Kenali Macam Manfaat yang Dimiliki oleh Apel Fuji

Kamu sudah tahu manfaat apel fuji? Ternyata sangat baik untuk tubuh. Yuk, simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Apakah Anda menyukai apel? Di pasaran kita biasanya mengenal dua jenis apel yaitu apel fuji dan juga apel malang. Apel fuji sendiri mulai dibudidayakan di Jepang sejak tahun 1930-an.

Karena menghadirkan cita rasa yang lezat dan segar, maka tak heran jika apel jenis ini langsung popular disana dan juga menyebar hingga ke Amerika, Korea, Cina hingga ke Indonesia.

Apa Perbedaan Apel Fuji dan Apel Malang?

Apel fuji dan apel malang merupakan dua jenis apel yang banyak difavoritkan orang-orang. Walaupun begitu kedua jenis apel ini memiliki karakteristik yang sangat jauh berbeda. Perbedaan paling mencolok bisa dilihat dari warna kulitnya.

Apel malang memiliki warna hijau yang lebih dominan dengan beberapa semburat merah. Sedangkan apel fuji memiliki warna kulit merah muda.

Manfaat Mengonsumsi Apel Fuji

Mengonsumsi apel fuji secara rutin ternyata mampu memberikan berbagai efek baik bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi apel fuji secara rutin? Untuk lebih jelasnya, ini dia ulasannya:

Baca Juga: Ikuti 4 Tahap Ini untuk Budidaya Apel dari Biji

Memutihkan Gigi yang Kuning

Mengonsumsi apel fuji secara rutin ternyata mampu menghilangkan noda kekuningan pada gigi dan membuatnya menjadi semakin putih. Hal ini dikarenakan saat Anda mengonsumsi apel fuji, maka produksi air liur di dalam mulut akan dirangsang.

Lebih lanjutnya, produksi air liur yang cukup di dalam mulut akan mencegah kerusakan gigi dan juga menurunkan serangan bakteri yang membuat gigi menjadi kuning.

apel fuji
food.detik.com

Mengurangi Kadar Gula Tinggi

Mengonsumsi makanan manis dan tinggi karbohidrat secara berlebih tentu dapat memicu tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Untuk menguranginya, Anda bisa mengonsumsi apel fuji secara rutin.

Mengonsumsi apel fuji secara rutin juga bisa dilakukan sebagai tindah pencegahan dari penyakit diabetes di masa depan.

Menyehatkan Jantung

Senyawa fenolik yang terkandung di dalam kulit apel ternyata mampu mencegah kolestrol yang menimbulkan pemadatan pada bagian dinding arteri.

Jika plak yang diakibatkan oleh pemadata berkurang, maka sistem aliran darah menuju jantung tentu menjadi lebih lancar dan bisa mencegah munculnya penyakit jantung yang berbahaya.

Mencegah Penyakit Pikun (Alzheimer)

Alzheimer atau penyakit pikun biasanya diderita oleh para lansia. Untuk mencegah penyakit ini, maka Anda bisa mengonsumsi jus apel secara rutin mulai dari sekarang.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam apel fuji sendiri mampu meningkatkan kadar asetikolin neurotransmitter yang bisa mengurangi efek penuaan.

Mencegah Munculnya Penyakit Katarak

Mengonsumi apel fuji secara rutin juga mampu menjaga kesehatan mata dari berbagai penyakit khusunya penyakit katarak.

Hal ini dikarenakan apel fuji memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah dan menurunkan resiko serangan penyakit katarak.

Baca Juga: Tahapan Membuat Selai Mangga yang Lembut dan Manis

Detoks Organ Hati

Hati merupakan organ penting pada tubuh yang bertugas untuk menetralisir semua jenis racun yang masuk ke dalam tubuh. Agar kinerja hati menjadi lebih baik lagi, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi apel fuji secara rutin.

apel_fuji
cewekbanget.grid.id

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Agar tubuh tidak rentan sakit, maka Anda disarankan untuk mengonsumsi apel fuji secara rutin. Kandungan quercetin yang terdapat di dalam apel fuji mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

Mencegah Penyakit Wasir

Wasir merupakan jenis penyakit yang menyerang bagian anus dan berbentuk seperti benjolan. Walaupun tidak sampai membahayakan, namun penyakit wasir membuat para penderitaya sangat tidak nyaman.

Agar terhindar dari penyakit wasir, Anda bisa mulai mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti apel fuji.

Mencegah Penyakit Parkinson

Tingginya kandungan serat dan juga anti oksidan yang dimiliki oleh apel fuji sangat bagus untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit salah satunya penyakit Parkinson.

Menjaga Keseimbangan Berat Badan Tubuh

Memiliki berat badan ideal tentu tidak hanya memperindah penampilan fisik namun juga mampu menjaga kesehatan tubuh, dan mencegah serangan berbagai macam penyakit berbahaya yang disebabkan oleh obesitas.

Untuk menjaga agar berat badan tetap seimbang dan ideal, maka Anda dianjurkan untuk mengonsumsi apel fuji secara rutin.

Banyaknya manfaat yang dihadirkan oleh apel fuji memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, untuk mencegah datangnya serangan penyakit berbahaya, ada baiknya untuk rutin membiasakan konsumsi apel fuji setiap harinya.

Selain bisa dikonsumsi langsung, Anda juga bisa berkreasi mengolah apel fuji menjadi berbagai minuman dan makanan yang lezat seperti jus, pudding, hingga pai apel.


Nah, itu tadi beberapa manfaat apel fuji yang baik dokonsumsi oleh tubuh. Bagaimana sobat PTD, tertarik untuk mencobanya?

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Cara Membuat Keripik Buah Apel Sebagai Ide Usaha Baru

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://blog.regopantes.com/inspirasi/apel-fuji/

Sumber gambar utama: pixabay.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.