduli kebersihan.

Ditambah lagi hand sanitizer sangat sulit untuk ditemukan sekarang ini dan penemuan ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat untuk melindungi diri.


Itulah informasi mengenai penemuan produk alami berbahan daun sirih. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Lawan Virus Corona Dengan Konsumsi Jahe dan Kunyit

Sumber: Mongabay.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

One thought on “Penemuan Produk Bahan Alami Pengganti Hand Sanitizer

  1. Min.. Mohon informasi Utk pembelian piperantis bisa menghubungi siapa yaa..? 🙏
    Atau bisa hub saya di 081396819586

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.