Budidaya Lengkuas di dalam Pot, Terapkan 5 Langkah ini

Apakah lengkuas merupakan kebutuhan Anda sehari-hari? Apakah Anda ingin mencoba budidaya lengkuas? Saat ini, menanam lengkuas tidak memerlukan lahan yang luas, tetapi juga bisa ditanam di dalam pot.

Alpinia galanga atau yang lebih dikenal dengan nama lengkuas merupakan tanaman yang termasuk umbi-umbian. Ibu-ibu pasti kenal dengan tanaman ini karena lengkuas dibutuhkan untuk bumbu masakan.

Lengkuas termasuk rempah penting sebagai bumbu masakan yang tidak bisa tergantikan. Namun, ketersediaan-nya kadang langka di pasaran karena kurangnya petani yang khusus membudidayakan lengkuas.

Nah, meskipun begitu, ibu-ibu tidak usah khawatir, Budidaya lengkuas tidak rumit kok. Ibu-ibu bisa memanfaatkan lahan pekarangan atau jika lahan pekarangan-nya sempit, budidaya lengkuas juga bisa dilakukan dalam pot.

Berikut ini adalah 5 langkah mudah menanam lengkuas di dalam pot.

Persiapan Bibit Lengkuas

Dalam budidaya lengkuas, faktor utama yang perlu diperhatikan adalah bibit. Bibit lengkuas dapat diperoleh dari tanaman induk yang sudah berumur 9-10 bulan.

Pastikan juga tanaman induk tidak terserang hama dan penyakit dan perhatikan juga bentuk benih. Benih tidak cacat seperti tergores atau retak.

Langkah selanjutnya, setelah bibit diperoleh, adalah menyiapkan media semai pembibitan. Media semai pembibitan yang digunakan dapat berupa media arang sekam dan karung goni lembab yang ditempatkan pada nampan kayu atau plastik.

Jaga kondisinya tetap lembab dan tempatkan bibit lengkuas pada bagian paling bawah. Diamkan selama 2-4 minggu.

Baca Juga: 4 Tahap Budidaya Cabe Keriting yang Berbuah Lebat

Tanaman Lengkuas
Foto: Wikipedia

Persiapan Pot sebagai Wadah Tanam

Membudidayakan lengkuas di dalam pot perlu memperhatikan ukuran pot sebagai wadah tanam. Untuk mendapatkan umbi yang maksimal, gunakan pot dengan diameter 25-45 cm.

Nah, untuk mengurangi biaya, ibu-ibu bisa menggunakan ember bocor, bekas kaleng cat, atau kemasan minyak goreng sebagai wadah tanam. Selain ekonomis, penggunaan barang bekas bisa mengurangi tumpukan sampah plastik yang merusak lingkungan.

Selanjutnya, isi wadah dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian, masukkan media tanam tersebut ke dalam pot hingga terisi ¾ bagian.

Sebelum ditanami lengkuas, diamkan media tanam terlebih dahulu selama 1 minggu dan tempatkan pada area yang terpapar sinar matahari untuk menetralkan kondisi media tanam sehingga tanaman lengkuas dapat tumbuh secara optimal.

Penanaman

Bibit lengkuas dapat dipindahkan ke dalam pot setelah ditumbuhi tunas baru atau terlihat adanya mata tunas pada bibit.

Bibit lengkuas ditanam di dalam pot yang sudah dipersiapkan dengan terlebih dahulu melubangi media tanam pot dengan kedalaman 10-15 cm.

Tempatkan mata tunas pada bagian atas, kemudian tutup lubang dengan tanah dan siram dengan air secukupnya hingga tanah menjadi lembab. Jangan sampai tergenang untuk menghindari pembusukan bibit.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Budidaya Durian Musang King

Lengkuas di dalam Pot
Foto: pertanian99.com

Pemeliharaan

Pemeliharaan lengkuas cukup mudah. Tempatkan pot di posisi yang terpapar matahari dan lakukan penyiraman secara rutin.

Untuk hasil yang optimal, lakukan penambahan pupuk kandang setelah tanaman berumur 1 bulan. Jangan lupa melakukan penyiangan rumput supaya pertumbuhan lengkuas tidak terhambat.

Pemanenan

Lengkuas bisa dipanen setelah berumur 10-11 bulan setelah tanam. Cara pemanenan juga sangat mudah.

Cukup menggali sekeliling tanaman dan melingkarkan bagian tanaman dengan perlahan-lahan hingga rumpun bisa terangkat tanpa ada bagian umbi yang tertinggal.

Potong bagian batang umbi dan cuci bersih umbi dengan air mengalir. Keringkan umbi dan lengkuas siap untuk dipasarkan atau digunakan sebagai bumbu masakan.


Cukup mudah bukan? Ibu-ibu pasti bisa membudidayakan lengkuas.

Nah, yang juga perlu diperhatikan adalah jenis lengkuas. Lengkuas mempunyai dua jenis yaitu lengkuas putih dan merah. Lengkuas putih digunakan untuk bumbu masakan dan lengkuas merah digunakan sebagai bahan obat.

Nah, Sobat PTD, apakah kamu tertarik untuk mencoba budidaya lengkuas?

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Tips Mudah Budidaya Kunyit Sampai Panen

Penulis: Sulassky
Farmer – Traveller – Blogger

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Referensi:

  • https://ilmubudidaya.com/cara-menanam-lengkuas
  • http://www.kerjanya.net/faq/18012-lengkuas.html
  • https://bibitbunga.com/cara-cepat-menanam-lengkuas-di-pot/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.