Manfaat Daun Sambiloto dan Cara Mengolahnya Menjadi Obat

Mau tau informasi mengenai manfaat dan pengolahan daun sambiloto? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Daun Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman obat yang tumbuh liar di lahan terbuka seperti tanah kosong lembab, pekarangan, tepi sungai, dan kebun.

Di Indonesia sendiri, tumbuhan ini memiliki berbagai macam nama lokal, misalnya daerah Sunda menyebutnya Ki peurat, Ki oray, tak kilo.

Tumbuhan ini dipercaya memiliki beragam manfaat daun sambiloto dan bisa diolah menjadi obat. Tumbuhan sambiloto memiliki beragam kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Misalnya kandungan andrographolide yang baik untuk anti inflamasi antioksidan, anti diabetes, serta anti aterosklerosis. Meskipun rasanya pahit namun ada banyak khasiat yang terkandung dalam daun sambiloto.

daun sambiloto
palembang.tribunnews.com

Baca juga: Berikut Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambiloto beserta Pengolahannya

Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa daun sambiloto mempunyai kandungan yang baik sebagai obat.  Bahkan penelitian tersebut terus dikembangkan untuk membuat obat modern dari bahan baku daun sambiloto.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan manfaat daun sambiloto beserta cara pengolahannya,

Menurunkan Demam/Panas

Demam atau panas sering kali membuat tubuh merasa lemas, untuk mengatasinya Anda bisa minum air putih dengan cukup dan membuat ramuan sambiloto. pasalnya daun sambiloto berguna untuk mengobati atau menurunkan demam.

Cara pengolahan sambiloto yaitu dengan menyiapkan 1 daun sambiloto segar setelah itu ditumbuk.

Masukan kedalam air setengah gelas, lalu itu saring ampasnya dan bisa meminum ramuan daun sambiloto ditambah dengan madu sebanyak 3 kali sehari.

Bisa juga memanfaatkan daun sambiloto sebagai obat luar. Yakni dengan cara menggiling daun sambiloto, setelah itu kompres di dahi.

Sebagai Obat Tifus

Tifus merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri bernama salmonella typhi. Dimana, bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh melalui makanan maupun minuman yang sudah terkontaminasi.

Gejala tifus akan dirasakan ketika 1-3 minggu terinfeksi. Adapun gejala yang dirasakan biasanya sakit kepala, diare, demam tinggi, serta sakit perut. Untuk mengobatinya, kamu bisa memanfaatkan daun sambiloto.

Cara pengolahannya yaitu dengan merebus 10-15 daun sambiloto menggunakan air sekitar 1 gelas. Setelah itu minum ramuan daun sambiloto tersebut ketika sudah hangat.

Meringankan serta Meredakan Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman, tubuh panas, sulit menelan, dan lainnya.

Penyebab penyakit radang tenggorokan ini dibagi menjadi dua golongan, yaitu karena infeksi dari bakteri dan virus. Serta non infeksi yang disebabkan oleh iritan dan alergi.

Daun sambiloto dapat meringankan serta meredakan radang tenggorokan yang dirasakan.

Cara mengolahnya yaitu dengan membuat daun sambiloto menjadi bentuk bubuk, lalu diseduh dengan air panas. Ketika sudah hangat, Anda bisa langsung meminumnya sebanyak 3-4 kali sehari.

daun sambiloto
manado.tribunnews.com

Baca juga: Kenali Macam Manfaat yang Dimiliki oleh Apel Fuji

Sebagai Obat Sakit Gigi

Sakit gigi sangat menyiksa tubuh karena memberikan dampak lain seperti tidak nyaman, kepala pusing, mood yang berantakan, dan sebagainya. Sebab itu perlu menyikat gigi serta berkonsultasi dengan dokter.

Untuk menyembuhkannya secara alami, bisa menggunakan daun sambiloto yang diolah dengan baik.

Cara pengolahannya yaitu merebus 9-15 gr daun sambiloto dengan air sebanyak 3 gelas. Saring ramuan tersebut, lalu  meminumnya sebanyak 2 kali sehari

Anti Malaria

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh plasmodium yaitu parasit yang berada di iklim tropis serta subtropis, seperti Indonesia. Ramuan daun sambiloto memiliki manfaat sebagai ramuan anti malaria.

Cara mengolah daun sambiloto yaitu dengan merebus daun sambiloto, setelah itu biarkan mendidih. Setelah itu saring ramuan tersebut dan Anda bisa langsung meminumnya sebanyak 3 kali sehari.


Itulah beberapa manfaat daun sambiloto beserta cara pengolahannya. Konsumsi olahan daun sambiloto secukupnya, karena jika berlebihan akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya, Bisa Dijadikan Bisnis yang Menguntungkan!

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://mitalom.com/efek-samping-khasiat-dan-cara-pemakaian-daun-sambiloto-untuk-pengobatan/
  • https://cintaihidup.com/15-manfaat-daun-sambiloto-si-pahit-dengan-banyak-khasiat/amp/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.