Jenis Minuman Kopi

Apa jenis minuman kopi yang sering Anda pesan ketika berada di kafe? Meskipun berbahan dasar sama, perbedaan cara penyajiannya tentu akan membuat rasanya berbeda pula. Aneka ragam sajian tersebut mungkin menggiurkan dan membuat Anda ingin mencicipinya satu-satu.

Olahan dan campuran kopi sekarang ini sudah banyak jenisnya. Terutama retail kafe ternama pasti memiliki variasi tersendiri untuk memuaskan pelanggan pecinta kopi. Sehingga setiap bulannya bisa dipastikanbetapa banyaknya varian minuman kekinian yang di hadirkan berupa kopi atau non-kopi.

Meski begitu, olahan kopi basic berbahan espresso tetap tak lekang oleh waktu. Setiap mampir ke kedai kopi, mayoritas dari 12 olahan kopi di bawah ini tertera dalam buku menu.

Tapi kira-kira kamu tau gak sih perbedaannya? Nah disini akan di jelaskan perbedaan- perbedaan dari minuman kopi tersebut agar kamu tidak salah apalagi saat hendak memesannya. Yuk mari kita lihat.

Kopi Espresso

Espresso adalah kopi yang di ekstrak menggunakan mesin penyeduh bertekanan tinggi. Minuman kopi ini biasanya disajikan dalam demitasse alias cangkir khusus espresso berukuran 30 mililiter (satu shot) sampai 118 mililiter.

Hasil seduhannya berupa cairan hitam kental dan terdapat crema (busa coklat) yang memenuhi permukaan secangkir espresso sekaligus menjadi penanda bahwa kopi yang diseduh itu masih segar.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Bisnis Coffee Shop Sangat Menjanjikan

Nama espresso berasal dari bahasa Italia yang berarti Express atau cepat. Oleh karena itu, orang-orang Italia biasanya menikmatinya dalam waktu singkat.

Jenis Minuman Kopi
Ilustrasi : Jenis minuman kopi ternyata ada banyak loh. Mana yang menjadi favorit Anda?
Americano

Jika minuman kopi espresso masih terlalu pahit dan tebal, Anda dapat mengurangi kekentalan kepahitannya dengan menambahkan air putih panas. Dengan penambahan air panas ini maka kopi ini dinamakan Americano.

Americano sendiri terdiri dari satu shot espresso yang di tuangkan dalam cangkir yang berukuran 198 mililiter yang di campur dengan air panas sehingga memenuhi gelas.

Latte

Minuman kopi latte adalah espresso yang kemudian di tambah dengan susu yang di panaskan dengan uap dan biasanya menggunakan perbandingan 2:1. Susu yang di panaskan dengan uap akan semakin kental dan membentuk buih, foam, atau froth.

Selain rasanya yang nikmat, minuman kopi ini biasanya disajikan dalam cangkir dengan motif India di atasnya atau di sebut dengan latte art.

Baca Juga : Langkah-Langkah Membudidayakan Kopi Robusta

Cappucino

Cappuccino adalah olahan espresso yang paling banyak digemari, terutama bagi penikmat kopi dengan rasa lebih mild atau ringan.  Cappucino sebenranya hampir sama dengan latte, namun bedanya komposisi cappuccino susunya lebih sedikit dan buih susunya lebih tebal.

Dalam pembuatannya sendiri, kopi jenis ini  memakai perbandingan 1/3 espresso, 1/3 steamed milk, 1/3 susu foam. Biasanya disajikan dalm cangkir berkapasitas 88 militer hingga 177 mililiter.

Ristretto

Ristretto adalah minuman yang isinya hanya setengah dari espresso. Dalam bahasa Italia, ristretto “terbatas” atau “terlarang”. Sama dengan espresso, hanya saja takaran air dalam minuman ini lebih sedikit. Takaran sajiannya dalam satu cangkir kira-kira hanya 15-20 ml.

Mochaccino

Mochaccino merupakan perpaduan espresso, susu steamed, dan cokelat.  Dibandingkan dengan kopi lain. Keunikan dari kopi ini adalah cita rasanya yang berbeda yang didominasi oleh lembutnya cokelat dan susu.

Minuman ini sering disebut dengan moka, mocha, dan cafe mocha. Nama ini diambil dari suatu kota bersejarah di Yaman, sekaligus pelabuhan tempat kopi pertama kali jadi komoditas dunia, yaitu Mocha.

Flat White

Flat white biasanya terdiri dari 60 mililiter textured milk alias microfoam atau gelembung yang terbentuk saat susu dipanaskan. Kemudian dua shot espresso dituang air atasnya dan di campur menjadi satu.

Lungo

Berbeda dengan ristretto yang hanya menambahkan sedikit air panas, lungo menambah kan dosis air pada suatu takaran espresso-nya. Hal ini membuat proses ekstraksinya pun lebih lama. Biasanya kopi lungo ini disajikan dengan secangkir berisi sekitar 130-170 ml.

Jenis minuman kopi

Affogato

Affogato adalah secangkir es krim vanila yang disiram dengan espresso hot. Perpaduan dari espresso yang pahit dengan es krim vanila yang manis dan lembut menghasilkan sensasi rasa yang menyegarkan dan lembut di saat bersamaan.

Macchiato

Macchiato dalam bahasa Italia berarti tanda atau bercak. Bercak yang dimaksud disini adalah buih susu yang ada di atas espresso  atau sebaliknya espresso yang menimpa susu. Ada dua jenis macchiato yaitu latte macchiato dan cafe macchiato.

Baca Juga : 4 Masalah pada Tahap TBM Kopi dan Cara Mengatasinya

Perbedaanya adalah, latte macchiato lebih banyak susu ketimbang espresso nya sedangkan cafe macchiato susunya lebih sedikit dan disajikan di cangkir kecil.

Cortado

Banyak orang yang menyebut bahwa cortado sama dengan macchiato karena komposisinya mirip. Namun perbandingan espresso dan steamed milk cortado biasanya 1:1 dan ada juga yang membuatnya dengan perbandingan rasio 1:2.

Black Eye

Black eye berbeda dengan americano yang berupa espresso dengan tabahan air panas, black eye menggunakan kopi hitam sebagai espresso-nya. Kopi hitamnya bisa dibuat menggunakan perkolator maupun dengan metode manual brew. Minuman kopi ini memiliki nama yang berbeda di beberapa negara, diantaranya yaitu coffee with espresso , red eye, a shot in the dark, dan eye opener. Mungkin karna kuatnya jenis minuman kopi ini jadi  berkhasiat untuk menghilangkan rasa kantuk.


.

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.